18 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Terkenal Dan Viral

Angelia Ciptariska May 26, 2024

Prima.or.id – Yogyakarta merupakan salah satu Kota yang dijuluki sebagai Kota Pendidikan. Hal ini dikarenakan banyak sekali Lembaga Pendidikan yang berada di kota ini. Bukan hanya itu saja, Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Gudeg yang mana ini merupakan makanan khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa manis dan lezat. Banyak orang yang juga menganggap kalau berkunjung ke D.I Yogyakarta tanpa mencicipi Gudeg pun tidak afdhol.

Tapi, siapa sangka dibalik kepopulerannya, Yogyakarta juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang indah dan popular. Bagi Anda yang hendak pergi ke Jogja tapi bingung ingin mengunjungi tempat wisata yang mana, berikut ini ada 18 rekomendasi destinasi wisata Jogja yang paling popular yang bisa Anda jelajahi bersama keluarga!

Daftar Destinasi Wisata Terkeren di Jogja

Bagi Anda yang hendak berlibur bersama keluarga di Jogja, tentu ada banyak tempat wisata yang bisa Anda pilih dan jelajahi. Tapi, di bawah ini ada 18 daftar tempat wisata paling popular di Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan Anda!

1. Jalan- Jalan Santai di Malioboro

Salah satu tempat paling favorite yang harus Anda kunjungi ketika berada di Jogja adalah Jalan – jalan santai di Malioboro. Anda juga bisa menyewa mobil Avanza untuk menyusuri di tempat ini. Anda akan menemukan banyak spot wisata kuliner di sini. Anda bisa menikmati makanan khas Jogja di tempat ini. Bahkan harganya pun terjangkau dan aman di dompet.

Malioboro, bukan hanya dikenal oleh turis dalam negeri saja tetapi juga berhasil menarik perhatian pelancong mancanegara yang penasaran dengan Jogja. Di Malioboro juga menyuguhkan beragam keindahan termasuk Anda juga menemukan pernak – pernik khas Jogja yang bisa Anda jadikan buah

2. Keraton Yogyakarta

Keraton Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika Anda berada di Jogja. Tempat ini memiliki kesan istimewa, karena Anda akan diajak masuk untuk melihat – lihat koleksi barang antik dan bersejarah bagi Kesultanan Yogyakarta. Tempat ini juga menjadi tempat tinggal Sultan Jogja. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Keraton, tentu Anda bisa langsung datang berkunjung ke Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Untuk biaya masuk pun murah sekitar Rp. 8.000 hingga Rp. 20.000-an saja per orangnya.  Jam operasionalnya mulai dari jam 11.00 – 17.00 WIB.

Baca Juga :   12 Tempat Wisata di Bali Yang Lagi Hits Cocok Untuk Liburan

3. Alun-alun Kidul

Rekomendasi tempat wisata di Jogja selanjutnya adalah Alun-alun kidul. Di mana Alun – alun ini menjadi salah satu ciri khas kota Jogja dan sangat ramai dikunjungi. Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, tentu alangkah lebih baiknya jika berkunjung di saat malam hari. Karena pemandangan malam di Alun – Alun Kidul Jogja ini akan menghipnotis Anda dengan segala keindahannya. Belum lagi, Anda dapat menikmati beraneka ragam kuliner khas Jogja di sepanjang jalanan. Anda juga bisa berkeliling naik sepeda berbentuk mobil untuk berkeliling di sekitar Alun – alun Jogja ini.

4. Tugu Jogja

Tugu Jogja atau bisa disebut dengan sebutan Tugu Pal Putih ini merupakan ikon terkenal Kota Yogyakarta karena memiliki sejarah, makna, dan filosofi yang kuat bagi Kota Jogja. Bagi Anda yang tengah melancong ke Jogja, Anda bisa memasukan Tugu Jogja sebagai list tempat yang wajib Anda kunjungi selagi berada di Kota Gudeg ini. Jika Anda penasaran Anda bisa langsung datang di daerah Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta Jawa Tengah. Rekomendasinya Anda bisa datang malam hari agar mendapatkan suasana epik di sini.

5. Taman Sari

Ada banyak wisata sejarah yang tersedia di Yogyakarta, salah satunya adalah Taman Sari. Di tempat ini Anda akan disuguhkan dengan keindahan dan keeksotisan bangunan, Anda juga bisa mengetahui sejarah sebenarnya tentang Kesultanan Mataram. Di Taman Sari ini masih dijadikan tempat ritual keluarga raja sampai saat ini.

Taman Sari juga memiliki bangunan berdesain unik, bergaya campuran ala Portugal dan Jawa. Untuk mengunjungi tempat yang berlokasi di Patehan, Kraton, Yogyakarta ini Anda tidak perlu khawatir soal harga tiket masuk. Harganya murah mulai dari Rp. 5.000-an bagi wisatawan lokal dan Rp. 15.000 untuk para wisatawan asing.

6. Museum Benteng Vredeburg

Tempat wisata yang kental dengan sejarah di Yogyakarta selanjutnya adalah Museum Benteng Vredeburg. Di mana benteng ini merupakan salah satu peninggalan Belanda dan juga Kesultanan Yogyakarta. Benteng Vredeburg sendiri dibangun pada 1765 oleh Belanda. Tempatnya pun strategis dekat dengan Pasar Beringharjo, Jalan Malioboro hingga Alun – Alun Utara Jogja. Untuk harga tiket masuknya pun murah, mulai dari Rp. 3.000-an saja.

7. Museum Gunung Merapi

Destinasi wisata Jogja selanjutnya adalah Museum Gunung Merapi. Di mana museum ini menyimpan beragam hal tentang gunung Merapi dan telah diresmikan sejak tahun 2009 silam. Di tempat ini Anda juga akan menemukan foto-foto erupsi Merapi, alat pemantau gunung berapi hingga beragam ilmu pengetahuan tentang Gunung Merapi.

Baca Juga :   11 Tempat Wisata di Bogor yang Lagi Hits Seperti Di Luar Negeri

Bahkan menariknya, Anda juga bisa menemukan karya seni yang menceritakan tentang asal muasal Gunung Merapi. Museum ini terletak di Jalan Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 10.000-an saja.

8. Museum Affandi

Selanjutnya, ada Museum Affandi. Di mana Museum ini menyimpan beragam jenis koleksi terbaik dari sosok Maestro pelukis Affandi. Di tempat ini Anda akan menemukan beragam jenis karya seni seniman lain. Bagi Anda yang senang dan menyukai karya seni, amat sangat disarankan bagi Anda untuk mengunjungi Museum Affandi yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Untuk harga tiket masuk per orangnya dikenakan biaya mulai dari Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 50.000 saja.

9. Pasar Beringharjo

Destinasi wisata terpo di Yogjakarta selanjutnya adalah Pasar Beringharjo. Di mana Pasar ini merupakan pasar tertua yang ada di Yogyakarta. Anda bisa menemukan beragam jenis kuliner, makanan khas sampai dengan barang antik yang bisa menambah koleksi Anda.

10. Candi Borobudur

Candi Borobudur, siapa yang tidak tahu candi yang menjadi salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Di mana wisata ini juga menarik banyak perhatian dari turis dalam negeri maupun luar negeri. Bangunannya indah bahkan memiliki sejarah di dalamnya.

Lokasi Candi Borobudur sendiri berafa di Magelang, tetapi tak jarang para wisatawan selepas berlibur dari Jogja mampir ke Candi Borobudur yang merupakan candi peninggalan umat Buddha terbesar. Di tempat ini, Anda juga bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise ditambah lagi dengan nuansa alam yang masih hijau dan asri. Untuk harga tiket masuknya pun bervariasi mulai dar Rp. 50.000-an per orang.

11. Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, ada pula Candi Prambanan di mana ini juga menjadi salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. Bedanya, Candi Prambanan merupakan candi peninggalan Hindu terbesar. Hal yang paling menarik dari Candi ini adalah kisah di balik pembuatannya yakni berasal dari Cerita rakyat Roro Jonggrang yang berubah menjadi patung karena perbuatannya.

Bagi Anda yang gemar berfoto cantik, tempat ini bisa menjadi pilihan referensi Anda. Di mana tempatnya beralamat di Jalan Raya Solo – Jogja No. 16, Kranggan, Prambanan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Untuk harga tiket masuknya pun bervariasi sekitar Rp. 75.000-an.

12. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis menjadi salah satu pantai yang paling dikenal di Jogja bahkan pantai ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bagi Anda yang sedang atau ingin pergi berlibur ke Jogja, tentu Parangtritis menjadi destinasi wisata wajib yang bisa Anda datangi. Bahkan hal yang menarik dari pantai selatan ini adalah menyimpan sejarah dan kisah mistis yang cukup familiar di telinga orang. Tak heran, jika Anda mengunjungi pantai ini Anda harus berhati-hati dan tetap mematuhi peraturan yang ada.

Baca Juga :   11 Tempat Wisata di Garut Yang Paling Terkenal Tebaru 2023

13.  Pantai Sadranan

Bukan hanya Pantai Parangtritis, Pantai Sadranan juga menjadi salah satu pantai yang indah dan memiliki daya tarik tersendiri di Jogja. Memiliki pemandangan yang indah dan cocok bagi Anda yang senang berfoto. Bukan hanya itu pasir pantainya yang putih, ombak yang indah dan desiran angin akan membuat penat Anda hilang.

14. Pantai Glagah

Selanjutnya, Pantai Glagah bisa menjadi referensi objek wisata Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi. Pantai ini juga memberikan panorama indah bahkan Anda juga bisa menikmati sunrise maupun sunset di sini.

15. Bukit Mojo

Objek wisata terpopuler di Joga selanjutnya adalah Bukit Mojo. Bagi Anda yang gemar berwisata alam, bukit Mojo ini bisa menjadi pilihan Anda. Anda akan disuguhkan dengan hamparan hutan hijau yang lebat, hembusan angin sejuk dan pemandangan langit yang biru. Tentu, ini sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda berkunjung ke Yogyakarta. Untuk lokasinya berada di daerah Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

16. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove menjadi salah satu destinasi menyegarkan yang ada di Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini merupakan kawasan konservasi yang digunakan untuk mencegah terjadinya abrasi laut. Bahkan tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Yogyakarta. Untuk harga tiket masuknya pun tergolong murah mulai dari Rp. 3.000-an per orang.

17. Queen of South Resort

Bagi Anda yang sedang berlibur dan ingin memiliki nuansa romantis, Anda bisa berkunjung ke Queen of South Resort di mana tempat ini berada pas di pinggir Pantai Parangtritis yang menyuguhkan nuansa romantis bagi para pasangan. Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan mulai dari sunset, sunrise dan lainnya. Anda juga akan dimanjakan dengan suguhan makanan yang enak.

18. Gembira Loka Zoo

Tempat Wisata Jogja kebun binatang Gembira Loka yang menjadi salah satu tempat yang tak pernah sepi pengunjung. Di mana wisata edukasi ini Anda bisa melihat beragam jenis satwa, mulai dari Gajah, Harimau, Unta, Badak, Kuda nil, Beruang, dan jenis satwa yang dilindungi lainnya. Lokasinya berada di Jalan Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, bahkan semuanya menyuguhkan keindahan yang luar biasa yang menarik perhatian para pengunjung. Apalagi, apapun yang dijual di sana pun terkenal murah. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan beberapa tempat seperti di atas!