Standar Ukuran Kertas A0, A1, A2, A3, Hingga F4 dan Kegunaannya

Angelia Ciptariska May 24, 2023

Prima.or.id – Kertas memang menjadi salah satu alat yang memegang peranan penting bagi kehidupan, yang mana kertas pun menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari buku. Selain menjadi salah satu bagian dari buku bacaan, kertas juga memiliki banyak fungsi bahkan memiliki beragam jenis dan ukuran. Menariknya lagi, ketebalan dan ketipisan kertas pun juga ada.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai jenis kertas, ukuran kertas hingga tips untuk mengatur tata letak pada kertas di Microsoft Word. Berikut ini ada ulasan singkat mengenai mengetahui ukuran kertas dan tata letak di Microsoft Word yang bisa Anda jadikan referensi!

Mengenal Sejarah Ukuran Kertas

Sejarah ukuran kertas dimulai pada abad ke-15, ketika pembuatan kertas dimulai di Eropa. Pada saat itu, standar yang paling umum adalah “folio folio”, yang berukuran kira-kira 432 x 343 mm (17 x 13,5 inci). Awalnya terkait dengan penggunaan tanda air yang menampilkan topi dan lonceng orang bodoh, folio folio tetap dominan hingga pertengahan abad ke-20.

Kebutuhan akan standardisasi dimulai ketika bisnis dan industri mulai berkembang secara global. Pendekatan universal diperlukan untuk memudahkan komunikasi, reproduksi, dan distribusi dokumen lintas batas. Menanggapi permintaan ini, komite internasional merumuskan beberapa sistem untuk menentukan dimensi kertas secara konsisten.

Salah satu sistem yang paling terkenal adalah International Organization for Standardization (ISO) 216 series. Didirikan pada tahun 1975, ISO 216 menyediakan seperangkat dimensi yang komprehensif berdasarkan satuan metrik (milimeter) untuk berbagai ukuran kertas. Di bawah sistem ini, A-series sebagian besar diadopsi di seluruh dunia (kecuali Amerika Utara). Ini memerlukan spesifikasi untuk format A0-A10 yang diatur dalam urutan menaik berdasarkan pengurangan ukuran.

Fondasi A-series terletak pada rasio aspeknya (1:√2), yang tetap konsisten saat melipat lembaran setengah sejajar dengan sisi yang lebih pendek. Setiap ukuran berikutnya mempertahankan rasio ini sambil mengurangi luas permukaan hingga setengahnya. Misalnya, A4 berukuran 210 x 297 mm (8,3 x 11,7 inci), tipikal untuk tugas pencetakan dan penyalinan kantor.

Seri ISO lainnya adalah seri B yang menawarkan dimensi lebih besar daripada ukuran A yang sesuai. Ini melayani berbagai aplikasi, termasuk amplop, poster, dan penjilidan buku. Seri-C, dengan dimensi antara format A dan B, terutama digunakan untuk ukuran amplop. Metode ini memastikan bahwa dokumen dan amplop memiliki rasio aspek yang sama untuk kompatibilitas.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 2R Dalam Mm, Cm, Inchi, & Pixel di Ms Word

Selain itu, ISO menentukan ukuran RA dan SRA, lebih disukai oleh desainer grafis karena dimensinya yang lebih besar daripada seri-A. Ruang ekstra mengakomodasi pemotongan dan pemangkasan selama berbagai proses pencetakan atau merancang proyek artistik berskala besar.

Ukuran kertas Amerika Utara mengikuti standar berbeda yang disebut Institut Standar Nasional Amerika (ANSI), menggunakan format huruf, bukan seri-A sebagai ukuran dasarnya. Ukuran letter, yang berukuran 216 x 279 mm (8,5 x 11 inci), sedikit lebih besar dari lembar A4. Sistem ANSI mengklasifikasikan ukuran menjadi letter (A), legal (B), tabloid (C), ledger (D), dan super B/E (E) berdasarkan aplikasi yang ditunjuk dalam pekerjaan kantor, dokumentasi hukum, surat kabar, dan besar -skala penerbitan atau proyek desain. Selain standar yang diadopsi secara luas ini, beberapa daerah juga memiliki kertas tradisional yang unik.

Kenali Jenis-Jenis Kertas

Ada banyak jenis kertas yang bisa kita temui di kehidupan, berikut ini ada delapan jenis kertas yang tersebar di seluruh dunia, di antaranya sebagai berikut:

1. A0

Jenis kertas ini menjadi salah satu jenis kertas paling besar yang mana digunakan untuk digital printing. Sementara itu, untuk ukurannya pun sekitar 84,1 cm x 118,9 cm.

2. A1

Selanjutnya kertas A1 menjadi jenis kertasyang biasa digunakan untuk mencetak kartu, dokumen cetak, alat-alat tulis hingga amplop. Ukuran kertas A1 ini berada di antara ukuran A0 dan A2. Yang mana untuk ukuran A1 ini memiliki ukuran sekitar 59,4 x 84,1 cm.

3. A2

Kertas A2 ini menjadi jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat gambar seni, teknik hingga arsitektur. Ukurannya pun 4 x lipat dari ukuran kertas A4. Di mana ukuran kertas ini adalah 42,0 x 59,4 cm.

4. A3

Kertas A3 ini memiliki ukuran yang lebih besar dua kali lipat dari kertas A4. Kertas A3 ini bisanya terdapat pada buku gambar, diagram, desain grafis yang ada pada CorelDraw maupun Adobe Photoshop. Ukuran kertas ini jika dikonversikan ke dalam bentuk centi adalah sekitar 29,7 x 42,0 cm.

5. A4

Kertas ukuran ini paling banyak digunakan di beragam sektor mulai dari perkantoran maupun Pendidikan. Bahkan kertas ini juga digunakan untuk mencetak buku, skripsi, makalah dan lain sebagainya. Untuk ukuran kertas A4 sendiri adalah 21,0 cm x 29,7 cm.

6. A5

Kertas A5 ini merupakan kertas yang memiliki ukuran setengahnya dari kertas A4. Yang mana kertas ini biasanya digunakan untuk buku tulis dan kertas binder untuk pelajar hingga mahasiswa. Untuk ukurannya sendiri adalah 14,8 cm x 21,0 cm.

Baca Juga :   Ukuran Spanduk Standar X Banner Yang Sering Digunakan

7. A6

Kertas ini berukuran setengah dari A5. Bisanya kertas A6 untuk membuat buku kecil, brosur, kartu undangan, dll. Dalam ukuran centi kertas ini berarti 10,5 cm x 14,8 cm.

8. F4

Kemudian, ada pula kertas F4 yang mana ukurannya lebih ebsar daripada kertas A4. Kertas F4 ini atau folio memiliki ukuran 21,5 cm x 33 cm dan biasanya kertas ini digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen.

Ukuran Kertas yang Paling Sering Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebelum Anda mengatur ukuran kertas melalui komputer atau Microsoft Word. Tentu Anda harus mengetahui beberapa jenis kertas yang biasanya digunakan dalam print dokumen melalui Microsoft Word, di antaranya sebagai berikut:

  1. A4 Ukurannya 21 x 27,9 cm
  2. F4 Ukurannya 21 x 33 cm
  3. Letter Ukurannya 21,59 x 27,94 cm
  4. A3 Ukurannya 29,7 x 41,99 cm

Jika Anda menggunakan kertas yang lain yang tidak Anda temukan di Ms. Word, Anda bisa langsung mengklik saja custom size pada opsi Layout. Maka Anda bisa memasukkan ukuran panjang dan lebar kertas sesuai yang Anda inginkan.

Langkah-Langkah Melakukan Setting Kertas di Word

Sangat bisa dimaklumi jika ada beberapa orang yang tidak tahu bagaimana cara mengatur kertas di word. Ms. Word memang dianggap program yang paling mudah untuk dikuasai. Bahkan, anak SD saja sudah bisa menguasai dan menggunakan software yang satu ini. Tidak seperti program lain seperti Photoshop yang memang butuh training yang lama hingga akhirnya seseorang menguasainya.

Saking dianggap mudah, sampai mereka tidak tahu beberapa hal seperti cara pengaturan kertas sebelum akhirnya file dicetak atau diprint. Mereka hanya bisa menggunakan sebatas mengetik di Ms. Word. Tidak lebih dari itu.

Kemudian mereka baru merasakan betapa mereka membutuhkan pengetahuan tentang cara mengatur kertas di word saat mereka harus mengerjakan tugas. Mereka harus menulis lalu mencetak sesuai dengan kertas yang ditentukan oleh guru atau dosen.

Nah, sekarang saatnya Anda pelajari sejenak bagaimana mengatur ukuran kertas di word. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

1. Cari Fitur Page Layout Pada Opsi Ms.Word

Di bagian atas Ms. Word, Anda bisa cari Page Layout. Di sanalah semua pengaturan kertas bisa Anda lakukan, mulai dari margin dan juga ukuran kertas. Jika Anda sudah menggunakan Ms. Word versi terbaru, mungkin Anda tidak menemukan Page Layout melainkan Layout saja. Klik di bagian tersebut.

2. Masuk di Bagian Page Setup

Di dalam Page Layout atau Layout, akan banyak sekali fitur yang bisa Anda temukan. Cari yang Page Setup. Ini bagian untuk mengatur ukuran kertas atau halaman.

Baca Juga :   Ukuran ID Card (KTP, Panitia, Karyawan, DLL) Sesuai Kebutuhan

3. Klik Paper

Selanjutnya, klik bagian Paper. Di sana, sudah ada beberapa pilihan jenis kertas yang sering digunakan, seperti A4, F4 dan lain sebagainya. Anda tinggal pilih sesuai dengan kertas yang Anda gunakan.

Bagaimana jika tidak ada yang sesuai dengan kertas yang Anda gunakan? Anda bisa customize atau membuat ukuran kertas sendiri. Caranya, ketikkan saja ukuran kertas di bagian panjang dan lebar atau height and width. Sesuaikan dengan ukuran kertas yang akan Anda gunakan ketika ingin mencetak.

4. Klik Ok

Jika sudah selesai melakukan pengaturan, klik Ok. Lembar kertas yang Anda buka di Ms. Word milik Anda sudah sesuai dengan kertas yang Anda butuhkan.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Print Kertas

Setelah Anda mengetahui tata cara mengatur kertas di Microsoft Word, kali ini sebelum Anda melakukan pencetakan dokumen atau print file word. Sebaiknya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum print kertas terjadi, di antaranya sebagai berikut:

Yang pertama, pastikan kertas yang Anda pasang di printer sudah sesuai dengan ukuran kertas yang diatur di dalam Microsoft word.

Yang kedua, pastikan juga printer sudah connected dengan komputer atau laptop yang Anda gunakan. Jika tidak tersambung maka Anda akan gagal memprint dokumen Anda.

Lalu, yang ketiga pastikan tinta print yang Anda gunakan terisi penuh dan berwarna terang. Dikarenakan jika tinta print Anda minim dan hampir habis maka selama proses print dokumen, tulisan ataupun gambar pun akan terlihat buruk dan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Kemudian yang terakhir, Anda harus menggunakan kertas yang berkualitas dalam artian Anda bisa menggunakan kertas yang putih bersih dan tebal. Hal unu supaya menjaga dokumen yang diprint, apalagi jika yang dicetak adalah dokumen penting seperti tugas sekolah, kantor dan lain sebagainya.

Hal yang perlu digaris bawahi di sini adalah ukuran kertas menjadi salah satu hal terpenting dalam melakukan pencetakan, penyalinan atau mendesain suatu dokumen. Tentu, Anda bisa menyesuaikan jenis kertas yang ingin Anda pakai sesuai kebutuhan Anda.

Anda juga bisa mengatur ukuran kertas melalui Komputer ataupun Laptop dengan memanfaatkan Page Layout. Anda juga bisa memilih sesuai keinginan dan ketentuan yang Anda butuhkan. Demikianlah ulasan singkat mengenai ukuran kertas, jenis hingga tips dan trik dalam mengatur ukuran kertas menggunakan Ms. Word di Laptop maupun Komputer yang bisa menambah referensi pengetahuan Anda.

Originally posted 2023-05-17 02:27:23.