5 Cara Cek Kartu 4G LTE untuk Semua Operator Dengan Mudah

Anah Widiastuti June 22, 2024

Prima.or.id – Untuk mendapatkan jaringan yang lebih luas tanpa kendala, kalian bisa menggunakan jaringan 4G yang sudah tersedia untuk semua jenis provider. Maka dari itu, penting untuk kalian mengetahui bagaimana Cara Cek Kartu 4G yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Mungkin masih banyak diantara pengguna ponsel yang belum mengetahui cara tersebut.

Untuk semua jenis smartphone sendiri memang sudah menyediakan layanan 4G didalamnya. Seperti halnya dengan kartu provider yang kalian gunakan saat ini. Meskipun para pengguna yang sudah bertahun-tahun menggunakan sebuah kartu tertentu, namun masih banyak batasan akses 3G didalamnya. Oleh karena itu, kalian wajib untuk mengecek kartu sudah 4G atau belum.

Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan jangkauan yang lebih luas dan bisa berselancar di internet kapan saja tanpa Kendala apa pun. Tentu saja tips dan Cara Cek Kartu 4G masih banyak di bahas oleh kalangan pengguna ponsel. Berikut ini, kami akan bagikan ulasannya secara detail yang bisa kalian terapkan dengan mudah. Jadi, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

5 Cara Cek Kartu Sudah 4G atau Belum

Cara Cek Kartu 4G

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kartu sudah 4G atau belum. Dan kalian bisa melakukannya dengan mudah, melalui perangkat android yang digunakan. Tentu saja proses yang diberikan sangat cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama lagi. Bagi kalian yang sedang mencari Cara Cek Kartu Sudah 4G atau Belum silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Melalui Via Setting HP

Dan cara pertaam yang bisa kalian coba adalah Melalui Via Setting HP yang bisa dilakukan dengan mudah. Baik menggunakan perangkat android atau IOS sekalipun, kalian dapat menerapkannya secara praktis. Dan ketahui apakah perangkat yang kalian gunakan sudah mendukung jaringan 4G atau belum melalui settingan di HP.

Tentu saja cara ini sangat efektif, dan sudah banyak diterapkan oleh para pengguna ponsel. Kalian bisa mengaplikasikannya untuk seluruh operator tanpa memakan biaya dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak panduannya berikut ini.

  1. Langkah pertama, masuk ke Pengaturan di HP
  2. Pilih menu Koneksi dan klik Jaringan Seluler
  3. Setelah itu, masuk ke menu Mode Jaringan SIM
  4. Maka akan muncul seputar jaringan LTE 4G
  5. Selesai
Baca Juga :   Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Hijau WA (Verified Badge)

Jika perangkat yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G didalamnya, maka akan tertulis LTE dengan jelas dan begitupun sebaliknya. Tentu saja proses pengecekan kartu 4G melalui setting sangat mudah sekali bukan? Pastikan untuk mencari tipe HP nya terlebih dahulu di Google dan ketahui beberapa informasi seputar jaringan 4G.

Melalui Kode USSD

Cara cek kartu 4G lainnya yang bisa kalian terapkan secara langsung adalah Melalui Kode USSD. Masih sama seperti diatas, jika cara ini bisa kalian selesaikan dengan mudah dan ketahui informasi seputar 4G secara akurat. Tentu saja masing-masing provider memiliki nomor yang sangat beragam. Dan kalian bisa mengikuti beberapa langkah mudah untuk mengetahui kartu sudah 4G atau belum.

  1. Buka dial up di HP
  2. Dan ketik USSD *888*47# > tekan Call
  3. Jika sudah, klik Cek Kartu
  4. Maka akan muncul informasi Kartu
  5. Selesai

Dan informasi yang kalian cari tentang jaringan 4G di telkomsel ini bisa di ketahui dengan mudah. Selain itu, sistem juga akan menampilkan pop up dengan bertuliskan kartu sudah 4G. Mudah sekali bukan untuk kalian terapkan secara langsung.

Melalui Aplikasi Provider

Cara mudah lainnya yang bisa kalian lakukan untuk cek jaringan 4G dengan mudah yaitu Melalui Aplikasi Provider. Sama seperti cara diatas, kalian bisa menyelesaikannya dengan cepat dan praktis. Tentu saja aplikasi provider sudah banyak kalian temukan saat ini biasanya untuk memudahkan kalian membeli pulsa, paket data dan lainnya.

Pasalnya, didalam aplikasi provider sendiri sudah menyediakan fitur pengecekan jaringan 4G yang bisa kalian lakukan dengan mudah. Misalnya, aplikasi MyTelkomsel dan untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat detail dan panduannya sebagai berikut.

  • Telkomsel : MyTelkomsel
  • XL : MyXL
  • Indosat : MyIM3
  • Smartfren : MySF Self Care
  • Tri (3) : Bima+

Ada pun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kartu sudah 4G atau belum. Dan silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi provider di perangkat masing-masing
  2. Setelah itu, registrasi dengan nomor kartu serta password yang didapatkan dari SMS
  3. Di Beranda, klik symbol 4G Ready
  4. Di laman selanjutnya, akan terlihat kesiapan kartu menggunakan jaringan 4G
  5. Selesai

Melalui Customer Service

Kalian juga dapat melakukan pengecekan 4G melalui bantuan Customer Service. Jadi, kalian dapat mengecek nomor Customer Service melalui provider yang digunakan dengan mudah. Dan kalian bisa menghubungi mereka dan menanyakan apakah kartu sudah 4G atau belum. Untuk lebih detailnya, berikut ini kami berikan beberapa nomor Customer Service semua provider yang bisa kalian hubungi secara bebas.

  • Telkomsel :188
  • Xl Axiata  : 817
  • Tri : 123
  • Indosat : 185
  • Axis : 838
  • Smartfren : 888
Baca Juga :   Cara Download Video Facebook (FB) Ke Galeri Tanpa Aplikasi

Melalui SIM Card

Untuk cek kartu 4G atau belum selanjutnya yang bisa kalian coba adalah melalui sim card yang bisa diterapkan dengan mudah. Pasalnya, semua kartu sendiri sudah diberikan label jaringan 4G. Dan semua ini berlaku untuk semua sim card mulai dari Telkomsel, XL, Tri, Indosat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu membuka dan lihat tulisan 4G di kartu SIM tersebut. Jika sudah tersedia, maka kalian sudah berhasil menggunakan jaringan 4G tersebut. Mudah sekali bukan?

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Semua Operator Online

Cara Cek Kartu 4G

Perlu diketahui, jika banyak sekali kemudahan bagi pengguna yang sudah menggunakan jaringan 4G. Pasalnya beberapa keunggulan yang bisa kalian dapatkan adalah bisa download dengan kecepatan 300 Mbps dan kecepatan Uplink sampai 15 Mbps. Dan pastinya penggunaan jaringan 4G lebih berkualitas dan banyak diminati oleh semua orang.

Tentu saja akan sangat ketinggalan jaman ketika kalian masih menggunakan kartu dengan akses jaringan 2G atau 3G. Maka dari itu, kalian bisa melakukan upgrade dengan mudah dan prosesnya sangat cepat. Sebelum masuk ke pembahasan, pastikan untuk mengetahui beberapa syarat dan ketentuannya dibawah ini.

Syarat dan Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel

Cara Cek Kartu 4G
  • Pengguna telkomsel prabayar dan telkomsel Halo
  • Melunasi semua tagihan untuk semua pelanggan kartu Halo
  • Menyiapkan identitas seperti eKTP/Paspor/Kitas/Kitap, Kartu keluarga, foto sendiri (selfie bagian wajah), foto sendiri memegang kartu identitas dan alamat email
  • Foto sendiri dan memegang kertas dengan tulisan ganti Kartu dengan tanda tangan serta tanggal pemesanan. Selain itu, sisipkan ukuran foto yang di unggah tidak lebih dari 10MB per file

Jika sudah memenuhi semua Syarat dan Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel, maka kalian bisa menerapkannya dengan mudah melalui panduan yang akan kami berikan dibawah ini.

  1. Masuk ke situs telkomsel.com/contact-us/my-grapari
  2. Setelah itu, masuk ke menu Layanan Grapari Online >> klik Ganti Kartu
  3. Maka akan dialihkan ke laman baru, kalian bisa memasukkan nomor HP serta alamat email yang aktif
  4. Kemudian, masukan nomor Hp serta email masing-masing
  5. Tunggu beberapa saat sampai telkomsel mengirimkan kode OTP ke email kalian
  6. Silahkan masukkan kode OTP yang berhasil di kirimkan, dan ikuti proses upgrade kartu 3G ke 4G sesuai petunjuk yang diberikan
  7. Selesai
Baca Juga :   Cara Menghapus Halaman Facebook atau Fans Page Lewat PC dan HP

Cara Upgrade 4G Kartu Tri Secara Online

Cara Cek Kartu 4G

Cara Upgrade 4G Kartu Tri Secara Online bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis, berikut ini kami akan bagikan tutorialnya dibawah ini.

  1. Masuk ke halaman perdana.tri.co.id/4G pada browser
  2. Setelah itu, masukkan nomor Tri serta detail pengiriman
  3. Kemudian, tunggu sampai kartu dikirimkan ke alamat masing-masing
  4. Jika sudah sampai, masukkan penerima 123 dan klik SIM (spasi) 20 digit nomor ICCID dibelakang kartu 4G
  5. Lalu tekan OK ketika mendapatkan notifikasi
  6. Lalu masukkan kartu 4G Sim card terbaru dan tunggu sms dari 765
  7. Setelah menerima SMS balas dengan menggunakan format CODE (spasi) kode penggantian SIM yang diterima
  8. Kalian bisa mengikuti langkah selanjutnya, hingga Tri memberikan konfirmasi pergantian SIM tersebut

Cara Upgrade Kartu XL 3G ke 4G Secara Online

Cara Cek Kartu 4G
  1. Masuk ke situs XL https://prioritas.xl.co.id/apply/layanan-xl-center pada browser
  2. lalu masuk ke laman Ganti Kartu
  3. dan masukkan nomor HP kartu XL 3G
  4. Masukkan data diri dengan lengkap mulai dari nama, NIK, nomor KK dan nomor handphone
  5. Klik selanjutnya untuk masuk ke tahap pergantian
  6. Jika sudah, kalian bisa mengambil kartu 4G XL di center XL terdekat atau bisa mengirimkan secara langsung ke alamat kalian
  7. Selesai

Cara Upgrade Kartu Indosat 3G ke 4G

Cara Cek Kartu 4G
  1. Masuk kesitus indosatooredoo.com/portal/id/4gconversion-cjwj
  2. Kemudian, scroll ke bawah untuk menemukan form yang bisa di isi untuk ganti kartu
  3. Dan isi informasi secara lengkap misalnya nama, nomor 3G yang akan diupgrade menjadi 4G lalu alamat lengkap
  4. Klik saya bukan robot dan kirim
  5. Maka kalian akan menerima kartu 4G indosat yang akan dikirimkan ke alamat masing-masing
  6. Buka HP yang menggunakan kartu 3G, dan ketika Ganti kirim ke 4949
  7. Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan kode OTP
  8. Setelah itu masukkan kartu SIM 4G ke dalam HP lalu buka menu panggilan dan ketik *4949#, masukkan OTP yang diterima sebelumnya
  9. Tunggu sampai selesai

Penutup

Sekian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Cek Kartu 4G untuk bisa kalian terapkan dengan mudah. Tentu saja kalian bisa mengubanya secara praktis untuk mendapatkan jaringan 4G yang lebih luas dan membuat jaringan internet lebih cepat ketika di akses. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya, sekian dan terimakasih.