Bacaan Niat Sholat Tahajud & Tata Caranya Serta Keutamaannya

Yon Hidaya May 24, 2024

Prima.or.id – Sholat sunnah tahajud seringkali disebut sholat malam. Sholat tersebut dilakukan pada malam hari setelah tidur. Adapun mengenai waktu melaksanakan sholat sunnah tahajud memang cukup panjang yaitu mulai dari sesudah isya sampai sebelum masuk sholat subuh. Kini niat sholat tahajud juga perlu dipelajari.

Sebetulnya waktu paling diutamakan untuk melakukan sholat sunnah adalah sepertiga malam terakhir. Meskipun sholat sunnah ini sering disebut sholat malam. Tetapi tidak semua dari sholat malam itu sholat tahajud.

Waktu Paling Tepat Mengerjakan Sholat Tahajud

Sebelum mempelajari tentang niat sholat tahajud. Kali ini waktu melaksanakan sholat tahajud juga harus diketahui. Adapun beberapa waktu paling tepat sholat tahajud yakni:

  • Pukul 19.00 hingga pukul 22.00.
  • Pukul 22.00 hingga 01.00 dini hari.
  • Pukul 01.00 hingga memasuki waktunya sholat subuh.

Tentunya dari ketiga waktu yang sudah tersedia. Ada waktu paling utama untuk melaksanakan sholat tahajud yakni sepertiga malam terakhir yakni berkisar pukul 01.00 dini hari hingga menjelang sholat subuh. Pada jam tersebut, Allah mengabulkan seluruh permintaan hamba-Nya.

Bacaan Niat Sholat Tahajud

Perlu kita ketahui jika membaca niat sholat tahajud sangat penting dilakukan. Sholat yang dikerjakan tidak akan terbilang sah jika seseorang tidak membaca niat terlebih dahulu. Alangkah baiknya sebelum menunaikan sholat sunnah tahajud, niatkan dalam hati untuk menjalankan sholat tersebut beserta jumlah rakaatnya.

Baca Juga :   Doa Mandi Wajib Lengkap Dengan Tata Cara Sekaligus Keutamaannya

Jangan sampai lupa juga lebih memantapkan diri terhadap tujuan menjalankan sholat di waktu tengah malam ini. Adapun bacaan niat sholat tahajud tentu saja tidak perlu lagi di baca keras. Cukup diucapkan dalam hati saja.

Sholat tahajud dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Inilah bacaan niat sholat tahajud yang perlu kita ketahui.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى   

“Ushalliii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’aalaa”.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala”.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan sholat yang mempunyai beragam keutamaan untuk orang yang menjalankannya. Inilah mengapa penting sekali untuk kita mengerti tata cara melaksanakan sholat tahajud dengan benar.

Berikut inilah penjelasan tata cara sholat tahajud yakni:

  • Niat.
  • Takbiratul ihram sembari niat dalam hati.
  • Berdiri bagi yang mampu.
  • Membaca bacaan doa iftitah.
  • Membaca Alfatihah.
  • Membaca surat pendek.
  • Ruku dengan thumaninah.
  • I’tidal dengan thumaninah.
  • Sujud dua kali.
  • Duduk diantara dua sujud.
  • Duduk tasyahud akhir.
  • Membaca tasyahud akhir pada saat duduk akhir.
  • Membaca sholawat atas Nabi Saw pada saat duduk akhir.
  • Salam.
  • Tertib.

Dzikir Yang Dibaca Setelah Menjalankan Sholat Tahajud

Ketika sudah mengerti tentang tata cara melaksanakan sholat tahajud sekaligus doanya. Berikut inilah beberapa bacaan dzikir yang perlu dibaca setelah melaksanakan sholat tahajud yakni:

  • Bacalah zikir istigfar.
  • Bacalah zikir subhanallah atau tasbih.
  • Bacalah zikir alhamdulillah atau tahmid.
  • Bacalah zikir allahu akbar atau takbir.
  • Bacalah zikir laa ilaaha illallah.
  • Bacalah surat Al-Ikhlas, An-Nas dan Al-Falaq.
  • Selanjutnya ditutup doa akhir tentunya membaca surat Al-Fatihah.

Ketahui Keutamaan Dari Sholat Tahajud

Tidak hanya soal niat sholat tahajud yang perlu dipelajari namun keutamaan dari sholat sunnah tersebut juga penting diketahui. Sholat tahajud mempunyai beragam keutamaan apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Mungkin masih belum banyak yang mengerti tentang keutamaan sholat sunnah tahajud. Adapun penjelasannya yakni:

Baca Juga :   Doa Ziarah Kubur Arab Dan Latin Lengkap Dengan Tata Caranya

1. Lebih mendekatkan diri pada Allah SWT

Keutamaan dari sholat tahajud tentu saja menjadikan seseorang semakin dekat kepada sang pencipta yakni Allah SWT. Malam hari yakni tengah malam menjadi waktu paling tepat untuk berdoa sekaligus mengadu kepada Allah SWT terkait apa yang sudah terjadi.

2. Mampu tempatkan seseorang pada tempat terpuji

Dengan melaksanakan sholat sunnah tahajud maka seseorang akan ditempatkan pada tempat terpuji. Seperti halnya janji Allah SWT bagi orang yang menjalankan sholat tahajud dengan khusyuk maka mereka memperoleh keridhoan dari Allah SWT.

Menjadi seseorang yang memperoleh tempat terpuji di sisi Allah tentu saja menjadi keinginan seluruh umat muslim. Apalagi umat muslim yang begitu taat pastinya ingin diangkat derajat mereka.

3. Waktu paling mustajab memanjatkan doa

Bagi seseorang yang mempunyai keinginan doanya segera terkabul. Alangkah baiknya mencoba melaksanakan sholat sunnah tahajud dengan rutin. Sholat tersebut dilaksanakan minimalnya sebanyak dua rakaat. Setelahnya barulah bisa berdoa sekaligus memohon segala hal sesuai keinginan.

Bukan hanya berdoa untuk hal yang sifatnya duniawi. Namun kita bisa mengutamakan berdoa demi keselamatan akhirat kelak. Berdoa di waktu sepertiga malam terakhir memang menjadi waktu mustajab memanjatkan doa serta tida ada lagi penghalang doa untuk sampai pada Allah SWT.

4. Menjauhkan dari gangguan setan

Setan merupakan makhluk Allah yang tercipta dari api. Setan berusaha mengganggu keimanan anak cucu Adam sampai nanti hari kiamat itu tiba. Tidak mengherankan lagi apabila setan menjadikan manusia semakin malas bahkan jauh dari sholat sunnah tahajud.

Banyak sekali cara yang dijalankan setan agar mampu membujuk rayu manusia lalai sekaligus melupakan segala perintah serta anjuran Allah SWT. Semisal saat seseorang terbangun tengah malam maka setan pun akan berbisik pada telinganya untuk kembali tidur dikarenakan lelah sudah bekerja seharian.

5. Mampu mengusir malas serta nafsu

Adapun cara terbaik untuk seorang muslim dalam mengusir rasa malas dalam dirinya sekaligus menjauhkan dari hawa nafsu tentu saja dengan melaksanakan sholat sunnah tahajud secara rutin.

Baca Juga :   Niat Puasa Nifsyu Syaban Lengkap dengan Waktu Dan Keutamaannya

Sholat tahajud yang dijalankan dini hari membuat manusia semakin siap melalui kesehariannya. Hal ini sudah terbukti mereka yang menjalankan sholat tahajud mampu mengusir rasa malas sekaligus godaan untuk tidur dikarenaan malam masih panjang.

6. Merubah seseorang semakin rendah hati

Adapun keajaiban dari sholat tahajud berikutnya tentu saja mampu menjadikan seseorang semakin rendah hati. Orang yang begitu istiqomah dalam menjaga sholat sunnahnya terlebih sholat tahajud nantinya mampu memperoleh kedamaian hati. Selain itu juga mampu membuat mereka merasa semakin tenang dan lebih rendah hati ketika bermasyarakat.

Orang yang selalu menjaga sholat sunnah tahajudnya juga disenangi sebab kepribadiannya terkesan lemah lembut bahkan baik hati.

7. Mencegah perbuatan dosa

Adapun salah satu manfaat sholat sunnah tahajud pastinya mampu menjauhkan diri kita dari perbuatan dosa. Jadi kita terbebas dari godaan setan maupun hawa nafsu. Hanya dengan menjaga sholat sunnah tahajud di setiap malamnya saja. Dari sini kita semakin terjaga dari adanya niat jahat serta perbutaan dosa, maksiat dan keji.

Hal tersebut bisa dilihat seperti yang berada dalam hadist berikut ini:

“Anda harus melakukan qiyamullail, sebenarnya itu adalah kebiasaan orang-orang yang shalih sebelum anda, mendekati diri anda sendiri kepada Allah Ta’ala, mencegah dosa, menghilangkan kejahatan dan menangkat penyakit dari tubuh”. (HR At Turmudzi, Al-Hakim).

Itulah tadi sekilas ulasan mengenai niat sholat tahajud sekaligus penjelasan penting lainnya. Pastikan kita mampu menjalankan sholat sunnah tahajud ini secara rutin agar mampu merasakan keutamaan dari sholat tersebut.

Penutup

Pastikan kita mampu juga mengamalkan beragam bacaan dzikir yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu bukan hanya pahala yang mampu kita peroleh namun juga keutamaan menarik lainnya.