Ukuran ID Card (KTP, Panitia, Karyawan, DLL) Sesuai Kebutuhan

Angelia Ciptariska February 19, 2024

Prima.or.id – Kartu ID, juga dikenal sebagai kartu identitas, yang mana kartu plastik kecil yang berisi informasi pribadi seseorang. ID Card digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengidentifikasi diri ke lembaga pemerintah, memasuki fasilitas yang aman, atau mengakses layanan tertentu.

Pentingnya ID Card tidak dapat dilebih-lebihkan, karena mereka memainkan peran penting dalam masyarakat modern. Bahkan hampir semua perusahaan mewajibkan para pekerjanya menggunakan kartu pengenal sebagai syarat untuk memasuki perusahaan tersebut.

Tentu, ada banyak jenis dan variasi ukuran ID Card yang bisa Anda ketahui bahkan setiap ukuran juga mempengaruhi beberapa hal. Berikut ini ada beberapa jenis dan ukuran ID Card yang sering dipakai hingga ulasan mengenai tips membuat ID Card yang baik dan benar yang bisa Anda contoh!

Variasi Ukuran ID Card

Di zaman sekarang, ID Card menjadi salah satu bagian penting dari masyarakat modern, karena memainkan peran penting dalam mengidentifikasi individu dan menyediakan akses ke berbagai layanan dan fasilitas. Salah satu aspek penting dari desain kartu ID adalah ukuran kartu. Ukuran kartu ID dapat bervariasi tergantung pada tujuan penggunaannya, dan memilih ukuran yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa kartu tersebut efektif dalam memenuhi tujuan yang dimaksudkan. Dalam ulasan kali ini, akan membahas tentang berbagai ukuran ID Card dan kegunaannya yang biasa dipakai oleh masyarakat Indonesia, di antaranya sebagai berikut:

1. Ukuran Kartu Identitas Standar

Ukuran ID Card yang paling umum digunakan adalah ukuran standar, yaitu memiliki ukuran sekitar 3,375 inci x 2,125 inci (85,6 mm x 54,0 mm). Ukuran ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti SIM, Kartu Pelajar, hingga dengan Lencana karyawan. Ukuran standar ID Card ini juga menjadi ukuran yang paling disukai oleh banyak organisasi dan perusahaan.

Hal ini dikarenakan ukurannya yang cukup kecil untuk dibawa dalam dompet atau tempat lencana, namun cukup besar untuk menampung semua informasi yang diperlukan, seperti nama, foto, dan tanda tangan individu dalam satu kartu.

2. Ukuran Kartu Identitas Sesuai ISO

Ukuran ID Card yang sering digunakan lainnya dalam perusahaan atau organisasi adalah ukuran yang sesuai dengan ISO, yaitu 3,375 inci x 2,125 inci (85,6 mm x 54,0 mm) dengan sudut yang lebih membulat. Ukuran ini digunakan untuk dokumen perjalanan internasional, seperti dalam paspor dan visa, dan ukuran ini juga telah distandarisasi oleh International Organization for Standardization (ISO).

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 3R Dalam Mm, Cm, Inchi Dan Pixel

Sudutnya yang membulat dari kartu ID yang sesuai dengan ISO membantu mencegah kartu dari kerusakan dan memastikannya terpasang dengan benar di pemegang paspor atau visa.

3. Ukuran ID Card Besar

Dalam beberapa kasus, kartu identitas yang terlalu besar mungkin diperlukan untuk menampung informasi tambahan atau untuk tujuan branding. Kartu ID memiliki ukuran besar bisa sebesar 4 inci x 3 inci (101,6 mm x 76,2 mm) atau bahkan lebih besar. K

Ukuran kartu ini biasanya digunakan dalam acara, seperti konferensi atau pameran dagang, untuk mengidentifikasi peserta dan menyediakan akses ke berbagai area acara. Kartu ID berukuran besar ini juga dapat digunakan untuk tujuan branding, karena menyediakan lebih banyak ruang untuk logo perusahaan dan informasi lainnya. Bisa dikatakan bahwa ukuran besar ini menampung lebih banyak informasi daripada ID Card yang standar.

Untuk membuat ID Card, Anda juga harus pandai dalam memilih ukuran yang tepat untuk kartu ID. Di mana ukuran juga memegang peranan yang sangat penting untuk memastikan bahwa kartu tersebut efektif dalam memenuhi tujuan yang dimaksudkan, dan organisasi harus mempertimbangkan kebutuhan khusus dari program kartu ID mereka saat memilih ukuran.

Pentingnya Memiliki ID Card

Setelah Anda mengetahui beragam ukuran dan jenis ID Card yang sering dipakai dalam perusahaan hingga organisasi, Anda juga harus tahu beberapa hal dan kegunaan dari memiliki sebuah kartu identitas. Berikut ini ada beberapa ulasan tentang pentingnya memiliki sebuah kartu identitas, di antaranya sebagai berikut:

1. Untuk Mengidentifikasi dan Keamanan Pribadi

Salah satu fungsi utama dari kartu ID adalah untuk memberikan identifikasi dan keamanan. Kartu ID berisi informasi pribadi, seperti nama, foto, dan tanda tangan individu. Informasi ini digunakan untuk memverifikasi identitas pemegang kartu, yang sangat penting dalam banyak situasi. Misalnya, saat bepergian, diperlukan ID Card untuk naik pesawat atau masuk ke negara asing. Demikian pula, saat melamar pekerjaan atau membuka rekening bank, ID Card diperlukan untuk menetapkan identitas individu.

Kartu ID juga digunakan untuk memberikan keamanan dalam berbagai pengaturan. Misalnya, banyak tempat kerja yang mewajibkan karyawan untuk memakai kartu ID setiap saat untuk memastikan bahwa hanya personel yang berwenang yang dapat mengakses tempat tersebut. Kartu ID juga digunakan di sekolah untuk mengidentifikasi siswa dan staf dan untuk mencegah orang yang tidak berwenang memasuki kampus. Selain itu, ID Card digunakan di lembaga pemerintah untuk memastikan bahwa hanya personel yang berwenang yang dapat mengakses area dan informasi sensitif.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 5R Dalam MM, Cm, Inchi, Dan Pixel

2. Sebagai Bentuk Kontrol Akses

Fungsi penting lain dari kartu ID adalah kontrol akses. ID Card dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan untuk digunakan sebagai alat kontrol akses. Misalnya, banyak gedung yang menggunakan kartu ID untuk mengontrol akses ke area tertentu. Karyawan diberi kartu ID yang diprogram untuk memungkinkan mereka mengakses area tertentu di gedung, seperti kantor atau ruang server. Ini membantu memastikan bahwa informasi dan peralatan sensitif dilindungi dari akses yang tidak sah.

Kartu ID juga digunakan untuk kontrol akses di pengaturan lain, seperti transportasi umum. Banyak kota telah menerapkan sistem smart card yang memungkinkan para komuter mengakses transportasi umum dengan menggunakan ID Card. Sistem ini tidak hanya nyaman bagi para komuter, tetapi juga membantu mengurangi penggunaan uang tunai, yang dapat menjadi target pencuri.

3. Sebagai Bentuk Personalisasi dan Branding

Kartu ID juga dapat digunakan untuk personalisasi dan branding. Banyak perusahaan menggunakan kartu ID sebagai cara untuk mempersonalisasi pengalaman karyawan dan menciptakan rasa persatuan di antara staf. ID Card dapat dikustomisasi dengan logo perusahaan, nama karyawan, bahkan foto mereka. Ini membantu menciptakan rasa memiliki di antara karyawan dan juga dapat membantu mempromosikan merek perusahaan.

Selain itu, kartu ID dapat digunakan untuk personalisasi di pengaturan lain seperti acara. Banyak konferensi dan konvensi menggunakan kartu ID untuk mengidentifikasi peserta dan memberikan akses ke berbagai area acara. Kartu ID ini dapat disesuaikan dengan logo acara dan nama peserta, menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi untuk peserta.

Tips Kreatif Membuat ID Card Yang Baik dan Cantik

Seperti yang telah diketahui bahwa kartu identitas adalah kartu plastik kecil yang berisi informasi pribadi tentang seseorang. ID Card digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengidentifikasi diri ke lembaga pemerintah, memasuki fasilitas yang aman, atau mengakses layanan tertentu. Membuat kartu ID yang baik penting karena membantu memastikan bahwa kartu tersebut efektif dalam memenuhi tujuan yang dimaksudkan. Pada ulasan singkat kali ini, kami akan memberikan tips membuat ID Card yang baik dan cantik, yakni:

1. Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi

Salah satu aspek terpenting dalam membuat ID Card yang baik adalah menggunakan gambar berkualitas tinggi. Foto di ID Card harus jelas dan beresolusi tinggi sehingga saat di cetak gambarnya tidak pecah dan rusak. Nama dan detail lainnya pada kartu juga harus dapat dibaca. Ini akan membantu memastikan bahwa kartu ID mudah dikenali dan individu tersebut dapat diidentifikasi dengan cepat dan akurat.

Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

2. Pilih Warna yang Tepat

Faktor penting lain yang perlu diperhatikan saat membuat ID Card yang baik adalah memilih warna yang tepat. Warna yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pembuatan kartu identitas. Misalnya, jika ID Card digunakan untuk tempat kerja, warnanya harusd sejalan dengan branding perusahaan. Jika ID Card digunakan untuk instansi pemerintah, warnanya harus sesuai dengan branding instansi tersebut. Menggunakan warna yang tepat akan membantu membuat kartu ID yang terlihat profesional dan mudah dikenali.

3. Gunakan Bahan ID Card yang Tahan Lama

Daya tahan ID Card juga menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan dalam membuat kartu pengenal. Dalam pembuatannya, ID Card harus dibuat menggunakan bahan tahan lama yang tahan di segala kondisi dan cuaca. Hal ini sangat penting jika kartu ID digunakan di lingkungan yang keras, seperti di pabrik atau lokasi konstruksi. Menggunakan bahan yang tahan lama akan membantu memastikan bahwa kartu ID bertahan lama dan tetap efektif dalam memenuhi tujuan yang dimaksudkan.

Hal yang perlu diingat adalah pemilihan bahan ID Card juga dipengaruhi oleh kondisi dan tempat di mana Anda bekerja, jika di tempat lingkungan yang keras seperti pabrik ID Card yang digunakan pun harus kuat dan tahan di segala cuaca misalnya hujan dan lain sebagainya.

4. Pilih Design yang Simple Namun Cantik

Tips membuat ID Card cantik selanjutnya adalah pandai memilih design ID card yang sederhana namun mewah. Yang mana Anda bisa menyesuaikan bentuk design-nya serupa atau senada dengan warna yang Anda pilih. Jangan sampai antara warna dan design bertabrakan satu sama lain. Design yang simple juga akan membuat tampilan kartu pengenal Anda semakin cantik. Anda juga bisa mencoba memilih warna dasar seperti hitam dan putih jika memang ingin menghindari tubrukan warna yang terjadi.

Kesimpulannya, membuat ID Card yang baik itu penting karena membantu memastikan bahwa kartu tersebut efektif dalam memenuhi tujuan yang dimaksudkan. Kiat-kiat mudah dalam membuat ID Card bisa Anda simak di atas seperti menggunakan gambar berkualitas tinggi, memilih warna yang tepat, dan menggunakan bahan yang tahan lama, dapat membantu membuat kartu ID yang terlihat profesional dan mudah dikenali dan digunakan.

Bukan hanya itu saja, untuk membuat ID Card Anda juga harus memperhatikan bahan serta ukuran yang sesuai dengan ID Card Anda. Sehingga Anda bisa membuat kartu nama yang baik dan professional. Demikianlah ulasan singkat mengenai variasi ukuran ID Card beserta tips membuatnya yang bisa menambah referensi informasi Anda.