Doa Mandi Wajib Lengkap Dengan Tata Cara Sekaligus Keutamaannya

Yon Hidaya July 19, 2024

Prima.or.id – Mandi wajib adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat muslim dalam kondisi tertentu. Seperti halnya setelah berhubungan badan, setelah keluar mani bahkan setelah haid. Mandi wajib dalam islam tujuannya tak lain membersihkan diri dan mensucikan dari segala najis pada tubuh. Inilah mengapa kita harus paham doa mandi wajib.

Apabila umat muslim tidak melakukan mandi wajib maka hal tersebut bisa menghalangi ibadah mereka. Seperti halnya sholat, tawaf, membaca Al-Quran bahkan ibadah yang lainnya. Meskipun memang dalam beberapa hadist dijelaskan dalam kondisi junub tidak membatalkan puasa ketika Ramadan tetapi bisa menjadi penghalang kegiatan ibadah lainnya.

Mandi wajib terdiri atas beberapa langkah seperti halnya berniat, mengucapkan doa, mencuci seluruh tubuh termasuk rambut, wajah bahkan anggota tubuh yang lain sekaligus berkumur serta masukkan air ke hidung.

Niat menjadi unsur yang terbilang sangat penting ketika menjalankan mandi wajib. Sebab hal ini menjadi syarat sah mandi wajib. Niat peru diucapkan dalam hati sebelum akhirnya memulai mandi wajib. Tentu saja mandi wajib dilaksanakan untuk menghilangkan hadas besar sekaligus mensucikan diri kita di hadapan Allah SWT.

Doa mandi wajib dilakukan seorang muslim agar terbebas dari hadas besar. Berbagai macam hal juga mengharuskan kita melakukan mandi wajib. Jadi memang mandi tersebut berbeda sekali dengan mandi pada biasanya. Mandi wajib ada kaitannya dengan ibadah dalam islam baik itu ibadah fardu maupun ibadah sunah.

Saat berada dalam keadaan kotor, seorang muslim memang dilarang menjalankan sholat, berdiam diri atau duduk di masjid, menyentuh mushaf Al- Quran, melafalkan ayat Al-Quran bahkan tawaf ataupun mengelilingi Ka’bah.

Inilah Penjelasan Doa Niat Mandi Wajib

Sudah seharusnya sebagai umat muslim paham tentang doa mandi wajib. Niat mandi wajib kini dibedakan menjadi tiga jenisnya menurut hadas yang telah melekat pada seorang muslim. Ketiga hadas tersebut tentu saja akan kita bahas di bawah ini.

Baca Juga :   Bacaan Niat Sholat Tahajud & Tata Caranya Serta Keutamaannya

1. Niat mandi wajib hadas umum

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta’aala.

Artinya:”Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu karena Allah Ta’ala”.

2. Niat mandi wajib sesudah haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf’i hadatsil haidil lillahi Ta’aala.

Artinya”Aku berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala”.

3. Niat mandi wajib sesudah nifas

Nifas adalah darah yang sudah keluar dari kemaluan wanita sesudah ia melahirkan. Pada umumnya darah nifas bakalan berlangsung kurang lebih 40 hari. Wanita yang mengalami nifas juga diwajibkan menjalankan mandi wajib setelah darahnya berhenti.

Inilah niat mandi wajib sesudah nifas:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf’i hadatsin nifaasi lillahi Ta’aala.

Artinya: “Aku berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta’ala”.

Perlu anda ketahui jika wanita yang sedang alami haid ataupun nifas memang tidak diperbolehkan bahkan tidak sah melakukan wudu ataupun mandi saat keluar darah.

Itulah tadi niat mandi wajib yang seharusnya anda pahami. Jangan sampai anda tidak mengetahui berbagai macam niat di atas.

Ketahui Tata Cara Mandi Wajib

Pastinya bukan hanya doa mandi wajib yang harus dipelajari. Namun tata cara menjalankan mandi wajib pun juga perlu diketahui. Supaya lebih jelas sebaiknya simak uraian berikut:

1. Membaca niat

Sebaiknya anda membaca niat mandi wajib terlebih dulu. Niat tersebut hukumnya memang wajib dikarenakan mampu membedakan dengan mandi biasa. Jadi biasanya dibaca dalam hati atau dilafalkan.

2. Cuci kedua tangan

Selanjutnya cucilah tangan hingga 3 kali. Hal tersebut tujuannya supaya kondisi tangan bersih dari najis.

Baca Juga :   Niat Sholat Hajat 2 Rakaat, Keutamaan, & Tata Cara Melakukannya

3. Bersihkan bagian tubuh yang kotor

Usahakan membersihkan bagian tubuh yang dianggap kotor seperti halnya sekitar kemaluan.

4. Cuci kembali tangan

Ketika sudah membersihkan bagian kotor. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan membersihkan tangan dengan sabun.

  • Mengambil wudu

Lakukanlah tata cara wudu seperti biasanya dilakukan sebelum anda menjalankan sholat.

  • Membasahi bagian kepala

Basahi atau siram kepala menggunakan air sebanyak 3 kali sampai pada pangkal rambut.

  • Pisahkan rambut

Memisah-misah rambut bisa anda lakukan hanya dengan menyela rambut dengan jari tangan. Hal tersebut wajib dilakukan laki-laki dan sunah dikerjakan bagi wanita.

  • Basahi seluruh tubuh

Selanjutnya anda bisa mengguyurkan air ke seluruh tubuh mulai dari sisi kanan kemudian dilanjut menuju sisi kiri.

Itulah tadi penjelasan mengenai tata cara mandi wajib yang perlu anda lakukan. Usahakan anda melakukannya dengan baik dan benar. Dengan  begitu anda bisa bersih dari hadas besar. Selain itu ibadah yang dijalankan pun akan diterima Allah SWT.

Setelah anda mandi wajib pastinya bisa dilanjutkan mandi biasa sampai bersih. Keramas pada rambut dengan shampo serta bersihkan badan dengan sabun mandi. Usahakan seluruh bagian tubuh sudah dibersihkan tanpa adanya bagian kotor tersisa.

Apakah Sebetulnya Doa Mandi Wajib?

Apabila seluruh langkah mandi wajib sudah dilakukan, dalam kondisi bersih sekaligus tubuh tertutup dengan kain ataupun handuk tentu saja bisa membaca doa mandi wajib yakni:

Asyhadu anlaa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasulluhu. Allahumma jalni minattawwabina, waj’alni minal mutathahirrina”.

Artinya: Aku bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi Nya dan aku juga bersaksi bahwa Muhammad merupakan hamba dan utusan dari Allah. Ya Allah, jadikanlah aku bagian dari golongan orang bertaubat, jadikan pula aku bagian dari orang yang selalu mensucikan diri.

Baca Juga :   Niat Sholat Jenazah Arab Dan Latin Beserta Bacaan Takbir Ke 1,2,3 dan 4

Keutamaan Dari Mandi Wajib

Mandi wajib adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan saat berada dalam kondisi tertentu. Inilah mengapa perlu mengikuti semua langkahnya dari awal sampai dengan membaca doa mandi wajib. Lantas apa sajakah keutamaan dari mandi wajib? Berikut penjelasannya:

1. Badan menjadi bersih kembali

Ketika anda sudah menjalankan mandi wajib maka tubuh pun bisa kembali bersih. Hal ini dikarenakan proses mandi mampu hilangkan seluruh kotoran pada tubuh dari bagian ujung kepala sampai dengan kaki.

Bukan hanya bersih namun setelah mandi tubuh pun tetap terjaga menjadi wangi sekaligus meningkatkan rasa percaya diri menjalankan aktivitas apapun.

2. Memperoleh pahala

Allah SWT memang menjanjikan pahala untuk orang yang mampu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Salah satu pahalanya bagi mereka yang bisa menjaga kebersihan sekaligus kesucian.

Seperti dalam sebuah hadist shahih menyebutkan Rasulullah SAW menyampaikan kebersihan merupakan bagian daripada iman. Artinya, ketika seseorang menjaga kebersihan artinya mampu menjaga keimanan dan siapa yang berima menuai pahala berlipat ganda.

3. Semakin bersemangat

Siapa lagi yang tidak menyukai kebersihan, ketika tubuh bersih maka semangat meningkat untuk melakukan apa saja. terhindar dari rasa lesu, letih bahkan lemas yang terasa sebelum melakukan kegiatan mandi wajib.

Penutup

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai doa mandi wajib dan beragam pengetahuan lain yang ada kaitannya dengan mandi wajib. Sudah seharusnya kita mensucikan diri ketika berada dalam kondisi kotor.