Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube Otomatis (Chrome/Mozilla Firefox)

Yon Hidaya February 24, 2024

Prima.or.id – Apakah Anda pernah mengalami masalah ketika menggunakan IDM dan tidak muncul di YouTube? Bagi sebagian orang, masalah ini bisa sangat menjengkelkan, terutama bagi mereka yang sering mengunduh video dari platform ini.

Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini akan dibahas cara mengatasi IDM yang tidak muncul di YouTube dengan beberapa solusi yang mudah dan efektif. Jadi, baca terus untuk mengetahui cara mengatasinya!

Apa Itu IDM?

Internet Download Manager (IDM) adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk mempercepat proses unduhan file dari internet. Aplikasi ini mampu membagi file yang akan diunduh menjadi beberapa bagian untuk kemudian diunduh secara bersamaan, sehingga proses unduhan dapat dilakukan lebih cepat.

Selain itu, IDM juga memiliki fitur pause dan resume yang memungkinkan pengguna untuk menghentikan dan melanjutkan proses unduhan kapan saja, serta fitur untuk mengatur jadwal unduhan yang akan dilakukan.

Dengan begitu, IDM menjadi sangat populer di kalangan pengguna internet yang sering melakukan unduhan file dari internet, baik itu video, musik, dokumen, software, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

Silakan lakukan beberapa langkah yang kami bagikan di sini demi bisa mengatasi masalah IDM yang tidak muncul lagi di YouTUbe. Lakukan satu per satu demi membuatmu bisa mengatasi masalah tersebut.

1. Restart IDM

Memang terkadang terjadi masalah saat menggunakan Internet Download Manager (IDM) pada situs web tertentu, seperti tidak munculnya opsi unduhan di YouTube. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah dengan merestart IDM.

Baca Juga :   5 Cara Mengubah PDF ke Word di Laptop Gratis Mudah & Simpel

Untuk merestart IDM, pertama-tama pastikan IDM telah terinstal di komputer Anda. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tutup semua jendela browser yang terbuka.
  • Klik tombol “Start” pada taskbar dan cari “Internet Download Manager” di daftar program.
  • Klik kanan pada “Internet Download Manager” dan pilih “Exit”.
  • Buka kembali IDM dari menu “Start” atau shortcut pada desktop Anda.

Dengan merestart IDM, ini akan memberi kesempatan pada program untuk memperbarui dan memperbaiki masalah yang mungkin muncul saat IDM dijalankan. Jika ini tidak berhasil, Anda dapat mencoba solusi lain seperti memperbarui IDM ke versi terbaru atau menghapus dan menginstal ulang program IDM.

Namun, perlu diingat bahwa masalah munculnya opsi unduhan di YouTube tidak selalu disebabkan oleh IDM. Beberapa faktor lain seperti pengaturan browser, plugin, atau situs web itu sendiri dapat menjadi penyebab masalah tersebut.

Oleh karena itu, selain merestart IDM, pastikan juga untuk memeriksa faktor-faktor lainnya dan mencari solusi yang sesuai untuk masalah yang Anda alami.

2. Install Ulang IDM

Menginstall ulang Internet Download Manager (IDM) dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah IDM yang tidak muncul di YouTube. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall ulang IDM:

  • Uninstall IDM yang sudah terpasang di komputer Anda. Caranya adalah dengan membuka Control Panel, lalu pilih “Programs and Features” (atau “Add or Remove Programs” di beberapa versi Windows). Cari “Internet Download Manager” di daftar program yang terpasang, lalu klik “Uninstall”.
  • Setelah proses uninstall selesai, buka situs resmi IDM dan download file instalasi terbaru dari halaman download. Pastikan untuk memilih versi yang sesuai dengan sistem operasi komputer Anda.
  • Setelah file instalasi IDM terbaru berhasil diunduh, buka file tersebut dan ikuti petunjuk instalasi yang muncul. Pastikan untuk memilih opsi “Complete” atau “Full” installation agar IDM terpasang secara lengkap.
  • Setelah instalasi selesai, buka kembali YouTube dan lihat apakah IDM sudah muncul dan dapat digunakan. Jika masih mengalami masalah, cobalah untuk memeriksa pengaturan IDM dan pastikan bahwa integrasi IDM dengan browser yang digunakan sudah diaktifkan.
Baca Juga :   5 Cara Ganti Password Gmail Yang Lupa Password di HP & Laptop

Dengan menginstall ulang IDM, seharusnya masalah IDM yang tidak muncul di YouTube dapat diatasi. Namun, jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencari solusi lain atau menghubungi tim dukungan IDM untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

3. Update IDM

Ya, melakukan update IDM bisa membantu mengatasi masalah IDM yang tidak muncul di YouTube. Hal ini karena IDM memerlukan update terbaru agar bisa mendeteksi dengan baik berbagai jenis video di situs web, termasuk YouTube.

Berikut adalah cara melakukan update IDM:

  • Buka IDM dan klik menu Help di bagian atas jendela.
  • Pilih Check for Updates untuk memeriksa versi terbaru IDM yang tersedia.
  • Jika ada versi terbaru, klik tombol Update Now dan ikuti instruksi yang muncul di layar.
  • Setelah update selesai, restart IDM dan coba buka kembali YouTube.

Jika setelah melakukan update masalah IDM tidak muncul di YouTube masih berlanjut, maka bisa mencoba solusi lain seperti memastikan bahwa fitur Download diaktifkan di YouTube atau menonaktifkan ekstensi lain yang mungkin menyebabkan konflik dengan IDM.

4. Update Browser

Mengupdate browser juga dapat menjadi solusi jika IDM tidak muncul di YouTube. Ada kemungkinan bahwa versi browser yang digunakan tidak kompatibel dengan IDM. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengupdate browser:

  • Buka browser yang digunakan dan klik tombol titik tiga di sudut kanan atas.
  • Pilih opsi “Settings” atau “Pengaturan” pada menu yang muncul.
  • Gulir ke bawah dan klik “About Chrome” atau “Tentang Opera” (sesuai dengan browser yang digunakan).
  • Browser akan memeriksa pembaruan dan mengunduhnya jika tersedia.
  • Setelah selesai, klik tombol “Relaunch” atau “Mulai Ulang” untuk mengaktifkan pembaruan.

Setelah browser berhasil diupdate, coba kembali untuk membuka YouTube dan lihat apakah IDM muncul. Jika masih tidak muncul, coba untuk mengupdate IDM atau restart komputer.

Baca Juga :   Cara Live di TikTok Bisa Via HP Laptop atau PC Tanpa 1000 Followers

5. Restart Proses Explorer.exe

Memulai kembali Process Explorer.exe bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah IDM yang tidak muncul di YouTube.

Explorer.exe adalah aplikasi sistem operasi Windows yang bertanggung jawab untuk mengelola tampilan desktop, taskbar, dan file explorer.

Proses ini terkadang dapat terganggu atau rusak, sehingga mempengaruhi kinerja aplikasi lain seperti IDM. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memulai ulang process explorer.exe:

  • Tekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” pada keyboard untuk membuka Task Manager.
  • Di tab “Processes”, cari “Windows Explorer” atau “explorer.exe”.
  • Klik kanan pada “Windows Explorer” atau “explorer.exe”, lalu pilih “End Task” untuk mengakhiri proses tersebut.
  • Klik menu “File” di Task Manager, lalu pilih “Run new task”.
  • Ketik “explorer.exe” dan centang opsi “Create this task with administrative privileges”.
  • Klik “OK” untuk memulai ulang process explorer.exe.

Setelah itu, coba jalankan kembali YouTube dan IDM untuk melihat apakah masalah sudah teratasi. Jika tidak, Anda bisa mencoba solusi lain seperti menghapus ekstensi IDM yang tidak kompatibel atau memperbarui driver perangkat keras pada komputer Anda.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengatasi IDM tidak muncul di YouTube yang bisa Anda lakukan. Jika masih tidak bisa, coba beli IDM Premium yang resmi, mungkin Anda menggunakan kode ilegal untuk mengaktifkannya.