11 Tempat Wisata di Garut Yang Paling Terkenal Tebaru 2023

Angelia Ciptariska May 28, 2024

Prima.or.id – Garut adalah salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Barat. Di mana jaraknya pun cukup jauh dari Kota Bandung. Kota yang terkenal dengan makanan khas dodolnya ini pun menjadi salah satu tempat yang paling banyak dipilih oleh wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya. Di Garut sendiri memiliki beberapa objek wisata keren dan menarik yang bisa dikunjungi mulai dari tempat rekreasi unik, wisata alam, wisata sejarah hingga wahana permainan pun bisa ditemui di Kota ini.

Kota Garut menjadi pilihan tempat untuk berlibur dikarenakan udaranya yang sejuk dan segar, suasananya pun masih asri karena Garut dikelilingi oleh banyak gunung sehingga sangat cocok untuk menjadi tujuan liburan untuk sekedar menyegarkan pikiran.

Bagi Anda yang hendak berlibur ke Garut, tapi masih bingung ingin mengunjungi wisata yang mana saja. Berikut ini ada beberapa rekomendasi objek wisata keren di Garut yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dijamin menyenangkan!

Rekomendasi Destinasi Wisata Menarik di Garut

Bukan hanya terkenal dengan dodol khas Garut-nya, Kota Garut juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata cantik yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan masa liburan. Bagi Anda yang hendak berwisata ke Garut, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata menarik di Garut yang pas untuk liburan bersama keluarga, di antaranya sebagai berikut:

1. Situ Bagendit

Tempat wisata di Garut pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Situ Bagendit. Letak Situ Bagendit ini cukup dekat dari pusat kota Garut hanay sekitar empat kilometer saja. Tempat ini merupakan destinasi wisata alam yang memiliki pemandangan indah yang menjadi tempat wisata favorite para pengunjung. Bahkan Situ Bagendit sendiri pun memiliki cerita rakyat yang sangat menempel kuat di ingatan penduduk Indonesia.

Menurut legenda rakyat, destinasi wisata Situ Bagendit ini berasal dari kisah sosok Nyai Endit yang terkenal akan kekikiran dan kesombongannya. Di tempat ini juga tersedia beragam fasilitas seperti perahu bebek, perahu dan berkeliling dengan rakit. Hal ini digunakan supaya pengunjung bisa berkeliling di skeitar Situ Bagendit dan menikmati keindahan serta suasana di sana. Untuk harga tiketnya pun tergolong murah yakni hanya Rp 20.000.

2. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo menjadi salah satu destinasi di Garut yang bisa Anda kunjungi. Bahkan letak candi Cangkuang ini pun berada di daratan di tengah – tengah danau, maka dari itu untuk mencapai ke Candi ini Anda harus menyebrangi danau menggunakan rakit atau perahu sembari menikmati pemandangan indah di sekitar Candi Cangkuang.

Baca Juga :   18 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Terkenal Dan Viral

Selain candi, di tempat wisata ini juga terdapat Kampung Pulo yang merupakan permukiman adat Garut yang mana Anda bisa melihat-lihat di sana. Untuk menuju ke sana Anda harus membayar tiket masuk sekitar Rp. 5.000 saja.

3. Kawasan Wisata Cipanas Garut

Kemudian Kawasan Wisata Cipanas Garut menjadi salah satu destinasi wisata Garut terpopuler yang bisa Anda kunjungi bahkan letak kawasan wisata ini tidak jauh dari pusat Kota Garut yakni berada di Jl. Raya Cipanas No.16, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat. Di sini Anda bisa berendam air hangat sembari menikmati pemandangan sekitarnya yang asri dan alami. Bisa dikatakan berkunjung ke Wisata Cipanas ini bisa menghilangkan lelah pikiran dan tubuh Anda.

Untuk suasananya pun alami dan udaranya segar nan sejuk karena terletak di kaki Gunung Guntur. Untuk masuk ke kawasan wisata ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 30.000 per orangnya.

4. Karacak Valley

Karacak Valley berada di Jl. Karacak Valley, Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata Anda di Garut. Di mana penampakan alamnya sangat memukau dan Anda juga bisa mendapatkan fasilitas camping ground untuk berkemah bersama keluarga di alam terbuka.

Karacak Valley juga menyuguhan pemandangan eksotis perkebunan kopi dan hutan pinus yang sangat pas untuk Anda yang gemar berfoto selfie untuk diunggah di sosial media Anda. Sementara untuk harga tiket masuknya kurang lebih sekitar Rp 10.000.

5. Kawah Talaga Bodas

Tempat wisata menarik di Garut selanjutnya adalah Kawah Talaga Bodas, yang mana kawah ini menjadi salah satu objek wisata terkenal di Garut yang tempatnya terletak di Jl. Talaga Bodas No. 5, Wanajaya, Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kab. Garut, Jawa Barat. Bahkan kolam pemandian air panasnya dipercaya bisa mengobati segala macam penyakit. Karena hal inilah para wisatawan berbondong – bondong untuk mandi dan berendam di Kawah Talaga Bodas ini.

Di kawasan wisata Talaga Bodas ini Anda bisa menemukan dua jenis tempat pemandian air panas yakni kolam air panas kecil terbuka dan Pancuran tujuh Telaga Bodas. Sementara, untuk harga tiket masuk lokasi ini sekitar Rp. 9.500.

6. Kawah Kamojang

Selanjutnya, kawasan wisata menarik di Garut lainnya yakni Kawah Kamojang. Di mana wisata alam ini akan membuat Anda takjub dengan keindahan panoramanya. Yang mana terletak di ketinggian sekitar 1.730 mpdl hal inilah yang membuat suhu udara di kawasan ini cukup dingin dan menyegarkan. Untuk datang kemari, pastikan Anda sudah mengenakan jaket tebal supaya tidak kedinginan di atas sini.

Baca Juga :   15 Tempat Wisata di Bandung Yang Lagi Hits Dan Instagramable

Kawah Kamojang ini dikelola sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang mana dibangun sejak tahun 1926 saat penjajahan Belanda di Indonesia. Bahkan katanya, uap yang dihasilkan Kawah Kamojang ini bisa membersihkan dan menjaga Kesehatan kulit, sementara jika Anda menghirup aromanya bisa memperlancar sirkulasi darah. Kemudian, untuk harga tiket masuknya dibandrol sekitar Rp. 19.000 saja.

7. Kebun Binatang Cikembulan

Kebun Binatang Cikembulan menjadi salah satu tempat wisata Garut yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga sambil belajar tentang dunia satwa. Kebun Binatang Cikembulan juga menyuguhkan suasana alam yang rindang dan sejuk sehingga sangat cocok untuk berwisata. Kawasan ini terletak di daerah Cikembulan, Kec. Kadungora, Kab. Garut, Jawa Barat. Anda juga akan menemukan banyak sekali jenis hewan yang dilindungi seperti Harimau Sumatera, Badak, Gajah, Singa dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, ada beragam jenis ikan-ikanan, unggas hingga reptil yang juga tersedia di sini. Untuk harga tiket masuknya pun tergolong terjangkau yakni kurang lebih sekitar Rp. 17.000 saja Anda sekeluarga sudah bisa melihat dan belajar mengenal hewan.

8. Sabda Alam Water Park

Sabda Alam Water Park kali ini hadir untuk liburan Anda dan keluarga Anda yang mana Anda bisa dengan puas bermain air di wisata Air Sabda Alam Water Park. Kawasan ini berlokasi di sekitar daerah Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat.

Kawasan wisata air Sabda Alam Waterpark ini memberikan sensasi liburan yang seru di mana telah dilengkapi beragam wahana menarik dan fasilitas yang lengkap. Menariknya lagi, air yang mengalir memenuhi kolam renangnya pun berasal dari sumber air panas yang ada di sekitar Kawasan Gunung Batur. Karena jarak Waterpark dengan Gunung Batur yang cukup dekat, maka selama Anda berenang dan bermain air Anda akan melihat pemandangan luar biasa cantiknya hanya melalui tempat ini.

Kawasan wisata air Garut ini juga menyediakan beberapa wahana menyenangkan ember atau nampan tumpah, waterboom, sliderboom, kuda laut, kolam arus, jamur payung, kolam terapi ikan, dan masih banyak wahana lainnya yang patut Anda coba. Untuk fasilitas di kawasan Sabda Alam Water Park ini juga terbilang lengkap di mana terdapat food court, baby spa, free wifi, musholla, ruang ganti, dan fasilitas pendukung lainnya yang akan membuat para pengunjung nyaman.

Sementara untuk biaya tiket masuk pun masih terjangkau yakni sekitar Rp. 50.000 saja Anda bisa menikmati keseruan bermain air di Sabda Alam Waterpark di Garut ini.

Baca Juga :   11 Tempat Wisata di Surabaya Yang Murah Dan Bagus Seperti di Jepang

9. Hutan Mati Papandayan

Hutan Mati Papandayan menjadi salah satu kawasan wisata yang bisa Anda coba untuk menghabiskan masa liburan Anda bersama keluarga Anda. Seperti namanya, Hutan Mati Papandayan ini memberikan pemandangan unik yang berbeda yang mana hutannya tidak lagi lebat melainkan sudah mengering. Hal ini dikarenakan letusan Gunung Papandayan di tahun 2002 silam. Walaupun demikian, hutan ini tidak terlihat suram malahan terlihat eksotis dan sangat indah untuk dijadikan background berfoto.

Bukan hanya itu saja di kawasan ini, Anda akan mencium aroma belerang yang kuat karena dekat dengan Gunung Papandayan. Maka dari itu, bagi Anda yang tidak betah dengan bau belerang Anda direkomendasikan untuk menggunakan masker jika berkunjung di kawasan Hutan Mati Papandayan ini.

10. Bukit Lolongokan

Tempat wisata eksotis lainnya di Garut selanjutnya adalah Bukit Lolongokan. Bukit ini menjadi perbatasan antara Kabupaten Bandung dengan Cianjur sehingga jika Anda menempuhnya dari pusat Kota Garut jaraknya akan cukup jauh. Bukit Lolongokan ini memberikan panorama yang indah yang masih asri dari atas bukit, bahkan bagi Anda yang gemar berfoto ria Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan hasil foto yang estetik dan artistik di Bukit ini.

Lokasi Bukit Lolongokan ini berada di daerah Sukamulya, Kec. Talegong, Kab. Garut, Jawa Barat. Di mana untuk harga tiket masuknya pun tergolong murah meriah, Anda cukup membayar Rp. 5.000 saja Anda sekeluarga sudah bisa berwisata alam di Bukit ini.

11. Wisata Kebun Jeruk Cigedug

Wisata Kebun Jeruk Cigedug menjadi salah satu destinasi wisata di Garut yang memberikan hiburan sekaligus mengedukasi anak – anak untuk mengenal beragam jenis jeruk, tata cara menaman bibit buah jerik yang baik dan benar, memberikan arahan mengenai bagaimana caranya memetik buah jeruk yang benar hingga langkah-langkah mengolah buah jeruk yang enak.

Menariknya lagi, jeruk Garut ini tidak mengenal musim. Jadi, kapan pun Anda datang bisa dipastikan kalau buah jeruknya akan tetap berbuah dan Anda bisa merasakan bagaimana caranya memetik dan menikmati buah jeruk langsung dari pohonnya.

Kawasan wisata Kebun Jeruk Cigedug ini terletak di Jl. Raya Cikajang KM. 24, Mekarsari, Kec. Cikajang, Kab. Garut, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuknya pun sangat murah yakni Rp. 6.000 saja Anda sudah bisa belajar beragam hal tentang buah jeruk.

Semua tempat wisata di Garut memang terkenal sangat indah dan harga tiket masuknya pun sangat murah. Demikianlah ulasan seru mengenai rekomendasi tempat wisata di Garut yang bisa menjadi referensi Anda dan keluarga saat masa liburan telah tiba.