Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Angelia Ciptariska May 27, 2024

Prima.or.id – Kertas memang menjadi salah satu bagian terpenting yang menjadi penunjang bagi kehidupan dan memudahkan pekerjaan manusia. Bahkan kertas juga digunakan diberagam sektor mulai dari perusahaan hingga jenjang Pendidikan. Bahkan kertas juga menjadi bahan utama dalam proses pencetakan buku.

Tentu, ada banyak jenis kertas yang tersebar di seluruh dunia bahkan setiap kertas juga memiliki ukuran dan kegunaannya tersendiri, mulai dari untuk membuat sampul, buku tulis, kartu dan lain sebagainya. Salah satu jenis kertas yang paling banya digunakan adalah kertas A4. Kertas ini paling banyak digunakan dalam bidang Pendidikan, perusahaan hingga lainnya.

Bagi Anda yang belum tahu tentang ukuran kertas A4, berikut ini ada ulasan sederhana mengenai jenis – jenis kertas, mengenal kertas ukuran A4 hingga tips mengatur kertas A4 melalui Microsoft Word yang bisa menambah wawasan Anda!

Mengenal Ukuran Kertas

Sebelum Anda mengetahui seluk beluk tentang ukuran kertas A4. Kali ini ada beberapa ulasan mengenal berbagai jenis kertas yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda yang cocok untuk tujuan berbeda. Berikut adalah beberapa jenis kertas yang umum, di antaranya adalah:

1. Kertas Bond

Kertas Bond juga dikenal sebagai kertas tulis, biasanya digunakan untuk kop surat dan alat tulis. Memiliki berat yang lebih ringan dan memiliki hasil akhir yang halus, membuatnya ideal untuk menulis. Anda bisa menemukan kertas jenis ini di buku tulis.

Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 2R Dalam Mm, Cm, Inchi, & Pixel di Ms Word

2. Kertas Offset

Kemudian, ada kertas Offset yang mana merupakan kertas yang tidak dilapisi, bahkan sedikit lebih berat dari pada kertas bond. Kertas jenis ini juga sering digunakan dalam buku dan majalah karena kualitas cetaknya yang sangat baik.

3. Kertas Koran

Lalu, ada kertas koran yang menjadi jenis kertas yang paling banyak digunakan. Kertas yang paling murah dan ringan ini bisa digunakan terutama untuk surat kabar, selebaran, atau bahan cetak sekali pakai lainnya.

4. Kertas Bertekstur

Jenis kertas ini memiliki permukaan bertekstur yang menambahkan sentuhan khas pada bahan cetakan. Kertas Bertekstur ini sering digunakan untuk kartu nama, undangan, hingga kartu ucapan. Kertas ini ditandai dengan ketebalannya yang lebih tebal daripada kertas koran maupun kertas Offset lainnya.

5. Kertas Kartu Stock

Kertas jenis ini digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan kekokohan, seperti kartu pos, kartu nama, dan sampul laporan. Bisa dibilang ketebalan kertas ini pun sangat baik bahkan hampir sama seperti kertas bertekstur.

Tentu, dari kelima jenis kertas di atas adalah kertas yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Mengenal Kertas Ukuran A4

Ukuran kertas A4 adalah salah satu ukuran yang paling umum digunakan di seluruh dunia karena menawarkan opsi pencetakan hemat biaya sambil mempertahankan ukuran standar untuk dokumen. Dimensi A4 adalah 210 x 297 milimeter atau setara dengan 8,27 x 11,69 inci. Untuk besarnya rasio aspek kertasnya adalah 1:1,414, hal inilah yang memungkinkan lembaran untuk diskalakan dengan mudah tanpa kehilangan konten atau mengorbankan desain.

Bahkan kertas ukuran A4 ini juga bisa digunakan untuk mencetak dokumen baik untuk laporan perusahaan hingga tugas Pendidikan.

Tips Khusus Edit Kertas A4 di Microsoft Word

Setelah Anda mengetahui apa saja jenis kertas yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari hingga dengan ukuran kertas A4. Kali ini, Anda akan diberikan tips khusus untu mengatur ukuran kertas A4 di Microsoft Word Anda, berikut ini langkah – langkahnya:

Baca Juga :   Ukuran Spanduk Standar X Banner Yang Sering Digunakan

1. Menyiapkan Ukuran Halaman

Untuk mengubah ukuran halaman di Microsoft Word menjadi A4, klik menu  “Layout” di bilah menu utama yang ada di atas layar, kemudian pilih opsi “Size” dan pilih lagi opsi “A4” dari menu drop-down untuk memilih ukuran kertas A4 pada dokumen.

2. Mengatur Ukuran Margin

Selain itu, untuk mengatur kertas A4 di Microsoft Word, Anda bisa mengaturnya dengan mengklik opsi “Margin”. Untuk mengatur Margin ini berdasarkan preferensi Anda, klik opsi menu “Margin” di bawah tab “Layout” kemudian Anda pilih salah satu opsi prasetel atau pilih “Custom Margins” untuk memasukkan dimensi yang Anda inginkan sesuai dengan ketentuan kertas A4.

3. Tambahkan Nomor Halaman

Bagi Anda yang ingin merapikan dokumen dengan cara menambahkan nomor halaman. Tentu, Anda bisa melakukannya setelah Anda mengatur ukuran kertas A4. Tata cara untuk memasukkan nomor halaman pada halaman A4 Anda, klik menu “Insert” di bilah menu utama di atas layar, lalu pilih opsi “Page Number” dari menu drop-down yang ada di sebelah kanan Layar. Anda dapat memilih lokasi dan gaya pilihan Anda untuk penomoran halaman sesuai dengan keinginan Anda.

4. Sesuaikan Penspasian dan Rata Dalam Paragraf

Lalu, bagi Anda yang ingin membenahi dokumen dengan kertas ukuran A4 selanjutnya adalah dengan memastikan kesetaraan dalam penggunaan spasi per paragraph. Spasi ini memegang peranan penting dalam tanda baca, agar tulisan atau dokumen yang Anda ketik di Ms. Word lebih rapi dan sejajar satu sama lainnya.

Untuk merapikan spasi, Anda bisa langsung mengklik kanan pada paragraf untuk mengubah penspasiannya. Pilih “Paragraf” dari menu konteks pada opsi “Home”, dan Anda dapat menyesuaikan spasi sebelum dan sesudah paragraf atau spasi baris di dalamnya.

Baca Juga :   Ukuran ID Card (KTP, Panitia, Karyawan, DLL) Sesuai Kebutuhan

Anda juga bisa meratakan paragraph dengan opsi rata tengah, rata kanan dan rata kiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Membenahi Format Teks

Manfaatkan opsi di bawah tab “Home” untuk memformat teks Anda dengan berbagai font, ukuran, dan gaya tulisan sesuai dengan keinginan dan ketentuan Anda. Pastikan konsistensi di seluruh dokumen untuk penampilan sisi keprofesionalitasan Anda. Maka dari itu, pastikan Anda memilih font yang mudah dibaca, karena ada beberapa jenis font yang tidak ramah di mata.

Biasanya jika dalam sektor resmi, jenis font yang digunakan dalam dokumen adalah Times New Roman dengan ukuran 12 dan menggunakan Justify untuk paragrafnya agar terlihat rapi dan jelas.

6. Perhatikan Penggunaan Header dan Footer

Kemudian, untuk mengatur ukuran kertas A4 dan merapikannya, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Header dan Footer. Untuk menambahkan header atau footer pada dokumen, Anda bisa langsung klik menu “Insert”, lalu pilih “Header” atau “Footer” yang ada di menu tersebut. Kemudian, pilih gaya prasetel atau buat header atau footer kustom Anda sendiri dengan mengetik di ruang yang ditentukan. Ini akan membuat dokumen Anda terlihat rapi.

Tentu, mengatur ukuran kertas A4 menjadi suatu hal wajib Anda lakukan sebelum melakukan pencetakan dokumen. Tujuannya adalah supaya dokumen terlihat rapi, teratur dan professional. Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis kertas, ukuran kertas A4 hingga tips mengatur ukuran kertas A4 di Microsoft Word dengan baik dan benar sehingga bisa menjadi referensi bagi Anda jika ingin mencetak dokumen penting.