Ukuran Spanduk Standar X Banner Yang Sering Digunakan

Angelia Ciptariska April 16, 2024

Prima.or.id – Spanduk adalah salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis atau acara Anda. Spanduk menjadi salah satu alat yang serbaguna, terjangkau, dan mudah dipasang serta dilepas sehingga tidak ribet untuk digunakan. Namun, tidak semua spanduk dibuat sama ada beragam jenisnya yang bisa Anda temui. Bahkan setiap jenis dan ukurannya pun memiliki kegunaan yang berbeda.

Salah satunya adalah spanduk X adalah pilihan populer untuk mengiklankan dan mempromosikan produk dan layanan, terutama di acara, pembukaan perusahaan, hingga pameran dagang. Namun, ada berbagai ukuran spanduk X yang tersedia di pasaran, dan dapat membingungkan untuk memilih yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Di bawah ini ada beberapa ulasan mengenai ukuran spanduk X hingga jenis – jenis spanduk X yang bisa menambah referensi Anda jika ingin membuat spanduk yang sederhana dan terjangkau untuk usaha Anda!

Mengenal Apa Itu Spanduk Standar X

Ada banyak jenis spanduk yang ada, salah satunya adalah spandex standar X yang paling banyak dan menjadi favorit untuk spanduk. Ukuran spanduk X standar sendiri adalah 60cm x 160cm atau sekitar 23,6 inci x 63 inci. Ukuran ini adalah pilihan populer untuk banyak bisnis karena menyediakan ruang yang cukup untuk menampilkan informasi dan grafik penting namun tetap ringkas dan mudah untuk dipindahkan. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa ukuran spanduk X dapat bervariasi tergantung produsen dan bahan yang digunakan. Beberapa pabrikan mungkin menawarkan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil tergantung pada kebutuhan klien mereka. Jadi, pastikan Anda memilih bahan dan ukuran yang sesuai dengan usaha Anda agar pas dan mudah saat digunakan.

Fitur Spanduk X Standar

Spanduk X standar terbuat dari bahan yang ringan dan tahan lama yang menyediakan penyiapan dan pembongkaran yang mudah dan bebas gangguan. Mereka biasanya dicetak pada bahan vinil atau PVC yang memiliki kualitas tinggi, sehingga membuat spanduk tersebut tahan di segala cuaca dan cocok untuk iklan di dalam dan luar ruangan.

Kemudian, untuk bahan spanduk dipasang pada rangka yang berbentuk X yang ringan dan kokoh terbuat dari bahan fiberglass atau alumunium sehingga membuat spanduk tidak akan terbang atau mudah jatuh saat didirikan. Bahkan rangka ini memberikan stabilitas dan menjaga spanduk tetap kencang, mencegahnya kendur atau berkerut.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 2R Dalam Mm, Cm, Inchi, & Pixel di Ms Word

Manfaat Memilih Spanduk Standar X

Salah satu manfaat utama jika Anda memilih spanduk X standar adalah keterjangkauannya. Yang mana spanduk ini menjadi solusi utama periklanan yang hemat biaya dan Anda juga bisa menyesuaikannya dengan sebagian besar anggaran pemasaran.

Sisi positif lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika memilih Spanduk Standar X ini adalah mudah untuk diangkut dan diatur, posisinya menjadikannya ideal untuk bisnis yang menghadiri acara hingga untuk pameran dagang. Selain itu, spanduk X standar ini cukup serbaguna dan dapat digunakan untuk kampanye iklan jangka pendek dan jangka panjang.

Karena bentuknya yang kecil dan tidak memakan ruang membuat Spanduk X ini menjadi primadona dan bisa tahan lama di segala cuaca.

Tips Membuat Spanduk Yang Bagus

Setelah Anda mengetahui makna, ukuran hingga manfaat ketika menggunakan Spanduk Standar X ini. Jika Anda tertarik untuk membuatnya untuk mempromosikan produk usaha Anda, tentu Anda bisa memesan spanduk tersebut di beberapa tempat percetakan. Namun, sebelum Anda memesan spanduk ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui untuk memuat Spanduk yang bagus, di antaranya sebagai berikut:

1. Pilih Design yang Bagus dan Tetap Sederhana

Tips pertama yang wajib Anda ketahui untuk membuat spanduk yang bagus adalah membuatnya tetap sederhana. Spanduk yang berantakan dengan terlalu banyak informasi dapat membuat pengunjung kewalahan dan bingung untuk membacanya sehingga pengunjung tidak akan tertarik dengan produk yang Anda jual atau sejenisnya.

Maka dari itu, gunakanlah pesan yang jelas dan ringkas yang dapat dengan mudah dibaca dari jarak jauh. Pilih font yang mudah dibaca dan hindari penggunaan terlalu banyak warna atau grafik yang rumit. Ingat, lebih sedikit lebih baik dalam mendesain spanduk.

Kemudian, pastikan Anda memilih warna yang selaras dengan desain Anda. Hal ini dilakukan supaya spanduk standar X yang dibuat tidak membingungkan dan membuat bingung ketika pengunjung membacanya.

2. Gunakan Gambar dan Grafik Berkualitas Tinggi

Tips kedua dalam mendesain sebuah spanduk adalah menggunakan gambar dan grafik yang berkualitas tinggi atau HD. Gambar atau grafik beresolusi rendah dapat membuat spanduk Anda terlihat tidak profesional dan tidak menarik pengunjung.

Maka dari itu, gunakan gambar yang memiliki resolusi tinggi yang relevan dengan pesan atau bisnis Anda. Hindari menggunakan stok foto yang terlalu sering digunakan atau umum. Jika Anda menggunakan grafik atau ilustrasi, pastikan kualitasnya tinggi dan relevan dengan pesan Anda. Hal ini dilakukan supaya ada keselarasan dengan produk yang dijual dan para calon pembeli pun akan langsung paham dengan produk yang Anda pasarkan.

Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

3. Pilihlah Bahan yang Tepat

Tip ketiga adalah memilih bahan yang tepat untuk spanduk Anda. Materi yang Anda pilih akan bergantung pada di mana Anda akan menampilkan spanduk Anda dan berapa lama Anda menginginkannya bertahan. Vinyl adalah bahan populer untuk spanduk karena tahan lama, tahan cuaca, dan mudah dibersihkan. Spanduk jala ideal untuk acara luar ruangan karena memungkinkan angin melewatinya, mengurangi risiko kerusakan. Spanduk kain adalah pilihan yang baik untuk acara dalam ruangan karena ringan dan memiliki tampilan dan nuansa berkualitas tinggi.

Jenis-Jenis Spanduk Standar X

Selanjutnya, ada beberapa variasi spanduk Standar X yang bisa Anda pilih sesuai dengan ukurannya. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah ulasannya yang bisa menambah informasi Anda, di antaranya adalah:

1. X Banner Mini

X-banner mini menjadi salah satu spanduk X yang paling banyak digunakan orang sebagai sarana promosi karena ukurannya yang kecil. Hal ini membuat pemanfaatannya yang sangat efektif. Untuk ukurannya pun cukup minimalis yakni berukuran 26 x 38 cm sedangkan untuk ukuran yang standar digunakan adalah 25 x 40 cm. Kemudian, untuk bahan yang digunakan dalam pembuatan mini X banner mempunyai 2 macam yakni mini X-banner yang dilapisi stainless dan X banner yang tanpa lapisan.

2. X Banner Indoor

X banner indoor adalah jenis spanduk yang paling umum yang mana memiliki ukuran sekitar 60 x 160 cm. Namun, Anda juga bisa memesannya dengan ukuran yang berbeda yakni 120 x 160 cm. Namun sayangnya untukk ukuran yang satu ini tidak umum digunakan dalam promosi.

Lalu, untuk bahan pembuatan X banner indoor ini Anda dibebaskan untuk memilih sesuai kebutuhan. Karena setiap bahan yang dipilih pun memiliki keunggulan dan kekurangannya masing – masing. Biasanya, untuk banner X Indoor ini sering digunakan untuk promosi produk, misalnya ketika ada pameran dan lainnya. Karena sangat cocok dengan lingkungan luar ruangan, bahannya yang kokoh dan tahan di segala cuaca.

3. Ukuran X Banner Standar

Kemudian, ada ukuran X banner standar atau yang dikenal dengan sebutan stand banner ini menjadi salah satu media yang biasa digunakan sebagai ajang promosi. Selain itu, penyangganya yang berbentuk X ini juga dikenal kokoh dan juga dapat dimanfaatkan kembali. Untuk jenis ukurannya oun bervariasi. Berikut ini ukuran X Banner Standar yang paling banyak dipakai oleh masyarakat, di antaranya sebagai berikut:

  • Ukuran 25 x 40 cm
  • Ukuran 60 x 120 cm
  • Ukuran 60 x 120 cm
  • Ukuran 80 x 180 cm
Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 1R, 3R, 4R, 5R, 8R, 10R, 12R, 20R, 30R

4. Ukuran Y Banner atau Spanduk X

Jenis banner X lainnya adalah Y banner atau spanduk X. di mana bentuknya hampir sama dengan Banner X hanya saja untuk Y Banner ini memiliki penyangga yang kokoh berbentuk huruf Y. Model penyangga ini bisa dipisahkan dari rangkaian spanduknya sehingga akan memudahkan Anda ketika pemasangan atau pun pelepasan spanduk.

Banner jenis ini umumnya memiliki alas pada bagian bawahnya yang bertujuan untuk memperkuat penyangganya dari tiupan angin sehingga tidak akan mudah roboh ataupun terbang terbawa angin. Adapun ukuran Y banner yang paling sering dipakai adalah ukuran 60 x 160 cm.

5. Roll Up Banner

Selanjutnya, jenis banner lainnya yang bisa menjadi alat untuk promosi barang Anda adalah Roll up banner. Di mana banner yang satu ini dapat digulung apabila Anda telah selesai memakainya sehingga penggunaannya pun jauh lebih praktis daripada spanduk lainnya. Secara fungsi umumnya, roll up banner ini juga dapat membangun brand suatu produk atau yang lainnya. Untuk jenis ukuran yang paling sering digunakan dalam pembuatan roll up banner, adalah

  • Ukuran 60 x 160 cm
  • Ukuran 80 x 200 cm
  • Ukuran 85 x 200 cm
  • Ukuran 120 x 200 cm
  • Ukuran 150 x 200 cm

Maka dari itu, Anda harus pandai memilih banner sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar tidak berlebihan secara finansial maupun penggunaannya.

Untuk membuat spanduk yang bagus tentu membutuhkan pertimbangan yang matang dari segi desain, kualitas gambar, bahan dan juga ukurannya. Karena jika Anda tidak memperhatikan beberapa aspek tersebut Anda tidak akan mendapatkan spanduk yang Anda inginkan.

Kemudian, untuk Spanduk X standar juga bisa menjadi salah satu solusi periklanan yang sangat baik untuk bisnis Anda yang membutuhkan alat pemasaran yang hemat biaya dan portabel. Ukurannya yang ringkas, bahan yang ringan, dan bingkai yang tahan lama menjadikan Spanduk Standar X ini pilihan yang sangat cocok untuk di berbagai acara, pameran dagang, promosi toko hingga alat untuk kampanye pemasaran lainnya.

Namun, ada satu hal yang harus digaris bawahi saat memilih spanduk X standar, penting untuk mempertimbangkan ukuran, bahan, dan bingkai untuk memastikannya memenuhi kebutuhan periklanan spesifik Anda. Pilihlah bahan yang bagus supaya banner tidak mudah rusak ketika dibawa di luar ataupun dalam ruangan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beragam ukuran spanduk standar X, manfaat, fitur, tips membuat spanduk yang keren hingga jenis – jenis spanduk X yang bisa dijadikan referensi bagi usaha Anda.