13 Tempat Wisata di Jakarta Yang Instagramable Bisa Naik Busway

Angelia Ciptariska April 16, 2024

Prima.or.id – Jakarta merupakan Ibukota Indonesia yang mana dikenal dengan banyaknya Gedung-gedung pencakar langit dan destinasi wisata yang beragam. Jakarta juga disebut sebagai kota Metropolitan dikarenakan Jakarta menjadi salah satu kota yang memiliki jumlah perantau yang besar, karena beberapa dari mereka menganggap bahwa Jakarta menjadi pusat perekonomian yang tinggi.

Dibalik kesibukan hiruk pikuk kota Jakarta, ternyata juga menyimpan banyak sekali objek wisata yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sekaligus menyegarkan pikiran dari lelahnya bekerja. Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Jakarta yang amat sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin pergi ke Jakarta!

Daftar Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib DiKunjungi

Berlibur bersama keluarga memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk pergi berlibur ke Jakarta, tetapi bingung menentukan tempat wisata terbaik di Jakarta? Tak perlu risau, di bawah ini ada 13 daftar tempat wisata di Jakarta yang bisa dijadikan pilihan untuk berlibur bersama keluarga!

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat wisata di Jakarta yang paling direkomendasikan adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di mana tempat yang berada di Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini memiliki banyak wahana yang sangat mengedukasi, Anda bisa melihat beragam miniature cantik mulai dari rumah adat, taman bunga, taman dinosaurus, Gedung teater hingga museum yang bisa dikunjungi di Taman Mini. Untuk harga tiket masuknya pun tergolong murah sekitar Rp25.000 per orang. Ada satu ikon wahana Taman Mini yang paling diminati oleh para pengunjung yaitu istana Anak Indonesia yang mana bangunannya berbentuk kastil yang besar dan megah.

2. Monumen Nasional (Monas)

Selanjutnya, ada Monumen Nasional atau biasa disebut dengan Monas ini bisa menjadi tempat wisata yang paling popular di Jakarta. Di mana ini berlokasi di Jalan Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Bahkan Monas ini menjadi salah satu ikon Kota Jakarta.

Monumen Nasional merupakan sebuah monument yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang rakyat dalam perebutan kemerdekaan Indonesia dari tangan Belanda yang mana memiliki ketinggian 132 meter.  Yang menarik dari Monas ini adalah di bagian atas sendiri dibuat dari emas dan Anda juga bisa masuk dan melihat kota Jakarta dari atas Monas. Untuk tiket masuknya pun sekitar Rp. 15.000 per orangnya.

Baca Juga :   18 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Terkenal Dan Viral

3. Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata Kebun Binatang Ragunan selalu menjadi destinasi favorite bagi keluarga yang ingin mengajarkan dan mengenalkan anak-anak tentang beragam jenis hewan. Destinasi ini berlokasi di Jalan Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan. Di Ragunan ini Anda bisa menemukan beragam spesies hewan mulai dari primata, ikan, mamalia, unggas, hingga reptil. Bahkan jumlah satwa yang telah tercatat ada sekitar kurang lebih 300 jenis hewan yang ada di kebun binatang Ragunan ini.

4. Dunia Fantasi Ancol (Dufan)

Selanjutnya, tempat wisata di Jakarta yang paling direkomendasikan adalah Dunia Fantasi Ancol (Dufan) yang mana berlokasi di Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara ini menyimpan beragam jenis keseruan dalam wahana bermain. Dufan Ancol ini memiliki puluhan wahana bermain yang bisa menyenangkan hati keluarga Anda. Bahkan tempat ini juga menjadi salah satu destinasi yang tak pernah sepi pengunnung, apalagi saat liburan tiba maka akan sangat ramai dan penuh. Bagi Anda yang ingin datang kemari bisa langsung membeli tiketnya yang mana harga tiket masuknya dibandrol sekitar Rp.265.000 sampai dengan Rp. 600.000 per orangnya.

5. Sea World Ancol

Selain Dufan, Anda juga bisa mengunjungi Sea World Ancol yang terletak di Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara ini memberikan Anda liburan bernuansa yang seru dan berbeda. Karena Anda akan menikmati dan mengenal beragam jenis biota laut yang mana Anda menyusuri lorong-lorong akuarium raksasa yang mana di setiap langkah kaki Anda bisa melihat ikan-ikan berjalan di samping kanan kiri hingga di atas kepala Anda.

Di Sea World Ancol ini Anda juga bisa menelusuri terowongan bawah air, berinteraksi dengan hewan air sampai dengan menyaksikan pemberian makan biota laut. Untuk harga tiket masuknya pun cukup terjangkau yakni Rp. 110.000 sampai dengan Rp. 130.000-an saja. Anda bisa mengajak keluarga sambil belajar jenis-jenis hewan laut.

6. Pantai Ancol

Masih seputar membahas wisata Ancol, kali ini Anda bisa datang mengunjungi Pantai Ancol saat Anda sedang berada di Jakarta. Pantai yang berlokasi di Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk berlibur dan melepas lelah karena tekanan pekerjaan. Anda akan menikmati keindahan paisr putih, deburan ombak sambil menikmati matahari terbenam. Untuk tiket masuknya pun Anda cukup membayar sebesar Rp. 25.000 per orangnya.

Baca Juga :   11 Tempat Wisata di Surabaya Yang Murah Dan Bagus Seperti di Jepang

7.  Taman Ismail Marzuki

Kemudian, tempat wisata di Jakarta yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Ismail Marzuki yang mana lokasinya berada di Jalan Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat. Tempat ini merupakan tempat pentas seni seperti pertunjukan musik, teater, drama, pembacaan puisi dan lain sebagainya yang berbau dengan kesenian.

Bukan hanya menyediakan hal-hal kuat tentang dunia kesenian, di Taman Ismail Marzuki ini juga memiliki beberapa bagian terbaiknya seperti teater modern, galeri bioskop, balai pameran, Gedung arsip dan juga perpustakaan Jakarta yang sangat modern. Maka, berkunjung ke sini bersama keluarga akan terasa sangat menyenangkan sekaligus anak akan belajar banyak hal tentang seni di sini.

8.  Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa juga bisa ditunjuk sebagai tempat wisata yang bisa Anda kunjungi jika Anda ingin berlibur ke Jakarta. Tempat yang beralamat di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara ini merupakan salah satu wisata Bahari yang mana Anda akan melihat banyak sekali perahu – perahu raksasa yang tengah berlabuh di dermaga. Menariknya lagi, para pengunjung yang datang kemari adalah untuk mengabadikan momen cantik dengan banyak mengambil foto dan pemandangan yang epik. Maka dari itu, jika Anda tengah berlibur ke Jakarta sempatkan diri untuk datang dan menikmati keindahan pemandangan Pelabuhan Sunda Kelapa ini.

9. Kepulauan Seribu

Tempat wisata terpopuler di Jakarta lainnya adalah Kepulauan Seribu, di mana terletak di sebelah utara Jakarta yang merupakan wisata Bahari yang bisa Anda kunjungi. Seperti namanya, Kepulauan Seribu ini ternyata memiliki banyak sekali pulau – pulau kecil di sekelilingnya, di antaranya seperti Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Harapan, Pulau Pari, dan masih banyak lagi. Tapi, untuk Anda yang ingin berkunjung kemari pastikan Anda harus menyebrang laut dengan kapal laut dari Muara Angke, Jakarta Utara.

Selain bisa menikmati keindahan laut, Anda juga bisa mencoba beragam olahraga air yang tersedia di sini hingga Anda juga bisa berenang dan melakukan diving melihat keindahan dunia bawah laut di Kepulauan Seribu.

10. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Jakarta yang menyuguhkan spot foto dan pemandangan yang indah. Bahkan lokasi ini tak jarang dijadikan tempat berfoto terbaik bagi anak – anak muda. Pasanya, Jembatan Kota Intan memiliki tampilan unik yang pas jika dijadikan background dalam foto.

Jembatan Kota Intan juga menjadi salah satu jembatan tertua yang mana sudah ada sejak abad ke-17 dan memiliki panjang sekitar 30 meter.

Baca Juga :   15 Tempat Wisata di Bandung Yang Lagi Hits Dan Instagramable

11. Museum Fatahillah

Selanjutnya, tempat yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Jakarta adalah Museum Fatahilah yang mana ini berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang biasanya menjadi langganan para pelajar.

Museum Fatahilah sendiri merupakan museum yang menjadi saksi para pejuang Kemerdekaan Indonesia dalam melawan para penjajah. Bahkan nama Fatahilah sendiri di ambil dari sosok pejuang Kemerdekaan Indonesia yang dengan gagah berani melawan Belanda. Di dalam museum yang menajdi saksi bisu perjalanan Indonesia ini, Anda akan menemukan beragam miniature zaman penjajah hingga foto-foto bersejarah saat masa penjajahan dan saat Jakarta masih menjadi Batavia.

12. Ice Skating Mall Taman Anggrek

Anda ingin merasakan skating di atas es seperti di luar negeri? Kali ini, Anda bisa menemukannya di Jakarta. Ice Skating Mall Taman Anggrek ini terletak di Jakarta Barat yang mana sangat cocok bagi Anda dan keluarga yang penasaran bagaimana rasanya skating di atas es.

Luas wahana es skating ini sebesar 1.248 meter persegi, bahkan bukan hanya berseluncur di atas es saja, Anda juga bisa bermain hockey seperti film – film Amerika. Jika Anda datang kemari di jamin akan menjadi salah satu pengalaman menyenangkan bagi keluarga. Untuk datang ke Ice Skating Mall Taman Anggrek ini Anda juga harus menyiapkan beberapa peralatan seperti sepatu skating, baju hangat, dan sarung tangan. Anda juga bisa menyewanya di tempat ini.

13. Cibubur Garden Dairy

Kemudian, ada Cibubur Garden Dairy yang mana wisata ini terletak di daerah Cipayung, Kota Jakarta Timur ini akan memberikan Anda suatu pengalama yang berharga ketika Anda memilih berlibur di Jakarta. Di mana di tempat ini Anda dan keluarga akan diajak untuk mengenal dan belajar bersama tentang berternak sapi dan memerah susu sapi. Anda juga akan diajak untuk memberi makan sapi, memeras susu sapi langsung, mengolah susu dan mencicipi produk – produk olahan susu sapi.

Jika Anda berkunjung kesini, Anda juga akan mendapatkan souvenir cantik yang diberikan secara Cuma – Cuma oleh pengelola Cibubur Garden Diary ini. Anda juga bisa membeli beberapa produk olahan susu yang dijual di sini.

Ada banyak destinasi wisata yang ada di Jakarta yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga mulai dari wisata edukasi, wisata Bahari hingga wisata wahana bermain yang bisa Anda coba. Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi tempat wisata popular di Jakarta yang bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum pergi berwisata ke Ibukota Jakarta.