Standar Ukuran Foto 1R, 3R, 4R, 5R, 8R, 10R, 12R, 20R, 30R

Angelia Ciptariska April 14, 2024

Prima.or.id – Di dalam dunia fotografi, ada berbagai aspek penting yang harus diperhatikan oleh para fotografer dalam upaya mereka untuk mendapatkan bidikan yang sempurna. Di antara elemen penting tersebut adalah ukuran foto, teknik untuk mengambil foto yang luar biasa, dan pengeditan untuk menciptakan kesan yang ideal pada sebuah gambar.

Tentu, ada banyak ukuran foto yang tersebar di seluruh dunia mulai dari ukuran kecil, sedang hingga yang paling besar. Anda bisa menyesuaikan ukuran foto sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan sebelum Anda mencetak foto, Anda harus mengetahui beberapa hal wajib dalam mengedit foto agar makin cantik dan juga estetik.

Di dalam artikel ini akan membahas seputar pentingnya ukuran foto, panduan mengambil gambar yang luar biasa, dan tips mengedit foto untuk mencapai kesempurnaan estetika. Bagi Anda yang belum tahu langkah – langkahnya, inilah tips dan penjelasannya yang bisa membuka cakrawala pengetahuan Anda!

Pentingnya Mengetahui Beragam Jenis Ukuran Foto

Someone holds a polaroid of a young couple standing in a kitchen whilst the man kisses the woman’s forehead.

Memahami ukuran foto sangat penting dalam menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Ukuran foto mengacu pada dimensinya seperti lebar dan tinggi gambar dalam piksel. Ini berdampak langsung pada resolusi gambar, memungkinkan kualitas yang lebih baik atau lebih buruk berdasarkan konteksnya.

Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas A0, A1, A2, A3, Hingga F4 dan Kegunaannya

Saat menyetel ukuran foto yang sesuai untuk kebutuhan Anda, Anda harus pandai dalam mempertimbangkan dua faktor, seperti tujuan penggunaan gambar dan batasan apa pun yang dapat memengaruhi keputusan Anda. Misalnya, mencetak foto memerlukan resolusi yang lebih tinggi dan dimensi yang lebih besar daripada gambar yang dimaksudkan hanya untuk penggunaan digital.

Berhati-hatilah dengan batasan ukuran file apa pun saat berbagi gambar secara online atau melalui email. Saat mengambil foto menggunakan smartphone atau kamera digital, Anda harus ingat bahwa biasanya sebuah foto dapat diedit menyesuaikan pengaturan seperti rasio aspek 4:3 atau 16:9. Bahkan Anda juga bisa mengatur resolusi yang diukur dalam megapiksel. Resolusi yang lebih tinggi akan memberikan banyak keuntungan jika Anda berencana memotong atau mengubah ukuran foto nanti tanpa kehilangan kualitas yang signifikan.

Jenis – Jenis Ukuran Foto

Hands holding blank photo frame

Sebelum Anda mencetak foto, tentu Anda harus tahu ukuran foto yang akan Anda cetak. Karena memilih ukuran foto pun menjadi hal penting. Kali ini ada beberapa jenis ukuran foto yang bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum mencetaknya di antaranya sebagai berikut:

1. Ukuran 30R

30R menjadi ukuran foto paling besar untuk mencetak foto, yang mana memiliki ukuran 100 x 40 inchi, dan tingginya berukuran 75 cm dengan perbandingan 30 Inchi. Foto ukuran 30R ini cocok untuk foto keluarga yang dipajang di ruang tamu sebagai hiasan.

2. Ukuran 20R

Kemudian 20R memiliki ukuran 50,8 x 60,96 cm atau sama dengan 20 x 24 inchi. Yang mana ukuran foto ini setara dengan dua kalinya kertas A4 yakni hampir seukuran kertas A3.

3. Ukuran 10R

Ukuran foto 10R ini adalah 25 x 30,48 cm sama dengan 10 x 20 inci. Bisa dibilang besarnya seperti satu lembar kertas A4. Ukuran ini paling sering dijumpai di pajangan rumahan.

Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

4. Ukuran 12R dan 8R

Untuk ukuran foto 12R adalah Berukuran 30,48 x 39,37 cm atau 12 x 15,5 inci. Kemudian, foto 8R ini lebih kecil yang mana hanya  berukuran 20,32 x 25,4 cm atau 8 x 10 inchi.

5. Ukuran 5R

Foto 5R memiliki ukuran 12,7 x 17,78 cm setara dengan 5 x 7 inchi. Yang mana untuk satu lembar kertas A4, Anda bisa mencetak dua foto sekaligus.

6. Ukuran 4R

Kemudian, foto 4R memiliki ukuran 10,16 x 15,24 cm sama dengan 3,5 x 5 inchi. Di mana ukuran ini menjadi ukuran kecil dari kertas A4.

7. Ukuran 3R dan 1R

Selanjutnya, foto 3R dan 1R ini menjadi ukuran foto paling kecil. Untuk foto 3R memiliki ukuran 75 x 100 cm atau sama dengan 30 x 40 inchi. Kemudian, untuk foto 1R 3 x 4 dan 2 x 3. Bahkan untuk harga mencetaknya pun tergolong terjangkau.

Tips Mengambil Foto yang Baik

Setelah Anda mengetahui beberapa ukuran foto yang tersedia. Kali ini, ada tips khusus untuk Anda yang ingin mencetak foto bagus dan estetik. Berikut ini tips berfoto ala fotografer handal, yakni:

1. Atur Pencahayaan

Langkah awal Anda harus mengatur pencahayaan. Karena pencahayaan yang baik sangat penting untuk foto yang luar biasa. Gunakan cahaya alami bila memungkinkan, hindari sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan bayangan yang tajam dan gambar yang terlalu terang. Jika menggunakan pencahayaan buatan, coba sebarkan melalui softbox atau payung.

2. Atur Komposisi Gambar

Perhatikan komposisi dengan mengatur subjek dalam bingkai kita dengan cermat. Teknik komposisi yang efektif mencakup Rule of Thirds (menempatkan tempat menarik di sepanjang garis imajiner yang membagi bingkai Anda menjadi tiga bagian) dan garis terdepan (memandu mata pemirsa melalui gambar). Di mana ini yang akan membuat foto Anda fokus pada objek.

3. Atur Fokus Kamera Dengan Benar

Untuk memastikan gambar yang tajam, Anda juga harus menggunakan fungsi fokus otomatis kamera atau smartphone Anda, pastikan itu mengunci ke tempat tujuan yang Anda inginkan. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan fokus manual untuk kontrol yang lebih besar. Ini bertujuan supaya gambar yang dihasilkan pun bagus dan sesuai sasaran.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 2R Dalam Mm, Cm, Inchi, & Pixel di Ms Word

4. Pahami Depth of Field

Menyesuaikan kedalaman bidang adalah teknik vital saat ingin membuat latar belakang yang tajam atau buram. Mainkan dengan pengaturan apertur (f-stop) pada kamera Anda – angka f-stop yang lebih rendah memberikan kedalaman bidang yang lebih dangkal, sedangkan angka f-stop yang lebih tinggi menciptakan kedalaman bidang yang lebih dalam.

5. Stabilkan Gambar Melalui Editing

Selanjutnya, untuk mendapatkan gambar yang estetik, Anda juga harus menghindari kekaburan gerakan akibat tangan atau gerakan yang gemetar dengan menggunakan tripod, monopod, atau bahkan bersandar pada permukaan yang kokoh sebagai penopang. Agar hasil jepretan pun ikut jernih dan HD.

Tips Khusus Untuk Mengedit Foto

Setelah Anda mengetahui jenis ukuran foto dan tips memotret yang estetik, kali ini ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan print foto. Anda harus mengedit foto tersebut agar menjadi lebih baik. Berikut ini tips khusus untuk mengedit foto dengan baik dan benar, yaitu:

1. Memotong Gambar

Pangkas foto Anda untuk menyempurnakan komposisinya, menghapus elemen yang mengganggu, atau mengubah rasio aspek untuk berbagai platform.

2. Menyesuaikan Pencahayaan

Gunakan perangkat lunak pengeditan untuk mengoreksi tingkat pencahayaan pada gambar yang kurang terang (terlalu gelap) atau terlalu terang (terlalu terang) dengan menyesuaikan kecerahan, bayangan, dan sorotan.

3. Koreksi Warna

Anda bisa meningkatkan warna dalam gambar sehingga gambar yang ada pun jelas dan estetik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ukuran foto beserta tips – tips fotografi yang bisa menambah wawasan Anda!