Standar Ukuran Foto 2R Dalam Mm, Cm, Inchi, & Pixel di Ms Word

Angelia Ciptariska April 15, 2024

Prima.or.id – Foto adalah aspek penting dari kehidupan kita. Mereka membantu kita menangkap kenangan, bercerita, dan menyampaikan emosi. Ada banyak jenis ukuran foto yang digunakan untuk menyimpan kenangan tersebut. Bahkan ukuran kecil hingga terbesar pun tersedia.

Untuk mencetak foto pun Anda harus mengetahui jenis ukuran foto dan setiap ukuran foto pun memiliki nilai guna yang berbeda. Termasuk salah satunya ukuran 30R yang paling besar dan bisa menjadi hiasan foto keluarga, kemudian 1R bisa disimpan di dompet dan lain sebagainya.

Saat menjelajahi dunia fotografi, baik Anda seorang profesional atau penggemar, penting untuk memahami berbagai ukuran foto, termasuk ukuran foto 2R. Di bawah ini ada sedikit rangkuman yang akan membahas berbagai ukuran foto, cara mencetaknya dengan benar, dan membagikan beberapa kiat ahli dalam mengedit foto agar sempurna yang bisa menjadi referensi bagi Anda!

Mengetahui Macam – Macam Ukuran Foto

Ada banyak ukuran foto standar mulai dari ukuran dompet hingga ukuran foto yang paling besar. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih ukuran foto adalah rasio aspeknya—hubungan antara lebar dan tinggi gambar. Rasio aspek yang paling umum adalah 4:3 atau 3:2 yang sesuai dengan bentuk khas sensor kamera digital.

Berikut ini ada daftar ukuran foto standar dapat dinyatakan dalam inci atau sentimeter dan meliputi:

  • 1. Ukuran foto yang pas di dompet adalah 2×3 inci
  • 2. Ukuran foto Kartu pos 4×6 inci
  • 3. Ukuran foto 5R 5×7 inci
  • 4. Ukuran foto 2R 2,5 x 3,5 inci
  • 5. Ukuran foto 8R 8×10 inci
Baca Juga :   Standar Ukuran Kertas A0, A1, A2, A3, Hingga F4 dan Kegunaannya

Dari lima daftar ukuran foto di atas adalah ukuran foto yang paling banyak digandrungi oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan proses pencetakan foto berjalan cepat dan harganya pun lebih terjangkau ketimbang ukuran yang besar mulai dari ukuran 10R hingga 30R yang paling besar.

Mengenal Ukuran Foto 2R

Setelah Anda mengenal beragam ukuran foto yang sering digunakan di Indonesia. Kali ini, foto 2R juga tak kalah terkenal di beberapa percetakan dan studio foto. Foto 2R memiliki ukuran 2,5 x 3,5 inci atau setara dengan 63 x 89 milimeter. Ukuran ini mengklasifikasikannya sebagai gambar berukuran kecil, sehingga cocok untuk acara seperti pernikahan atau pesta di mana tamu mungkin menginginkan gambar kenang-kenangan untuk dibawa pulang. Ini juga banyak digunakan sebagai foto ID untuk paspor, kartu lisensi, ataupun kartu identitas perusahaan.

Hal Wajib Tuk Diketahui Dalam Mencetak Foto Berbagai Ukuran Dengan Mudah

Sesudah mengetahui seluk – beluk tentang foto 2R. Bagi Anda yang tertarik ingin mencetak foto ukuran 2R. Tentu, Anda harus mengetahui hal – hal penting mencetak foto dalam berbagai ukuran yang mudah diaplikasikan.

Tentu saja, untuk memastikan bahwa foto Anda dicetak dengan benar dan sesuai keinginan, perhatikan tips berikut ini saat ingin mencetak foto dalam berbagai ukuran, yakni:

  • 1. Atur kamera atau smartphone Anda pada resolusi setinggi mungkin untuk mendapatkan gambar berkualitas tinggi. Jika ada Anda bisa memilih dan mengaktifkan opsi HD yang tersedia di dalam kamera ponsel Anda.
  • 2. Kemudian, pastikan gambar Anda tidak disalin atau diubah ukurannya secara tidak benar dengan menggunakan perangkat lunak pencetakan foto atau layanan pencetakan profesional. Karena ini akan mengganggu resolusi gambar Anda, bisa saja nanti menurun dan malah membuat hasil cetakan fotonya pun akan buram.
  • 3. Pastikan pula Anda selalu menggunakan kertas foto yang memiliki kualitas tinggi untuk pencetakan, karena jenis kertas yang digunakan pun dapat memengaruhi penampilan gambar Anda secara signifikan. Anda bisa memilih kertas foto yang tebal dan mengkilap agar hasilnya maksimal.
  • 4. Anda juga wajib mempertahankan rasio aspek gambar Anda untuk menghindari peregangan atau pemotongan yang tidak wajar. Sehingga foto yang akan dicetak pun akan tetap jernih sampai proses percetakan selesai. Tentu, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus Anda juga bisa melakukan pengeditan gambar.
Baca Juga :   Standar Ukuran Foto 5R Dalam MM, Cm, Inchi, Dan Pixel

Rahasia Mengedit Foto 2R Keren dan Estetik

Setelah Anda mengetahui hal penting tentang mencetak foto berbagai ukuran. Selanjutnya, Anda akan mengetahui rahasia khusus dalam mengedit foto 2R agar terlihat cantik dan estetik, berikut ini langkah – langkah yang wajib Anda lakukan, yaitu:

1. Aturlah Pencahayaan Pada Gambar

Rahasia edit foto 2R keren adalah mengatur intensitas cahaya yang tepat dapat membuat atau merusak foto. Saat mengedit, sesuaikan tingkat kecerahan dan kontras untuk membuat gambar lebih hidup dan pastikan subjek cukup terang. Anda juga bisa memilih warna yang gelap agar memberikan nuansa estetik.

2. Anda Bisa Lakukan Cut pada Foto

Untuk menarik perhatian ke subjek utama Anda atau menghilangkan bagian gambar yang tidak diinginkan, pangkas foto Anda dengan cermat.

3. Penyeimbangan warna

Terkadang, warna dapat terlihat tidak wajar karena pengaturan white balance yang tidak tepat saat mengambil foto. Sesuaikan keseimbangan warna selama pengeditan untuk memastikan gambar Anda memiliki warna yang nyata.

4. Atur Kontras dan Penajaman

Sempurnakan detail dalam gambar dengan menerapkan teknik penajaman—ingatlah untuk tidak berlebihan dalam editing.

5. Pengurangan Kecerahan Cahaya

Hilangkan atau minimalkan kebisingan yang disebabkan oleh kondisi cahaya redup atau pengaturan ISO tinggi dengan menggunakan alat pengurangan kebisingan yang tersedia di sebagian besar perangkat lunak pengeditan.

Cara Mudah Mengatur Ukuran Foto 2R di Microsoft Word

Setelah Anda mengetahui beberapa tips di atas, kali ini ada beberapa tips yang wajib Anda ketahui dalam mengatur ukuran foto 2R melalui Microsoft Word, di antaranya:

Hal ini adalah supaya menghindari kesalahan dalam percetakan. Inilah tips penting yang wajib Anda ketahui untuk mengatur ukuran foto 2R melalui Ms. Word Anda, di antaranya sebagai berikut:

  • 1. Langkah pertama, pastikan kalau Anda sudah membuka Ms.Word Komputer ataupun Laptop Anda. Jika sudah, Anda bisa langsung masukan foto yang hendak Anda cetak.
  • 2. Kemudian, silahkan pilih opsi ‘Layout’ yang ada di atas layar. Lalu, pilih opsi “Margin” yang mana opsi ini akan membantu Anda dalam mengatur ukuran foto yang Anda pilih menjadi ukuran foto 3R.
  • 3. Setelah mengklik opsi Margin, Kemudian, buka pilihan tersembunyi dengan mengeklik panah yang mengarah ke bawah dan menampilkan opsi terakhir: “Custom Margins”. Opsi ini berguna untuk mengatur margin sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Karena ukuran Foto 2R di opsi margin saja tidak ada, makanya Anda harus mengaturnya sendiri dengan opsi ‘Custom Margins’.
  • 4. Kemudian, Anda bisa langsung masukan ukuran foto 2R sesuai dengan ketentuan yang ada di masing-masing kolom yang tersedia di opsi tersebut. Jika sudah Anda bisa langsung menekan opsi “Ok” yang ada di sana sebagai bentuk setuju dan pengaturan foto 2R pun selesai dan foto siap diprint.
Baca Juga :   Ukuran Spanduk Standar X Banner Yang Sering Digunakan

Demikianlah ulasan singkat tentang ukuran foto 2R hingga tips mencetak foto 2R yang baik dan benar yang bisa menjadi referensi bagi Anda!