Standar Ukuran Foto 3R Dalam Mm, Cm, Inchi Dan Pixel

Angelia Ciptariska June 21, 2024

Prima.or.id – Dalam dunia fotografi dan percetakan, sangat pentingnya pemilihan ukuran foto yang sesuai tidak bisa diabaikan begitu saja. Ada banyak ukuran foto yang bisa Anda ketahui mulai yang paling besar 30R yang bisa digunakan pajangan di ruang tamu, 24R, 20R, 10R, 8R, 5R hingga 3R dan 1R. Tentu, ukuran foto disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk foto ukuran 3R, tentu menjadi salah satu foto yang paling banyak dicari oleh beberapa orang. Bahkan bisa dikatakan bahwa foto ukuran ini secara resmi menjadi pilihan popular karena foto yang dihasilkan pun beresolusi tinggi dan bagus.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin mencetak foto ukuran 3R, ada beberapa tips dan penjelasan yang wajib Anda ketahui supaya bisa mendapatkan hasil cetakan foto yang terbaik dan sesuai dengan kemauan Anda. Berikut ini ulasan singkat mengenai foto ukuran 3R beserta seluk beluknya yang wajib Anda pahami!

Memahami Ukuran Foto 3R

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita kenali konsep ukuran foto 3R yang menjadi primadona dalam percetakan foto karena ukurannya yang pas dan harga cetak yang terjangkau.  Foto 3R ini memiliki ukuran kira-kira 3,5 x 5 inci atau setara dengan 8,9 x 12,7 cm. Untuk format gambar standar ini berasal dari fotografi film tradisional. Dalam cetakan foto 3R ini memberikan Anda penawaran media yang ideal untuk menjaga kenangan berharga atau membuat tampilan ruangan yang menarik, selain itu, foto ukuran 3R ini menawarkan perpaduan yang seimbang antara kualitas cetak, efektivitas biaya, dan kenyamanan karena bisa diaplikasikan menjadi dekorasi yang pas untuk rumah ataupun kamar Anda.

Baca Juga :   Ukuran ID Card (KTP, Panitia, Karyawan, DLL) Sesuai Kebutuhan

Keunggulan Memilih Foto 3R

Hands holding a couple photo, Couple pictures from the polaroid camera.

Ada beberapa alasan mengapa ukuran 3R cukup diminati banyak orang secara luas baik oleh fotografer profesional maupun penggemar amatir. Hal ini dikarenakan foto 3R memiliki beberapa keunggulan dan faktor yang terbaik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Nilai Estetika yang Tinggi

Dimensi foto ukuran 3R ini menghadirkan rasio aspek tertentu yakni 2:3. Yang mana rasio ini sangat mirip dengan bidang penglihatan manusia. Proporsi yang harmonis ini cenderung menghasilkan cetakan yang seimbang secara visual dan tetap enak dipandang di berbagai aplikasi seperti bingkai foto, album, atau dekorasi dinding. Maka dari itu, foto 3R bisa menjadi hiasan yang menambah nilai estetika ruangan Anda.

2. Memiliki Nilai Keserbagunaan

Keunggulan lainnya adalah dengan ukurannya yang sedang, foto ukuran 3R ini juga dapat ditempatkan dengan nyaman di sebagian besar ruang fisik seperti saku, dompet, pajangan di atas meja, atau digabungkan dengan gambar lain untuk membuat kolase yang lebih besar atau pengaturan bertema. Sehingga bisa dikatakan bahwa foto ukuran 3R ini dapat digunakan sebagai apa saja yang pastinya membuat menarik.

3. Unik dan Punya Harga yang Terjangkau

Kemudian, kelebihan lainnya dari memiliki foto 3R adalah untuk mencetak pada dimensi ini umumnya lebih hemat biaya dibandingkan dengan ukuran yang lebih besar seperti cetakan format A4 atau poster tanpa mengorbankan banyak dampak visual. Maka dari itu, bagi Anda yang hanya memiliki budget minim namun ingin ruangan Anda tetap estetik, Anda bisa memanfaat foto kolase dari foto ukuran 3R ini.

Tips Khusus Cetak Foto Agar Tidak Buram

Mencetak foto berkualitas tinggi membutuhkan lebih dari sekadar printer yang bagus dan kertas yang tebal nan berkualitas. Untuk memastikan gambar Anda terwakili dengan baik dan terpelihara dengan baik, Anda harus bijak dalam mempertimbangkan tips berikut ini:

Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

1. Perhatikan Resolusi Gambar

Mulailah dengan memastikan file gambar digital Anda memiliki resolusi yang cukup untuk menyesuaikan ukuran cetak yang Anda inginkan. Untuk foto 3R, bidik resolusi minimal 1050 x 1500 piksel pada 300 dpi (titik per inci) untuk menjamin cetakan yang tajam dan detail. Sehingga hasilnya tidak akan buram ataupun pecah.

2. Edit dan Kenali Manajemen Warna

Selanjutnya untuk mencetak foto 3R, perangkat lunak printer Anda harus memiliki alat manajemen warna bawaan untuk membantu Anda menyesuaikan dan menyempurnakan warna di semua perangkat dalam rantai produksi seperti kamera, monitor, ataupun printer. Kalibrasi warna yang tepat pada akhirnya akan menghasilkan representasi warna yang akurat dan konsisten dalam cetakan akhir Anda sehingga foto 3R yang dihasilkan pun tidak akan mengecewakan.

3. Perhatikan Dalam Pemilihan Kertas

Sama pentingnya dengan perangkat pencetakan Anda, dalam mencetak foto ukuran 3R pemilihan jenis kertas dapat membuat atau menghancurkan kualitas cetak Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti berat, hasil akhir ingin hasil yang glossy atau matte, dan perhatikan pula tekstur kertas sehubungan dengan tujuan yang Anda maksudkan dan preferensi pribadi. Misalnya, kertas glossy dapat menonjolkan detail dan semangat warna, sedangkan hasil akhir matte menawarkan tampilan yang lebih halus dan mengurangi silau.

4. Perhatikan Setting Printer Anda

Kemudian, Anda juga harus memperhatikan pengaturan pencetak atau printer Anda. Pastikan juga kalau Anda sudah menyesuaikan ukurannya sesuai dengan ketentuan foto ukuran 3R sebelum melakukan print.

Cara Mengatur Ukuran Foto 3R di Microsoft Word

Setelah Anda mengetahui beberapa tips di atas, kali ini ada beberapa tips yang wajib Anda ketahui dalam mengatur ukuran foto 3R melalui Microsoft Word. Karena mengatur ukuran yang sesuai dengan ukuran 3R sangat diperlukan sebelum pencetakan di mulai.

Baca Juga :   Standar Ukuran Kartu Nama Dalam Mm, Cm, Inchi Dan Pixel

Hal ini adalah supaya menghindari kesalahan dalam percetakan. Inilah tips penting yang wajib Anda ketahui untuk mengatur ukuran foto 3R melalui Ms. Word Anda, di antaranya sebagai berikut:

  • Langkah pertama, pastikan kalau Anda sudah membuka Ms.Word Komputer ataupun Laptop Anda. Jika sudah, Anda bisa langsung masukan foto yang hendak Anda cetak.
  • Kemudian, silahkan pilih opsi ‘Layout’ yang ada di atas layar. Lalu, pilih opsi “Margin” yang mana opsi ini akan membantu Anda dalam mengatur ukuran foto yang Anda pilih menjadi ukuran foto 3R.
  • Setelah mengklik opsi Margin, Kemudian, buka pilihan tersembunyi dengan mengeklik panah yang mengarah ke bawah dan menampilkan opsi terakhir: “Custom Margins”. Opsi ini berguna untuk mengatur margin sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Karena ukuran Foto 3R di opsi margin saja tidak ada, makanya Anda harus mengaturnya sendiri dengan opsi ‘Custom Margins’.
  • Kemudian, Anda bisa langsung masukan ukuran foto 3R sesuai dengan ketentuan yang ada di masing-masing kolom yang tersedia di opsi tersebut. Jika sudah Anda bisa langsung menekan opsi “Ok” yang ada di sana sebagai bentuk setuju dan pengaturan foto 3R pun selesai.
  • Foto pun siap dicetak melalui printer.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ukuran foto 3R hingga tips mengatur margin untuk print Foto 3R melalui Microsoft Word yang bisa menambah wawasan Anda tentang dunia desain.