Cek NISN Dengan Nama Siswa, Sekolah Bisa Lewat HP & Mudah

Ida Indriani April 15, 2024

prima.or.id – Semua pengecekan bisa dilakukan secara online, mulai dari pengecekan nama, no kartu keluarga, bahkan sampai Cek Nisn dengan Nama pun kini sudah bisa dilakukan secara online. Hal tersebut karena perkembangan teknologi yang sangat canggih dan hampir semua orang sudah menggunakan smartphone dan sudah canggih akan teknologi yang bisa memudahkan kita untuk melakukan apapun. NISN atau nomor induk siswa nasional ini merupakan kode pengenal identitas siswa semasa dia sekolah.

NISN atau nomor induk siswa nasional ini diberikan kepada para peserta didik yang memiliki status sebagai pelajar yang masih bersekolah di satuan pendidikan. Dimana pelajar tersebut memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional atau (NPSN) dan sudah terdaftar di dalam Refrensi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi atau (Kemendikbud Ristek). Jadi, apabila kalian ingin cek NISN dengan nama, maka datanya harus ada di dalam database Kemendikbud Ristek ya.

Fungsi NISN itu sendiri sangat penting untuk berbagai hal dikehidupan siswa. Contohnya saja seperti pemberian Bantuan Operasional Siswa (BOS), ujian nasional, lalu nomor induk siswa nasional atau NISN ini juga bisa digunakan sebagai seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Bagaimana Cara Cek NISN Siswa?

Bagaimana Cara Cek NISN Siswa?

Bagi yang ingin mengetahui nomor induk siswa nasional atau NISN. Kalian bisa cek nisn kalian secara online tanpa harus repot-repot datang ke sekolah atau kemanapun itu. Karena hanya melalui internet saja kalian sudah bisa melihat nomor induk siswa nasional atau NISN kalian masing-masing. Lalu bagaiaman cara untuk cek nisn dengan nama? Di bawah ini kami akan menjelaskan caranya, yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu buka website nya kemendikbud.go.id. Kemudian akan muncul form pencarian nama maukkan “Nama”, “Tempat Lahir”, “Tanggal Lahir”,  dan “Nama Ibu”.
  2. Setelah itu, silahkan kalian centang pada kotak verifikasi “I’m not a robot”.
  3. Kemudian kalian tinggal klik “Cari Data” saja untuk mencari informasi terkait nomor induk siswa nasional atau NISN.
  4. Selesai dan selamat mencoba.

Apa Saja Manfaat NISN?

Apa Saja Manfaat NISN?

Semua memiliki kegunaan masing-masing, begitupun dengan nomor induk siswa nasional atau NISN yang memiliki manfaat yang bisa kalian dapatkan dari nomor induk siswa nasional ini. NISN ini memiliki manfaat yang beragam, seperti:

  1. Pertama NISN ini memiliki manfaat yaitu dapat mengidentifikasi setiap individu siswa atau peserta didik yang ada di seluruh sekolah se-Indonesia secara berkesinambungan, standar, dan juga konsisten.
  2. Kemudian NISN ini juga sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa atau NISN secara online bagi unit-unit kerja di Kemendikbud. Lalu Dinas Pendidikan Daerah sampai sekolah yang bersifat terus terpadu, standar, dan memiliki akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.
  3. Selanjutnya dengan NISN ini memiliki manfaat sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan. Kemudian juga sebagai statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik pada tingkat pusat, terus juga provinsi, maupun kota, terus kabupaten hingga sekolah. Seperti Pip atau KIP Kuliah, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Sistem seleksi masuk PTN dan Ujian Nasional.
Baca Juga :   Cara Mengganti Background Foto di HP Dengan/Tanpa Aplikasi

Itu dia beberapa manfaat dari NISN yang bisa kalian gunakan untuk berbagai kebutuhan yang ada. Oleh karena itu NISN ini merupakan hal yang penting apalagi bagi peserta didik yang masih melanjutkan sekolahnya.

Kapan NISN diberikan Ke Siswa???

Kapan NISN diberikan Ke Siswa???

Penerapan NISN atau nomor induk siswa nasional ini mulai dilakukan secara otomatis mulai dari tahun pelajaran 2016/2017. Dilansir dari laman resmi nya Kemendikbud, bahwasanya mulai tahun ajaran tersebut NISN akan diberikan secara otomatis kepada siswa atau peserta didik baru pada jenjang pendidikan SD kelas 1 dan juga pada peserta didik jenjang PAUD Dikmas atau Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Penomoran yang secara otomatis ini dilakukan dengan catatan bahwa data siswa tersebut telah diisikan ke dalam aplikasi data pokok pendidikan. Atau sering disebut dengan Dapodik oleh para operator sekolah sebelum batas waktu yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Sistem pengelolaan NISN atau nomor induk siswa nasional ini bahwasanya secara nasional dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud. Program tersebut merupakan bagian dari program Dapodik atau (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud Ristek lho.

Adapun data yang ditampilkan ke publik melalui laman http://nisn.data.kemendikbud.go.id./ dimana laman tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Bagaimana Cara Cek NISN Berdasarkan Sekolah?

Bagaimana Cara Cek NISN Berdasarkan Sekolah?

Selain Cek NISN Dengan Nama, ternyata ada cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengecek nomor induk siswa nasional atau NISN, yaitu dengan cara cek NISN berdasarkan Sekolah. Sedangkan cara untuk mengetahui nisn berdasarkan sekolah, ialah dengan mengakses secara online melalui internet pada laman dapodik NISN. Ini dia langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah kunjungi laman nisn.data.kemdikbud.go.id.
  2. Kemudian setelah laman pencarian NISN sekolah terbuka, lalu kalian pilih menu pencarian berdasarkan NISN.
  3. Setelah itu silahkan kalian masukkan nomor NISN siswa yang akan kita cari nomor NISN-nya.
  4. Kemudian kalian masukkan nama ibu kandung secara lengkap dan benar.
  5. Selanjutnya tekan tombol cari, maka pencarian NISN berdasarkan sekolah yang kalian cari itu akan sesuai kata kunci yang kalian lihat.
  6. Selesai dan selamat mencoba.
Baca Juga :   Download Lagu Mp3 Full Album Mudah Cepat Dan Aman 2023

Itu dia beberapa cara untuk mengecek nomor induk siswa nasional atau NISN berdasarkan sekolah yang bisa kami bagikan kepada kalian semua.

Kenapa NISN Begitu Penting Bagi Siswa?

Kenapa NISN Begitu Penting Bagi Siswa?

Ini dia beberapa alasan kenapa nisn begitu penting bagi sisw. Perlu kalian ketahui sebelumnya bahwa nisn ini merupakan sistem pendataan siswa skala nasional yang memberikan kode identitas yang bersifat unik dan tunggal serta berlaku seumur hidup kepada para siswa yang masih berstatus sekolah. Selain itu juga, NISN atau nomor induk siswa nasional ini bisa dimanfaatkan pada jenjang perguruan tinggi atau kuliah. Ini dia alasan lain kenapa NISN begitu penting.

1. Nomor Tetap Seumur Hidup

Dengan adanya NISN atau nomor induk siswa nasional ini. Para peserta didik tidak perlu lagi berganti nomor induk setiap kali mengalami kenaikan jenjang maupun jenis pendidikan lainnya. Satu nomor induk siswa nasional saja akan digunakan sampai siswa tersebut menamatkan pendidikannya. Jadi, ketika kalian naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tingkatannya contohnya seperti dari SMP naik ke jenjang SMA, nomor NISN kalian itu tidak akan berubah dan akan tetap sama sampai kalian tamat sekolah.

2. Lihat Perkembangan Siswa

Lewat nomor induk siswa nasional atau NISN, maka perkembangan riwayat pendidikan bagi para siswa ini bisa dengan mudah dipantau oleh yang berwenang. Termasuk juga perubahan data yang terjadi pada para peserta didik. Seperti halnya proses mutasi, kemudian tingkat kelulusan siswa sampai data peserta didik yang putus sekolah.

Jadi, dari nomor induk siswa ini bakal ketahuan siapa saja yang berhenti sekolah setelah tamat SD ataupun SMP. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai bahan informasi untuk dorongan upaya pemberantasan putus sekolah. 

3. Supaya Mudah Melanjutkan Ke Pendidikan Yang Lebih Tinggi

Pasalnya menurut Ketua Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif atau biasa disingkat menjadi Asah Pena Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir Kusnanto MM. Pasalnya NISN bagi siswa yang non formal memiliki peran yang sangat penting.

Beliau mengatakan bahwa “NISN ini sangat dibutuhkan oleh para siswa – siswi  dari pendidikan non formal dan ketika akan pindah ke jalur pendidikan yang formal,” kata beliau yang menyampaikan kepada salah satu media online nasional, pada hari Senin (29/2) lalu. 

Beliau juga menjelaskan, tanpa adanya nomor induk siswa nasional atau NISN yang berlaku seumur hidup ini. Para peserta didik yang asal pendidikannya non formal akan mengalami kesulitan ketika mendaftarkan diri ke perguruan tinggi. Oleh karena itu nisn ini sangat penting bagi siswa yang masih sekolah.

Baca Juga :   Cara Daftar Shopee Food Driver 2023 & Syarat Pendaftarannya

Penyebab NISN Belum Terbit

Setelah melakukan cek nisn dengan nama, dan nama kalian belum keluar juga. Stop jangan panik dulu bisa jadi kalian memiliki kesalahan seperti di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama yaitu Peserta Didik bersekolah di Satuan Pendidikan yang telah memiliki NPSN.
  2. Selanjutnya Peserta Didik terdata dengan lengkap, maksudnya semua variabel sudah terisi. Meliputi: NIK, Nama Peserta Didik, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nama Ibu Kandung.
  3. Kemudian Peserta Didik belum memiliki NISN di basis data induk Peserta Didik.
  4. Lalu Perekaman data Peserta Didik merujuk pada data DUKCAPIL.
  5. Kemudian Logis. Maksudnya ialah data yang diinputkan ini sudah sesuai dengan dokumen yang ada dan memenuhi persyaratan yang berlaku.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Yang harus kalian lakukan untuk memperbaiki dan peserta didik dengan melalui aplikasi yang bernama VervalPD yang biasa dilakukan oleh operator dapodik satuan pendidikan masing-masing sekolah.

Kenapa NISN Tidak Tampil di VervalPD?

Coba kalian cek nisn dengan nama pada laman resminya. Namun apabila nisn kalian belum tampil di vervalpd ini kemungkinan memiliki penyebab diantaranya yaitu:

  1. Data peserta didik tidak terisi dengan lengkap atau logis sesuai dengan nama dan lain sebagainya. Atau salah satu dari variabel data Peserta Didik ini yang direkam memiliki perbedaan dengan data pada arsip Pusdatin atau mengalami perbedaan dengan sebelumnya.
  2. Selanjutnya bisa jadi karena tidak menggunakan mekanisme Tarik Data ketika melakukan suatu registrasi masuk Peserta Didik di aplikasi pendataan sebelumnya.

Bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? ini dia beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk mengatasi penyebab dari permasalahan di atas, diantaranya yaitu:

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan perbaikan ialah pada data Peserta Didik melalui VevalPD yang dilakukan oleh Operator Dapodik Satuan Pendidikan masing-masing sekolah.
  2. Kemudian langkah berikutnya ialah Operator Sekolah dapat mengajukan Edit Data NISN atau Klaim NISN melalui VervalPD. Dengan catatan bahwa NISN yang akan diklaim oleh operator dapodik ini berstatus Tidak Aktif atau (Data Peserta Didik sudah dikeluarkan dari pendataan sekolah sebelumnya). Dimana data tersebut merupakan milik Peserta Didik yang bersangkutan (identitas padan) serta bukan milik Peserta Didik lainnya.

Akhir Kata

Itu dia beberapa hal yang menyebabkan NISN tidak muncul ketika di Cek NISN Dengan Nama ataupun dengan sekolah. Karena beberapa alasan yang sudah kami jelaskan di atas, oleh sebab itu sering-sering cek nisn dengan nama atau sekolah untuk mengetahui nomor induk kalian itu benar atau salah. Terima kasih.