11 Tempat Wisata di Surabaya Yang Murah Dan Bagus Seperti di Jepang

Angelia Ciptariska July 18, 2024

Prima.or.id – Kota Surabaya yang menjadi Ibukota Provinsi Jawa Timur ini memiliki julukan kota Pahlawan. Hal ini dikarenakan Surabaya kental dengan sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia dan Surabaya juga menjadi salah satu kota yang memiliki banyak bangunan bersejarah peninggal masa kolonial Belanda.

Kota yang berlambangkan ikan hiu dan buaya ini juga menyimpan banyak hal menarik lainnya salah satunya adalah ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Kota Pahlawan ini, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, eko wisata, wahana permainan, wisata belanja hingga wisata kuliner khas Kota Surabaya. Kota ini cukup luas dan memiliki luas sekitar 326,8 km persegi dan bisa dikatakan kalau Surabaya menjadi salah satu kota metropolitan kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Bagi Anda yang hendak menghabiskan liburan untuk berwisata dan berkeliling di Surabaya, tentu ada beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Berikut ini ada 11 tempat wisata unik di Surabaya yang wajib untuk dikunjungi!

Daftar Tempat Wisata Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Anda ingin pergi berwisata ke Surabaya saat liburan nanti, tetapi masih bingung ingin berkunjung ke mana yang menyenangkan dan seru untuk keluarga? Tak perlu khawatir, berikut ini ada 11 tempat wisata di Surabaya yang bisa menjadi referensi Anda sebelum berwisata ke Kota Pahlawan, di antaranya sebagai berikut:

1. Hutan Bambu

Tempat wisata di Surabaya yang wajib Anda datangi bersama keluarga yang pertama adalah Hutan Bambu Surabaya. Tempat ini menjadi salah satu tempat mengasyikan untuk berwisata dikarenakan suasananya masih asri dan menariknya lagi Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Hutan Bambu ini terletak di Jalan Raya Marina Asri, daerah Keputih, Surabaya.

Hutan Bambu ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah bahkan Anda bisa berfoto cantik dan instagramable di beberapa spot menarik di tempat ini. Menariknya lagi, hutan bambu ini berada dalam kawasan seluas 40 hektar yang mana terdiri dari Ruang Publik, Taman Harmoni, dan Hutan Bambu. Tata letak yang indah dikarenakan pohon bambu ditanam sejajar dan beberapa lainnya dibentuk seperti lorong indah. Anda juga bisa menikmati sepoi-sepoi angin yang bertiup sambil melihat daun-daun bambu berjatuhan ini menjadi momen yang paling menenangkan.

2. Kebun Binatang Wonokromo

Kemudian, untuk berlibur di Surabaya Anda juga bisa mengunjungi Kebun Binatang Wonokromo Surabaya. Di mana tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga sambil belajar tentang dunia satwa.  Kebun binatang ini teralamat di Jalan Setail, daerah Darmo, Wonokromo. Bahkan tempat ini juga pernah dinobatkan sebagai kebun Binatang paling lengkap di Asia Tenggara karena memiliki koleksi lebih dari 211 spesies dan 2.236 binatang yang dilindungi lainnya.

Baca Juga :   18 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Terkenal Dan Viral

Kebun Binatang Wonokromo juga menjadi salah satu destinasi yang tak pernah sepi oleh pengunjung, untuk harga tiket masuknya pun tergolong murah yakni kurang lebih sekitar Rp. 15.000 per orangnya dan ini belum termasuk tiket aktivitas tambahan lainnya yang ada di dalam kebun binatang. Misalnya Anda yang ingin menyuapi komodo atau buaya dan berinteraksi hewan lainnya maka Anda harus membayar tiket masuk lagi sebesar Rp. 15.000 untuk menyuapi hewan tersebut.

3. Taman Kenjeran

Taman Kenjeran menjadi salah satu destinasi wisata lainnya di Surabaya yang selalu ramai wisatawan. Di mana lokasinya terletak di Sukolilo Baru, daerah Kecamatan Bulak ini memiliki beberapa spot-spot menarik yang sangat menarik perhatian pengunjung seperti Waterboom, Pantai dan beberapa bangunan – bangunan estetik lainnya.

Anda juga bisa menikmati indahnya senja di tepi Pantai Kenjeran atau Anda juga bisa bermain air dan berenang bersama keluarga di Waterboom Kenjerannya. Selain itu, bagi Anda yang mudah lapar Anda tak perlu khawatir di Taman Kenjeran ini juga menyediakan aneka kuliner khas Surabaya yang bisa langsung Anda santap. Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp. 5.000 dan ini belum tambahan biaya parkir dan masuk wahana lainnya. Adapun beberapa wahana menarik yang bisa Anda datangi di Taman Kenjeran ini seperti Taman Riau, Atlantis Land, Pagoda Tian Ti, Patung Naga, Jembatan Suramadu, Patung Buddha, Kincir Angin, dan pusat kuliner khas Kota Surabaya.

4. Taman Bungkul

Taman Bungkul berada di Jalan Raya Darmo Surabaya ini juga menjadi salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Di mana di tempat ini memiliki beberapa wahana seru yang bisa Anda coba seperti taman hijau lengkap dengan kolam air mancur, berWiFi, layanan telepon umum, pusat perbelanjaan, panggung hiburan, jogging track, BMX track, tempat bermain anak-anak hingga pusat kuliner Surabaya bisa ditemukan di Taman Bungkul ini.

5. Mangrove Tour Wonorejo

Selanjutnya, tempat wisata di Surabaya lainnya adalah Hutan Mangrove Tour Wonorejo yang berada di Wonorejo. Kawasan hutan mangrove ini memiliki luas sekitar 200 hektar dan menjadi salah satu tempat wisata asri yang menyejukan hati. Anda bisa melihat keindahan laut hingga menyewa perahu untuk menyusuri hutan mangrove dan sekitarnya.

Baca Juga :   11 Tempat Wisata di Bogor yang Lagi Hits Seperti Di Luar Negeri

Bukan hanya itu, Anda juga bisa memancing di Kolam Panjung, terdapat pula pendopo, kantin-kantin makanan, spot keren foto, hingga jogging track. Anda juga bisa mendengar indahnya kicauan burung hingga melihat kepiting-kepiting rawa yang menempel di pohon mangrove. Harga tiket masuknya sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000-an per orangnya.

6. Monumen Bambu Runcing

Bagi Anda yang menyukai wisata bersejarah, tentu Anda bisa datang langsung ke Monumen Bambu Runcing yang terletak di Jalan Panglima Sudirman, daerah Embong Kaliasin ini. Monumen ini menjadi salah satu bentuk penghargaan perjuangan para pahlawan pada masa kolonial silam. Di mana di masa lalu bambu runcing menjadi senjata para pribumi untuk melawan penjajah bahkan di Monumen Bambu Runcing ini terdapat lima buah bambu runcing dengan ketinggian berbeda. Indahnya, monument bambu runcing ini juga dikelilingi beberapa taman cantik dan air mancur. Monumen ini menjadi salah satu ikon arek-arek Surabaya dalam berjuang melawan para penjajah.  

7. Museum Sepuluh Nopember

Masih seputar tempat wisata bersejarah di Surabaya, kali ini Anda juga bisa mengunjungi Museum Sepuluh Nopember. Mengingat kejadian saat 10 November lalu terjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia sehingga tanggal 10 November ini ditetapkan sebagai hari pahlawan karena memiliki sejarah dalam perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Museum Sepuluh Nopember ini terletak di Jalan Pahlawan, tepatnya di pusat Kota Surabaya. Di dalam museum ikonik ini terdapat banyak sekali koleksi-koleksi benda bersejarah seperti dokumen, senjata-senjata yang dipakai dalam perlawanan, foto, lukisan, patung replika dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga akan menemukan diorama yang memberikan gambaran tentang kehidupan warga pribumi di masa penjajahan dahulu. Bagi Anda yang ingin datang berkunjung dan ingin melihat sejarah harga tiket masuknya pun cukup murah yakni cukup Rp. 2.000 saja untuk per orangnya.          

8. Apsari Park

Apsari Park menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang bisa menjadi referensi Anda selanjutnya. Di mana taman ini menjadi salah satu taman warisan zaman penjajahan sejak tahun 1795 silam. Dahulunya, Apsari Park ini menjadi tempat tinggal Gubernur Jawa Timur pada masa penjajahan Belanda silam, makanya tak heran jika beberapa bangunan yang ada di sekitar taman masih kental dengan peninggalan masa kolonial Belanda.

Hal menarik lainnya, Anda juga bisa melihat aneka bunga-bungaan yang tumbuh dan pepohonan yang tinggi nan rindang. Bahkan Anda juga bisa melihat adanya lapangan futsal dan patung Gubernur Suryo yang menjadi patung ikonik di tempat ini.

9. Masjid Nasional Al Akbar

Selanjutnya, bagi Anda yang senang berwisata religi di Surabaya Anda bisa mengunjungi Masjid Nasional Al Akbar yang mana terletak di Jalan Mesjid Agung Tim. Masjid ini dibangun sejak tahun 1995 dan menjadi salah satu tempat popular di Surabaya. Seperti namanya Al Akbar yang bermakna besar, bangunan arsitekturnya juga sangat megah lengkap dengan fasilitas masjid yang full sehingga membuat para pengunjung nyaman saat beribadah di Masjid Nasional Al Akbar ini.

Baca Juga :   12 Tempat Wisata di Bali Yang Lagi Hits Cocok Untuk Liburan

Bahkan karena arsitektur bangunannya yang megah dan indah, tak jarang banyak pengunjung yang mengabadikan momennya dengan berfoto cantik di sekitar area Masjid.

10. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam juga menjadi tempat wisata yang selalu didatangi para wisatawan. Di mana tempat ini berada di Jalan Pemuda, Gentang. Yang mana dari Monumen Kapal Selam ini Anda bisa melihat beragam jenis kendaraan militer perang yang digunakan para warga pribumi untuk melawan penjajah.

Di tempat ini, Anda juga bisa melihat KRI Pasopati 410 yang mana terlibat dalam Operasi Trikora. Bahkan bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menggali sejarah dan menyaksikan film pendek yang menceritakan tentang pertempuran Laut Aru. Wisata di Monumen Kapal Selam ini menjadi salah satu wisata edukasi yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Sementara, untuk harga tiket masuk pun sangat murah, cukup membayar sekitar Rp. 15.000 saja.

11. Ciputra Waterpark

Tempat wisata terbaik di Surabaya selanjutnya adalah Ciputra Waterpark. Tempat ini sangat cocok bagi Anda keluarga yang ingin bermain air dan seru – seruan di dalam air. Ciputra Waterpark sendiri bertempat di daerah Made, Sambikerep Surabaya.

Di tempat wisata ini Anda bisa menaiki banyak wahana menarik seperti kolam arus, seluncuran yang memacu adrenalin hingga beragam jenis kolam renang sesuai dengan ukuran mulai dari yang kolam untuk orang dewasa hingga kolam untuk anak-anak semuanya tersedia di sini. Tentu, Anda bisa membuat hal menyenangkan bersama keluarga dengan bermain air di Ciputra Waterpark. Untuk harga tiket masuknya pun cukup terjangkau yakni kurang lebih sebesar Rp. 75.000 saja Anda sudah bisa bermain air sepuasnya.

Surabaya memang menjadi salah satu kota yang memiliki banyak kisah sejarah bahkan menjadi salah satu saksi bisu perjuangan arek – arek Suroboyo dalam melawan penjajah dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Di sisi lain, Kota yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ini juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata edukasi, wisata air, wisata bersejarah dan lain sebagainya. Demikianlah ulasan seru tentang daftar rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang bisa menjadi referensi bagi Anda sekeluarga sebelum pergi berlibur ke Surabaya.