Niat Sholat Taubat Lengkap Beserta Tata Cara, Doa dan Manfaatnya

Yon Hidaya May 27, 2024

Prima.or.id – Bertaubat merupakan sebuah cara dalam mengakui segala kesalahan sekaligus berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Sebagai umat muslim seharusnya mampu ikuti perintah Allah SWT serta menjauhi seluruh perbuatan dosa. Kini kita pun juga akan membahas niat sholat taubat.

Seluruh manusia sudah pasti pernah melakukan dosa dalam kehidupannya. Dosa kecil bahkan besar menjadi hal yang sudah melekat dalam semua umat manusia. Meskipun demikian memang ada saatnya bagi manusia menyadari sekaligus menyesali dosanya.

Sholat taubat merupakan sholat sunah yang dikerjakan untuk memohon ampunan dari Allah SWT atas semua dosa bahkan kesalahan yang mereka perbuat selama hidup. Sholat taubat dikenal dengan sebuatannya sholat istighfar. Apabila seorang muslim mengamalkan sholat tersebut dengan benar. Mereka tidak akan mengulang perbuatan dosa.

Inilah Bacaan Dari Niat Sholat Taubat

Sholat taubat adalah sholat sunah menurut kesepakatan dari 4 madzhab dari sebuah hadis Abu Bakr Ash Shiddiq. Dimana Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam telah bersabda yang artinya,

Bagi siapa saja yang berkehendak menjalankan doa sholat taubat, harus muncul dari dalam hatinya sekaligus penuh niat. Pastikan niat sholat taubat mampu hadirkan keinginan bersungguh-sungguh menyesali semua dosa.

Bacaan niat sholat taubat pun terbilang mudah diucapkan yakni:

نَوَيْتُ الصَّلاَةَ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Nawaitu shalata sunnata taubatin rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya “Saya niat sholat sunah tobat dua rakaat karena Allah.”

Niat sholat taubat sudah seharusnya anda pahami jika memang ingin menjalankan sholat sunah tersebut. Terlebih kini anda bisa memperoleh banyak keutamaan dari sholat ini.

Waktu Paling Tepat Mengerjakan Sholat Taubat

Taubat adalah sesuatu yang terbilang tidak bisa ditunda lagi. Inilah mengapa taubat memang harus segera dikerjakan setelah melakukan sebuah perbuatan dosa. Sholat taubat adalah salah satu dari bentuk sholat mutlak yang mana pelaksanaan sholat tersebut bisa kapan saja.

Baca Juga :   Niat Sholat Witir 1 dan 3 Rakaat Lengkap Dengan Tata Caranya

Entah itu dikerjakan saat siang bahkan malam hari terkecuali waktu yang memang diharamkan sholat. Sementara sebagian para ulama menyatakan jika waktu pelaksanaan sholat taubat paling utama tentu saja 2/3 malam.

Waktu yang diharamkan sholat yakni:

  • Mulai terbitnya fajar kedua sampai terbitnya matahari.
  • Saat terbitnya matahari sampai dengan matahari naik sepenggalah.
  • Ketika mataharinya persis berada di tengah-tengah sampai terlihat condong.
  • Setelah menjalankan sholat ashar sampai mataharinya tenggelam.
  • Saat menjelang matahari tenggelam sampai sempurna tenggelam.

Adapun menurut ajaran islam tentu saja ada beberapa waktu tertentu yang terbilang sangat dianjurkan menjalankan sholat taubat. Supaya lebih jelas sebaiknya simak ketentuan waktu berikut:

  • Setelah sholat subuh
  • Setelah sholat zuhur
  • Antara sholat maghrib dan isya

Namun jika memang anda berkeinginan menjalankan sholat taubat di luar waktu tertentu masih saja diperbolehkan. Akan lebih baik lagi jika anda membarengi menjalankan sholat tahajud.

Tata Cara Menjalankan Sholat Taubat

Sholat taubat umumnya dikerjakan sebanyak dua rakaat hanya dengan sekali salam. Ia pun juga mampu dikerjakan sebanyak 4 sampai dengan 6 rakaat. Sholat taubat akan lebih baik jika anda kerjakan sendirian.

Sebab sholat taubat adalah sholat nafilah yang ternyata tidak disyariatkan dikerjakan berjamaah. Muslim seharusnya juga mampu bersuci dengan baik sebelum doa sholat taubat. Supaya lebih jelas sebaiknya menyimak tata cara berikut ini:

  • Membaca niat
  • Membaca takbiratul ihram
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek
  • Ruku”dengan tenang
  • Membaca doa ruku”
  • I’tidal dengan tenang
  • Membaca doa i’tidal
  • Sujud dengan tenang
  • Membaca doa sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Membaca doa duduk di antara dua sujud
  • Duduk tahiyat akhir
  • Membaca doa tahiyat akhir
  • Membaca sholawat Nabi Muhammad SAW
  • Salam pertama menoleh ke kanan
  • Salam menoleh ke kiri
Baca Juga :   Niat Sholat Idul Fitri Makmum, Imam, Tata Cara dan Keutamaanya

Ketahui Keutamaan Dari Sholat Taubat

Selain niat sholat taubat, alangkah baiknya ketahui pula tentang keutamaan sholat sunah ini. Sebetulnya manfaat dari sholat taubat ini bisa terasa lebih optimal apabila anda menjalankan setiap harinya. Sebab namanya manusia sudah pasti tidak pernah luput dari perbuatan salah di setiap hari. Adapun berbagai macam manfaat dari sholat taubat yakni:

1. Mendapatkan ampunan dari Allah SWT

Sebagai umat muslim sudah seharusnya memohon ampunan pada Allah SWT serta bertobat atas seluruh dosa yang sudah dilakukan. Maka Allah SWT pun pernah berjanji mengampuni dosanya.

2. Sebagai umat islam disukai Allah SWT

Bukan hanya dosa kita yang terampuni namun sholat taubat juga mampu membuat kita menjadi umat islam yang disukai Allah SWT. Hal ini sudah tersirat dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 222, artinya: “Sungguh, Allah sangat menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah ayat 222).

3. Memperoleh ganjaran surga

Ketika umat muslim bertaubat dengan menjalankan sholat taubat. Tentu saja segala kesalahan pun akan terampuni. Selain itu nantinya akan dimasukkan dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai.

4. Mendapatkan doa dari malaikat

Menurut firman Allah SWT dalam Al-Quran surah Al-Mu’min ayat 7, yang artinya: “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al Mu’min ayat 7).

Jadi bagi umat muslim yang menjalankan sholat taubat maka ia akan memperoleh doa dari malaikat. Alangkah baiknya mengerjakan sholat tersebut pada waktu yang dianjurkan.

5. Meningkatkan rasa keimanan

Sholat taubat tentu saja bisa membantu seseorang meningkatkan rasa keimanan serta taqwa terhadap Allah SWT. Hanya cukup mengakuli semua kesalahan serta dosanya maka seseorang pun tersadar dengan segala kelemahan sekaligus keterbatasannya. Sehingga dibutuhkan pertolongan hanya dari Allah SWT.

6. Bisa meredakan perasaan bersalah

Saat melakukan dosa maka seseorang tentu saja bakalan dihantui persaan bersalah serta tidak tenang. Hanya dengan menjalankan sholat taubat pastinya seseorang berusaha memohon ampunan pada Allah SWT.

Baca Juga :   Doa Mandi Wajib Lengkap Dengan Tata Cara Sekaligus Keutamaannya

Ia bahkan sudah memiliki tekad tidak akan mengulangi semua kesalahannya. Dengan hal ini tentunya rasa bersalah semakin lama makin mereda.

Doa Setelah Sholat Taubat

Setelah anda menjalankan sholat taubat, alangkah baiknya mampu membaca:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilahaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyumu Wa Atuubu Ilahihi

Artinya:

“Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan berdiri sendiri dan aku bertobat kepada-Nya.”

Bacaan tersebut alangkah baiknya diucapkan kurang lebih 100 kali sembari diresapi artinya di dalam hati. Selanjutnya anda pun bisa juga membaca doa sholat taubat seperti ajaran Rasulullah SAW berikut ini:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ.

Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, audzubka min syarrima shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta

Artinya:

“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Penutup

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai niat sholat taubat dan lainnya. Semoga saja informasi di atas mampu menambah pengetahuan anda tentang sholat taubat.