Cara Mengetahui Password WiFi di HP dan Laptop Dengan Mudah

Yodik May 24, 2024

Prima.or.id – Dalam era digital yang semakin berkembang, koneksi internet menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan. Terlebih lagi, dengan semakin banyaknya perangkat yang memerlukan koneksi internet, maka WiFi menjadi pilihan yang paling tepat untuk dapat terhubung dengan internet.

Namun, terkadang untuk dapat terkoneksi dengan jaringan WiFi, kita memerlukan password yang tidak selalu mudah ditebak atau diingat. Terlebih lagi, apabila kita sedang berada di suatu tempat yang baru dan ingin terkoneksi dengan jaringan WiFi yang ada di sekitar, namun tidak mengetahui password-nya.

Oleh karena itu, mengetahui cara untuk mengakses password WiFi dapat menjadi hal yang sangat berguna.

Sebenarnya, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password WiFi, baik yang terhubung dengan perangkat kita maupun jaringan WiFi yang ada di sekitar. Namun, perlu diingat bahwa mengakses password WiFi tanpa izin dari pemiliknya dapat dikategorikan sebagai tindakan yang tidak etis.

Oleh karena itu, sebelum mencoba untuk mengakses password WiFi, pastikan bahwa Anda telah memperoleh izin dari pemiliknya terlebih dahulu.

Artikel ini akan membahas beberapa cara untuk mengetahui password WiFi, baik melalui perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi maupun jaringan WiFi yang ada di sekitar.

Dengan membaca artikel ini, diharapkan Anda dapat memperoleh pengetahuan yang berguna dan dapat memudahkan Anda dalam terkoneksi dengan jaringan WiFi. Namun, pastikan Anda menggunakan pengetahuan ini dengan etika yang baik dan bertanggung jawab.

Apakah Password WiFi Bisa Dibobol?

Password WiFi bisa dibobol, tetapi hal ini tergantung pada seberapa kuatnya password yang digunakan dan metode apa yang digunakan untuk mencoba membobolnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, metode dan alat untuk membobol password WiFi juga semakin canggih dan lebih rumit.

Namun, penting untuk diingat bahwa membobol password WiFi tanpa izin dari pemiliknya adalah tindakan yang tidak etis dan dapat dikategorikan sebagai tindakan kriminal.

Selain itu, membobol password WiFi juga dapat membahayakan keamanan jaringan WiFi tersebut, karena dapat memberikan akses kepada orang yang tidak berwenang untuk mengakses informasi pribadi atau data sensitif yang disimpan dalam jaringan tersebut.

Sebagai pemilik jaringan WiFi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengamankan jaringan WiFi dan mencegah dibobolnya password, seperti menggunakan password yang kuat, memperbarui firmware perangkat jaringan secara teratur, dan menggunakan protokol keamanan seperti WPA2 atau WPA3.

Baca Juga :   Cara Live di TikTok Bisa Via HP Laptop atau PC Tanpa 1000 Followers

Selain itu, pemilik jaringan WiFi juga dapat mengaktifkan fitur keamanan tambahan seperti filtering MAC address, mengubah nama SSID secara teratur, dan membatasi jumlah perangkat yang dapat terkoneksi dengan jaringan WiFi.

Dengan demikian, penting bagi kita untuk selalu menjaga keamanan jaringan WiFi kita dan menggunakan password yang kuat untuk mencegah dibobolnya password WiFi.

Sebagai pengguna jaringan WiFi, kita juga harus selalu menghargai privasi dan keamanan jaringan WiFi yang kita gunakan dan tidak mencoba membobol password WiFi tanpa izin dari pemiliknya.

Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop

Sebelum saya mulai, saya ingin menekankan bahwa mencoba mengakses jaringan Wi-Fi tanpa izin pemiliknya adalah tindakan ilegal dan tidak etis. Oleh karena itu, saya tidak akan memberikan instruksi tentang cara melakukan hal tersebut.

Namun, saya akan memberikan beberapa informasi tentang cara-cara umum yang dapat digunakan untuk mengetahui password Wi-Fi di laptop Anda sendiri.

1. Mencari Password WiFi di File Konfigurasi

Sebagian besar sistem operasi menyimpan informasi jaringan Wi-Fi yang terhubung di file konfigurasi yang tersembunyi di dalam sistem.

Untuk menemukan file konfigurasi Wi-Fi, Anda perlu membuka Command Prompt di Windows atau Terminal di MacOS, dan mengetikkan perintah “netsh wlan show profile” (Windows) atau “sudo grep -r ‘^ssid’ /etc/NetworkManager/system-connections/” (MacOS).

Anda akan melihat daftar jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung, dan Anda bisa memilih salah satu jaringan yang ingin Anda ketahui passwordnya.

Kemudian ketikkan perintah “netsh wlan show profile [nama_jaringan] key=clear” (Windows) atau “sudo cat /etc/NetworkManager/system-connections/[nama_jaringan]” (MacOS) untuk melihat detail jaringan, termasuk passwordnya.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengetahui password jaringan Wi-Fi.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan aplikasi semacam ini karena ada risiko keamanan. Beberapa aplikasi populer yang dapat membantu Anda mencari password Wi-Fi adalah WirelessKeyView (Windows), Keychain Access (MacOS), dan WiFi Password (Android).

3. Menghubungi Provider Layanan Internet

Jika Anda tidak dapat menemukan password Wi-Fi dengan cara-cara di atas, cara terakhir adalah dengan menghubungi provider layanan internet. Mereka akan membantu Anda mengetahui password Wi-Fi dengan memeriksa informasi akun Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa untuk semua cara di atas, Anda harus memiliki akses ke laptop dan jaringan Wi-Fi tersebut.

Jika Anda mencoba untuk mengetahui password Wi-Fi yang tidak Anda miliki aksesnya, itu bukan hanya tidak etis, tetapi juga melanggar hukum dan dapat menyebabkan masalah hukum dan keamanan yang serius.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menghargai privasi dan keamanan orang lain. Jika Anda memerlukan akses ke jaringan Wi-Fi yang bukan milik Anda, Anda harus meminta izin pemilik jaringan terlebih dahulu dan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh mereka untuk memperoleh akses.

Baca Juga :   Download Lagu Mp3 Full Album Mudah Cepat Dan Aman 2023

Cara Mengetahui Password WiFi di HP

Mengetahui password WiFi dapat sangat membantu jika Anda ingin terhubung ke jaringan WiFi yang sudah terdaftar pada perangkat Anda atau jika Anda ingin berbagi password dengan orang lain.

Namun, sebelum saya membahas cara mengetahui password WiFi di HP, penting untuk diingat bahwa membobol jaringan WiFi yang tidak sah dan tanpa izin adalah ilegal dan dapat berdampak buruk pada keamanan jaringan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui password WiFi di HP, dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memeriksa Stiker pada Modem/Router

Cara pertama dan paling mudah adalah dengan memeriksa stiker pada modem/router.

Biasanya, stiker tersebut terletak di bagian bawah atau belakang modem/router, dan mencantumkan informasi penting termasuk nama jaringan WiFi dan passwordnya. Jika stiker tersebut masih ada, Anda dapat menemukan password WiFi dengan mudah.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengetahui password WiFi. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan aplikasi semacam ini dan pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan aman.

Beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan adalah WiFi Map, WiFi Key Recovery, dan WiFi Password Recovery.

3. Minta Password dari Pemilik Jaringan WiFi

Cara terakhir adalah dengan meminta password dari pemilik jaringan WiFi. Jika Anda terhubung ke jaringan WiFi di tempat umum seperti kafe atau restoran, biasanya mereka akan memberikan password WiFi jika Anda meminta dengan sopan.

Namun, jika jaringan WiFi terhubung ke perangkat di rumah atau kantor, pastikan untuk mendapatkan izin dan persetujuan sebelum meminta password dari pemilik jaringan.

Rekomendasi Aplikasi untuk Mengetahui Password WiFi

Internet kini telah menjadi kebutuhan masyarakat, mulai dari melakukan streaming, browsing, hingga game online dan lain sebagainya. Selain paket data, berlangganan jaringan WiFi juga menjadi pilihan untuk akses internet. Namun, ada banyak orang yang mencari cara mudah untuk terhubung ke jaringan WiFi orang lain.

Berikut adalah beberapa aplikasi Android yang dapat digunakan untuk mengetahui password WiFi:

1. AndroDumper

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengetahui password WiFi orang lain. AndroDumper dapat mendeteksi nama jaringan WiFi terdekat dan menampilkan password dari jaringan WiFi tersebut.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah mampu menampilkan banyak daftar jaringan WiFi terhubung. Namun, kekurangannya adalah tidak tersedia di Google Play Store, sehingga pengguna harus mengunduhnya dari link tertentu.

2. WiFi WPS Connect

Aplikasi ini juga dapat membantu mengakses jaringan WiFi tanpa password. WiFi WPS Connect dapat digunakan pada perangkat yang sudah di-root maupun yang belum di-root.

Baca Juga :   Cek NISN Dengan Nama Siswa, Sekolah Bisa Lewat HP & Mudah

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki kinerja yang maksimal. Namun, kekurangannya adalah PIN yang diberikan sering salah dan gagal. Pengguna dapat mencoba beberapa kali dan di jaringan WiFi yang berbeda.

3. WiFi Warden

WiFi Warden adalah aplikasi yang dikembangkan oleh developer NUCONCEPTS dan dapat digunakan di perangkat Android.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi Anda sehingga Anda dapat memutuskannya. Anda dapat memutuskan perangkat yang terhubung tanpa seizin Anda.

Namun sebaliknya, Anda juga dapat terhubung dengan jaringan WiFi orang lain dengan melihat password pada jaringan WiFi tersebut menggunakan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menguji kecepatan jaringan WiFi Anda.

Yang menarik, pengujian kecepatan dapat dilakukan pada semua jaringan WiFi, dan aplikasi ini akan memberikan kata sandi terbaik untuk Anda. Namun sayangnya, untuk menggunakannya secara maksimal, Anda perlu melakukan rooting pada perangkat yang digunakan.

4. WPSApp

WPSApp adalah aplikasi keren yang memungkinkan Anda terhubung ke jaringan WiFi dengan sangat mudah karena pengembangnya akan memberikan kata sandi terbaik yang dapat dicoba oleh pengguna.

Sebelum terhubung ke jaringan yang dipilih, akan muncul tanda merah yang menandakan jaringan aman, namun jika tanda bukan warna merah, maka dapat dikatakan jaringan tersebut kurang aman.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan rooting pada perangkat yang digunakan agar penggunaannya menjadi maksimal.

5. NetStumbler

NetStumbler adalah sebuah aplikasi pembobol WiFi tahun 2023 yang cocok digunakan pada PC atau laptop. Penggunaan aplikasi ini cukup kompleks sehingga NetStumbler disarankan bagi orang yang mengerti soal jaringan.

Meskipun begitu, aplikasi ini lebih profesional dibandingkan dengan yang lain karena bisa digunakan di mana saja dan pada jaringan WiFi apa saja.

Kelebihannya meliputi fitur aplikasi yang dapat digunakan pada semua jaringan WiFi, dapat melihat password dari semua jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat yang bersangkutan, dan membantu mengarahkan antena untuk tautan WLAN jarak jauh.

Namun, kekurangannya adalah memiliki antarmuka yang sulit karena memang dikhususkan untuk profesional dan tingkat keberhasilan bagi pemula cukup rendah.

6. AirCrack

Selanjutnya ada AirCrack atau AirCrack-ng, sebuah aplikasi pembobol WiFi yang dapat digunakan untuk mendapatkan kode WiFi.

Cara penggunaannya mudah dan hanya dengan fitur pemindaian, secara otomatis aplikasi ini dapat mengetahui password dari kode WiFi tersebut. Jika berhasil, pengguna dapat langsung mengakses internet sepuasnya.

Penutup

Itulah beberapa cara mengetahui password WiFi yang bisa Anda lakukan melalui laptop, ponsel, beserta rekomendasi aplikasinya.