Doa Qunut Sholat Subuh Latin & Arab Lengkap Dengan Keutamaannya

Yon Hidaya May 25, 2024

Prima.or.id – Doa Qunut adalah salah satu doa yang cukup penting dalam ibadah sholat, terutama pada sholat Subuh. Doa ini biasanya dibaca setelah ruku’ kedua sebelum sujud. Meskipun doa Qunut tidak wajib dilakukan, namun banyak umat muslim yang melakukannya karena mengandung nilai-nilai spiritual yang sangat mendalam.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bacaan, arti, juga manfaat ataupun keutamaan dari membaca doa Qunut, sehingga dapat memperdalam pemahaman kita tentang doa ini dan menjadikannya sebagai amalan yang lebih bermakna.

Apa Itu Doa Qunut?

Doa Qunut merupakan salah satu doa yang sangat penting dalam sholat, terutama pada sholat Subuh. Doa ini umumnya dibaca setelah ruku’ kedua sebelum sujud.

Namun, tidak semua umat muslim melakukannya, karena doa ini tidak wajib dilakukan. Meskipun begitu, banyak dari kita yang memilih untuk melakukannya karena mengandung nilai-nilai spiritual yang sangat mendalam.

Doa Qunut sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya “memohon” atau “berdoa dengan sungguh-sungguh”.

Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar dilindungi dari segala kejahatan, kesulitan, dan bencana yang mungkin menimpa kita. Selain itu, doa Qunut juga mengandung permohonan untuk diberi kekuatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta memohon rahmat dan maghfirah (ampunan) dari-Nya.

Dalam doa Qunut, kita juga mengakui kebesaran Allah SWT dan merendahkan diri di hadapan-Nya. Kita mengakui bahwa hanya Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan kita selalu memohon perlindungan serta bimbingan-Nya dalam setiap langkah yang kita ambil.

Baca Juga :   Bacaan Niat Sholat Tahajud & Tata Caranya Serta Keutamaannya

Oleh karena itu, doa Qunut menjadi salah satu doa yang paling bermakna bagi umat muslim, karena membawa kita lebih dekat kepada Sang Pencipta dan memperkuat iman kita sebagai hamba-Nya.

Bacaan Doa Qunut dan Terjemahannya

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.”

Artinya:

“Ya Allah, berilah petunjuk padaku seperti Engkau memberikan petunjuk pada orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk.

Lindungilah aku seperti Engkau melindungi orang-orang yang telah Engkau lindungi. Peliharalah aku seperti Engkau menjaga orang-orang yang telah Engkau jaga. Berkatilah aku dalam segala yang Engkau berikan padaku.

Dan peliharalah aku dari segala kejahatan yang Engkau takdirkan, karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan takdir dan tidak ada yang dapat menentukan takdir-Mu.

Dan sesungguhnya orang yang Engkau pelihara tidak akan direndahkan, dan orang yang Engkau jadikan musuh tidak akan diberikan kekuatan. Maha Suci Engkau ya Allah, segala puji bagi-Mu atas segala takdir-Mu.

Aku memohon ampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu. Semoga shalawat Allah selalu tercurah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, yang tiada seorang pun yang menyamai beliau, serta kepada keluarganya dan para sahabatnya, semoga Allah memberikan keselamatan kepada mereka semua.”

Baca Juga :   Niat Sholat Jumat Latin Dan Terjemahan Lengkap Dengan Tata Caranya

Keutamaan Membaca Doa Qunut

Doa Qunut adalah salah satu doa yang memiliki keutamaan khusus bagi umat Muslim. Doa ini sering dibaca pada waktu Shalat Subuh dalam Shalat Witir.

Selain itu, doa ini juga dibaca pada waktu Shalat Tarawih pada bulan Ramadan. Keutamaan membaca doa Qunut dapat ditemukan dalam Al-Quran dan hadis, serta diakui oleh para ulama dan ahli agama.

1. Mengabulkan Doa

Pertama-tama, keutamaan membaca doa Qunut dapat ditemukan dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 186: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat.

Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan beriman kepada-Ku, supaya mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menjanjikan bahwa Dia akan mengabulkan doa orang yang berdoa dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, membaca doa Qunut dengan penuh keyakinan dan harapan akan membawa keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

2. Mengatasi Kesulitan dan Musibah

Selain itu, keutamaan membaca doa Qunut juga ditegaskan dalam hadis. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Doa Qunut merupakan doa yang dianjurkan untuk dibaca dalam shalat Witir. Oleh karena itu, bacalah doa Qunut dalam shalat Witir.” (HR. Ahmad)

Dalam hadis lain, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan kepada para sahabatnya untuk membaca doa Qunut ketika mereka menghadapi kesulitan atau musibah. Beliau bersabda, “Janganlah salah seorang di antara kalian meninggalkan doa Qunut ketika ia menghadapi kesulitan.” (HR. Abu Daud)

Dari hadis-hadis tersebut, terlihat bahwa membaca doa Qunut memiliki keutamaan dalam shalat Witir dan juga dalam situasi-situasi sulit atau musibah.

Baca Juga :   Niat Sholat Jenazah Arab Dan Latin Beserta Bacaan Takbir Ke 1,2,3 dan 4

3. Meningkatkan Keimanan

Selain itu, doa Qunut juga memiliki keutamaan dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang. Dalam doa tersebut, terdapat permohonan untuk diberi petunjuk, perlindungan, dan berkah dari Allah SWT.

Dengan membaca doa Qunut secara rutin, seseorang akan semakin merasakan kehadiran Allah SWT dalam hidupnya dan semakin dekat dengan-Nya.

4. Berlindung dari Segala Kejahatan

Tidak hanya itu, doa Qunut juga mengajarkan kepada kita untuk selalu berlindung dari kejahatan dan permusuhan yang datang dari musuh-musuh kita. Dalam doa tersebut, kita memohon perlindungan dari segala kejahatan dan permusuhan yang datang dari orang-orang yang tidak menyukai kita.

Dengan membaca doa Qunut secara rutin, kita akan menjadi lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan mampu menghadapi segala tantangan yang datang.

5. Meminta Petunjuk

Doa qunut subuh mengandung doa yang sangat penting bagi setiap Muslim. Dalam doa tersebut terdapat beberapa permohonan kepada Allah Swt. yang bisa memberikan manfaat besar bagi kehidupan sehari-hari.

Salah satu doa tersebut adalah “Allahummahdinii fii man hadaiit”, yang artinya “Ya Allah, berilah aku petunjuk pada jalan yang Engkau ridhai”. Permohonan ini menunjukkan bahwa seorang Muslim selalu meminta bimbingan dari Allah Swt. untuk selalu berada di jalan yang benar.

6. Mendapatkan Perlindungan dari Allah

Selain meminta petunjuk, doa qunut juga mengandung permohonan untuk mendapatkan perlindungan dari Allah Swt. Permohonan tersebut terdapat dalam kalimat “Wa’aafinii fii man ‘afaiit”, yang berarti “Ya Allah, lindungilah aku sebagaimana Engkau melindungi hamba-Mu yang lain”.

Setiap hamba Allah yang memohon perlindungan kepada-Nya pasti akan mendapatkan keselamatan, dan ini bisa membantu melindungi kita dari bahaya dan musibah di kehidupan sehari-hari.

Penutup

Itulah penjelasan tentang bacaan doa qunut sekaligus penjelasan tentang beberapa keutamaannya. Semoga cukup membantu, ya!