Doa Setelah Sholat Dhuha Tulisan Arab, Latin, dan Keutamaannya

Ida Indriani May 25, 2024

prima.or.id – Sholat Dhuha adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada waktu antara terbitnya matahari hingga sebelum masuk waktunya Dhuhur. Meskipun sholat Dhuha ini bukan sholat wajib, namun melaksanakan sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi kehidupan dan juga fisik. Lalu, bagaimana Doa Setelah Sholat Dhuha? Masih banyak diantara mereka yang belum tahu dengan doa setelah selesai sholat Dhuha.

Pada dasarnya, sholat Dhuha dilakukan dengan cara yang tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya. Yaitu dengan melakukan rukun-rukun sholat seperti takbir, ruku, sujud, dan duduk di antara dua sujud. Namun, terdapat perbedaan dalam jumlah rakaat yang harus kalian lakukan dalam melaksanakan sholat Dhuha. Jumlah rakaat dalam sholat Dhuha adalah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat, yang dilakukan secara berulang-ulang.

Keutamaan melaksanakan sholat Dhuha sangatlah banyak. Dimana salah satu keutamaan dari sholat Dhuha adalah bisa memberikan keberkahan dan kelancaran dalam rezeki. Selain itu, dengan melaksanakan sholat Dhuha bisa memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup. Juga meningkatkan konsentrasi dan kekuatan mental dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Setelah selesai sholat Dhuha, tentunya umat muslim harus mengetahui doa setelah sholat Dhuha. Dimana kalian tidak boleh lupa untuk mengisi waktu antara sholat dengan membaca dzikir atau membaca Al-Quran. Nah, bagi umat muslim yang belum tahu doa setelah selesai sholat Dhuha. Dibawah ini kita akan mengulas beberapa doa yang bisa kalian ikuti setelah selesai melaksanakan sholat Dhuha, simak ulasannya hingga akhir.

Niat Sholat Dhuha

Niat Sholat Dhuha

Salah satu niat sholat Dhuha adalah untuk mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah SWT. Dalam hadits riwayat Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang sholat Dhuha dengan empat rakaat sebelum zhuhur, maka Allah SWT akan menjamin baginya pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna.” (HR. At-Tirmidzi)

Selain itu, sholat Dhuha juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan otak. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa dengan melaksanakan sholat Dhuha bisa membantu kalian meningkatkan kinerja otak dan mengurangi stres. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kita yang sering mengalami stres dan kesulitan dalam berkonsentrasi.

Niat sholat Dhuha bisa kalian bacakan sebelum melaksanakan ibadah sholat dua rakaat ini. Berikut ini merupakan niat yang harus dilakukan ketika ingin menjalankan sholat Dhuha.

Baca Juga :   Doa Ziarah Kubur Arab Dan Latin Lengkap Dengan Tata Caranya

أصلى سنة الضحى ركعتين لله تعالى

“Ushalli sunnatad dhuha rak’ataini lillahi ta’ala.”

Artinya: Aku niat shalat dua dua rakaat karena Allah.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa Setelah Sholat Dhuha

Sholat Dhuha memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu mendapatkan pahala yang besar, membuka pintu rezeki, dan memberikan ketenangan batin. Setelah kalian selesai melakukan sholat Dhuha, sebaiknya kalian membaca doa agar keberkahan dan keberlimpahan selalu menyertai kita. Berikut ini beberapa doa setelah sholat Dhuha yang bisa kita amalkan :

Berikut doa setelah sholat dhuha dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya.

اللَّهُمَّ إنَّ الضُّحَى ضَحَاؤُك وَالْبَهَا بَهَاؤُك وَالْجَمَالُ جَمَالُك وَالْقُوَّةُ قُوَّتُك وَالْقُدْرَةُ قُدْرَتُك وَالْعِصْمَةُ عِصْمَتُك اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضَحَائِكَ وَبِهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك آتِنِي مَا آتَيْت عِبَادَك الصَّالِحِينَ

“Allahumma innad dhuhaa dhuha uka, wal bahaa bahaa-uka, wal jamaala jamaa-luka, wal quwwaata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ishmata ishmatuka. Allahumma inkaana rizqi fis-samaa-i fa-anzilhu, wainkaana fil-ardli fa akhrijhu, wainkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana charooman fathohhirhu, wainkaana ba’iidan faqorribhu, bichaqqi dhuhaaika, wajaamalika, wabahaaika, waqudrotika, waquwwatika, waishmatika, aatini maa’ataita ‘ibaadakash-sholihiin.”

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya waktu dhuha adalah dhuha-Mu, dan keindahan adalah keindahan-Mu, dan kebagusan adalah kebagusan-Mu, dan kemampuan adalah kemampuan-Mu, dan kekuatan adalah kekuatan-Mu, serta perlindungan adalah perlindungan-Mu.”

“Ya Allah apabila rezekiku berada di langit maka mohon turunkanlah, bila di bumi mohon keluarkanlah, bila sulit mudahkanlah, bila jauh dekatkanlah, dan bila haram bersihkanlah, dengan haq dhuha-Mu, keindahan-Mu, kebagusan-Mu, kemampuan-Mu, kekuatan-Mu dan perlindungan-Mu, berikanlah kepadaku apa saja yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Keutamaan Dalam Melaksanakan Sholat Dhuha

Keutamaan Dalam Melaksanakan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh semua umat Islam. Dimana sholat Dhuha ini adalah sholat yang memiliki banyak keutamaan yang bisa membuat kehidupan kalian menjadi lebih baik dan berkah. Berikut adalah beberapa keutamaan dari menjalankan sholat Dhuha yang harus kalian ketahui.

1. Mendapat Pahala yang Besar

Dengan melaksanakan sholat Dhuha secara rutin, maka kalian akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Sholat Dhuha sendiri merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Berdasarkan hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala shalat malam sampai fajar.”

2. Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Selain akan mendapatkan pahala yang besar, tentunya dengan melaksanakan sholat Dhuha bisa membantu kalian menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Saat kita melaksanakan sholat Dhuha, pastinya kalian akan merasa lebih segar dan bugar karena tubuh kita akan lebih aktif dan terhindar dari rasa kantuk. Selain itu, dengan melaksanakan sholat Dhuha juga bisa membantu mengurangi stress dan memberikan ketenangan pikiran.

3. Mendapatkan Rezeki yang Berlimpah

Mendapatkan rezeki yang berlimpah merupakan salah satu keutamaan dari menjalankan sholat Dhuha. Allah SWT telah menjanjikan bahwa orang yang melakukan sholat Dhuha akan diberikan rezeki yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT dalam surat Adh-Dhuha ayat 5-6: “Dan sungguh akan memberikan karunia-Nya kepadamu sehingga kamu menjadi puas.”

Baca Juga :   99 Asmaul Husna Latin Beserta Arti Dan Manfaat Membacanya

4. Menjadi Lebih Produktif dan Berhasil dalam Berbagai Hal

Jika kalian melaksanakan sholat Dhuha, maka kalian akan lebih produktif dan berhasil dalam berbagai hal. Ketika melaksanakan sholat Dhuha, kalian akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dan menjadi lebih semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kita juga akan lebih mudah mencapai tujuan karena Allah SWT akan memberikan kemudahan dan keberkahan.

5. Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Keutamaan lainnya ketika menjalankan sholat Dhuha yaitu membantu kalian mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat Dhuha secara rutin, kita akan mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT dari berbagai musibah dan bahaya.

Itulah beberapa keutamaan dari menjalankan sholat Dhuha yang harus diketahui. Melaksanakan sholat Dhuha bukan hanya sekedar ibadah rutin, tetapi juga membawa banyak manfaat bagi kehidupan kalian. Oleh karena itu, sebaiknya kita rutin melaksanakan sholat Dhuha dan memohon keberkahan serta rahmat dari Allah SWT.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimana sholat dhuha memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim, seperti meningkatkan pahala, membantu menjaga kesehatan, dan membuat hati menjadi tenang. Lalu, bagaimana tata cara melaksanakan sholat Dhuha? Berikut ini adalah tata cara melaksanakan sholat dhuha yang benar :

  1. Bersuci dan berwudhu terlebih dahulu seperti saat sholat fardhu.
  2. Lalu, kalian pilih tempat yang tenang dan bersih untuk melaksanakan sholat dhuha.
  3. Sholat dhuha terdiri dari minimal dua rakaat dan maksimal duabelas rakaat.
  4. Kemudian, kalian membaca niat sholat dhuha di dalam hati.
  5. Dilanjut membaca takbiratul ihram dan memulai sholat.
  6. Pada rakaat pertama, kalian harus membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya seperti Al-Ikhlas atau Al-Lahab.
  7. Lalu di rakaat kedua, kalian membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya yang berbeda dari rakaat pertama.
  8. Setelah selesai sholat, membaca salam sebagai tanda akhir dari sholat dhuha.

Waktu yang Tepat untuk Melaksanakan Sholat Dhuha

Waktu yang Tepat untuk Melaksanakan Sholat Dhuha

Mungkin masih banyak umat muslim yang belum tahu kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat Dhuha. Umat muslim pasti tahu betul, dimana salah satu sholat sunnah yang paling dianjurkan adalah sholat Dhuha. Memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika melaksanakan sholat sunnah tersebut. Yang menjadi pertanyaan adalah, kapan waktu terbaik untuk melaksanakan sholat Dhuha?

Dengan mengetahui waktu terbaik dan tepat untuk menjalankan sholat Dhuha, tentunya supaya umat muslim bisa mendapatkan pahala yang sempurna saat mengerjakan sholat Dhuha. Sehingga, umat muslim tidak akan terlambat dengan mengetahui waktu terbaik saat melaksanakan sholat Dhuha.

Waktu terbaik melaksanakan sholat Dhuha yaitu ketika matahari sudah terbit sepenuhnya. Banyak para ulama yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk menjalankan sholat Dhuha yaitu mulai dari 15 menit setelah matahari terbit secara utuh mulai pukul 08.00.

Baca Juga :   Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri/Imam Latin Dan Arab Lengkap

Sedangkan waktu sholat Dhuha berakhir sebelum matahari mulai berpindah ke arah barat dan batasannya yaitu sekitar 30 menit menjelang adzan Dzuhur berkumandang. Ada baiknya ketika kalian ingin melaksanakan sholat Dhuha di siang hari paling lambat di jam 11.00 siang.

Dengan melaksanakan sholat Dhuha pada waktu yang tepat, Insha Allah siapa saja yang menjalankannya akan merasakan banyak sekali manfaatnya. Salah satu keutamaan dari menjalankan sholat Dhuha yaitu mendapatkan rezeki dan urusannya dipermudah oleh Allah SWT.

Manfaat Melaksanakan Sholat Dhuha

Kita sudah membahas sebelumnya, dimana dengan melaksanakan sholat Dhuha, kalian akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Tidak hanya mendapatkan pahala saja, kalian juga akan mendapatkan banyak manfaat yang akan kita jelaskan sebagai berikut :

1. Meningkatkan Iman dan Taqwa

Melaksanakan sholat dhuha secara rutin bisa meningkatkan iman dan taqwa kalian. Selain itu dengan sholat dhuha, kalian akan memberikan waktu ekstra untuk beribadah kepada Allah SWT, sehingga kita akan merasa lebih dekat dengan-Nya.

2. Memberikan Ketenangan Pikiran

Kalian akan merasakan ketenangan pikiran ketika melaksanakan sholat Dhuha secara rutin. Dimana dalam kehidupan yang serba cepat dan sibuk sekarang ini, sholat dhuha memberikan waktu untuk merenung dan berdoa kepada Allah SWT. Hal ini akan membantu umat muslim mengurangi stres dan kecemasan dalam hidup.

3. Meningkatkan Kesehatan Jasmani dan Rohani

Selain kedua manfaat tersebut, dengan melaksanakan sholat Dhuha kalian akan mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh dan pikiran. Ketika melakukan gerakan-gerakan sholat, kalian akan memperkuat otot-otot tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, sholat juga membantu kalian untuk fokus dan konsentrasi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam kehidupan sehari-hari.

4. Meningkatkan Kebahagiaan

Manfaat lainnya ketika melaksanakan sholat dhuha secara rutin yaitu bisa membantu meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan hidup umat muslim. Dengan merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan memiliki keyakinan yang kuat, kalian dapat merasa lebih tenang dan bahagia dalam menghadapi segala tantangan dan kesulitan dalam hidup.

5. Mempermudah Mendapatkan Rezeki

Dengan melaksanakan sholat Dhuha, dimana kalian akan dipermudah untuk mendapatkan rezeki. Tidak lupa juga setelah selesai melaksanakan sholat Dhuha, kalian harus berdoa yang bisa membantu umat muslim untuk lebih mudah mendapatkan rezeki dari Allah SWT.

Tidak hanya itu saja, yang mana memang bagi siapa saja yang rutin sholat sunnah seperti sholat Dhuha, maka akan disenangi oleh Allah SWT. Tentunya Allah SWT tidak akan segan melimpahkan rezekinya pada orang-orang yang memiliki ketaatan kepada-Nya.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja yang bisa dijelaskan pada ulasan artikel kali ini, dimana kita membahas mengenai doa setelah sholat Dhuha. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca artikel ini sampai dengan selesai. Mohon maaf jika masih terdapat kata-kata yang salah dan kurang dipahami.