Niat Sholat Hajat 2 Rakaat, Keutamaan, & Tata Cara Melakukannya

Yon Hidaya February 20, 2024

Prima.or.id – Sholat hajat tentunya terbilang tidak asing bagi umat muslim. Sholat hajat adalah sholat sunnah yang bisa dikerjakan dengan tujuan supaya keinginan kita bisa terkabulkan oleh Allah SWT. Kini niat sholat hajat pun sudah tersedia dalam pembahasan kita kali ini.

Bukan hanya menjalankan sholat wajib saja namun kita juga perlu melakukan sholat hajat agar mampu tunjukkan sebuah tekat kuat saat menginginkan sesuatu. Hal ini dikarenakan umat muslim mengerti jika hanya Allah SWT tempatnya meminta dan mengabulkan semua permintaan hamba-Nya.

Bacaan Niat Sholat Hajat

Hukum dari sholat hajat adalah sunnah. Hal ini sudah dicantumkan oleh sebagian ulama dalam kita fiqih mereka. Sholat hajat masuk dalam kategori sholat sunnah, karena tersedia hadist riwayat dari Abdullah bin Abu Aufa yang memberikan penjelasan mengenai sholat hajat.

Meskipun niatnya dalam hati tetapi bagi mereka yang ingin melafalkan niat untuk sholat hajat juga bisa dilakukan. Jadi nantinya sholat pun terasa semakin khusyuk di hati. Adapun bacaan niat sholat hajat yakni:

اُصَليْ سُنةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

“Usholli sunnatal-haajati rak’ataini lillaahi ta’aala”.

Artinya: “Saya berniat sholat sunnah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala”.

Ketika seseorang berkeinginan mendalami sholat hajat, sebetulnya bisa dilakukan melalui beragam media. Salah satunya tentu saja buku penuntun mengerjakan sholat hajat.

Tata Cara Mengerjakan Sholat Hajat

Terkait jumlah rakaat sholat hajat ternyata sudah memperoleh penjelasan dari Al-Ghazali yang tertulis dalam kitabnya berjudul Ihya Ulumuddin. Al Ghazali memberikan penjelasan jika sholat hajat mampu dilaksanakan sebanyak 2 raka’at hingga 12 raka’at.

Baca Juga :   Niat Sholat Taubat Lengkap Beserta Tata Cara, Doa dan Manfaatnya

Menariknya lagi waktu pelaksanaan sholat hajat terasa semakin afdol ketika malam hari. Terlebih waktu sepertiga malam seperti halnya sholat tahajud. Meskipun demikian sebetulnya sholat hajat bisa kalian kerjakan di sepanjang waktu. Hanya saja memang ada waktu terlarangnya yakni:

  • Mulai waktu subuh hingga terbitnya matahari.
  • Mulai terbit matahari sampai mataharina meninggi.
  • Saat matahari berada di atas kepala hingga mataharinya tergelincir menuju arah barat.
  • Ketika waktu sholat ashar hingga tenggelamnya matahari.
  • Mulai matahari tenggelam hingga benar-benar mampu tenggelam dengan sempurna.

Setelah mengerti niat sholat hajat pastinya kalian berkeinginan menjalankan sholat sunnah tersebut. Adapun mengenai syarat dari sholat hajat yakni suci dari hadas besar maupun kecil, menutup aurat, suci pakaian dan badan, tempat sholat suci dari najis sekaligus menghadap kiblat.

Supaya semakin jelas mengenai tata cara menjalankan sholat hajat. Sebaiknya menyimak ulasan di bawah ini.

Rakaat pertama:

  • Takbiratul ihram
  • Doa iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek
  • Ruku’dengan tuma’ninah
  • Ikhtidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah

Raka’at kedua:

  • Berdiri kembali melanjutkan raka’at kedua.
  • Membaca surah Al-Fatihah.
  • Membaca surat pendek.
  • Ruku’ dengan tuma’ninah.
  • Ikhtidal dengan tuma’ninah.
  • Sujud dengan tuma’ninah.
  • Duduk antara dua sujud.
  • Sujud yang kedua dengan tuma’ninah.
  • Duduk tasyahud akhir dengan tuma’ninah.
  • Mengucapkan salam baik ke kanan maupun ke kiri.

Pastikan kalian mampu mengerjakan sholat hajat dengan hati yang ikhlas serta penuh dengan kekusyukan. Ada baiknya menjalankan sholat sunnah ini sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Ketahui Beberapa Keutamaan Dari Sholat Hajat

Tidak hanya niat sholat hajat yang perlu kita pelajari namun keutamaan sholat sunnah ini juga perlu dijabarkan. Sholat sunnah ini mampu ajarkan pada kita untuk terus berdoa sekaligus memohon ampun kepada Allah SWT. Selain itu juga menyembahNya agar mampu mengabulkan hajat dari hambaNya.

Baca Juga :   Doa Qunut Sholat Subuh Latin & Arab Lengkap Dengan Keutamaannya

Setiap sholat sunnah tentu saja mempunyai keisimewaan tersendiri. Adapun mengenai beragam keuntungan yang bisa dari sholat tentu saja bisa kalian simak di bawah ini:

1. Termasuk ibadah paling disukai Allah

Hal ini dikarenakan sholat hajat merupakan ibadah sunnah. Jadi ketika kita menjalankan ibadah tersebut nantinya mampu datangkan kecintaan terhadap Allah SWT.

Dalam hadist pun sudah diterangkan, bahwa Allah SWT berfirman:

“Barangsiapa memusuhi wali-ku, sungguh Aku mengumumkan perang keoadanya. Tidaklah hambaa-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya”. (HR Bukhari).

2. Derajatnya ditinggikan

Ketika kita semakin memperbanyak sholat sunnah, maka Allah akan meninggikan derajat seorang hamba. Hal ini tentu saja berlaku saat seseorang melaksanakan sholat hajat. Bukan hanya mampu memperoleh pahala namun keinginan pun akan terkabulkan. Selain itu derajatnya juga akan ditinggikan dihadapan Allah SWT.

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.”(HR Muslim).

3. Dosa-dosanya terampuni

Sudah seharusnya kita mampu memperbanyak sholat, baik itu sholat wajib bahkan sholat sunnah. Maka kamu muslimin pun juga memperoleh ampunan segala dosa dari Allah SWT.

Melaksanakan sholat hajat berarti semakin memperbanyak sholat maupun sujud pada Allah, jadi dosa-dosa pun nantinya akan berguguran.

4. Keinginan ataupun hajat terkabulkan

Hal yang paling utama dari sholat hajat tentunya segala keinginan maupun hajat kita terkabulkan. Usahakan menjalankan sholat tersebut dengan rutin dan bersungguh-sungguh. Dengan begitu kita mampu peroleh keutamaannya.

Menariknya dengan sholat hajat maka kita pun akan terhindarikan dari berbagai macam kesulitan.

Baca Juga :   Niat Puasa Nifsyu Syaban Lengkap dengan Waktu Dan Keutamaannya

5. Menjadi wadah semakin mendekatkan diri pada Allah

Jika memang kita menginginkan hajat yang sudah dimiliki dikabulkan oleh Allah SWT. Sudah seharusnya kita mampu berjuang untuk lebih mendekatkan diri pada Allah sekaligus juga membuang perasaan malas menjalankan sholat sunnah hajat.

Apalagi kita pun sudah mengetahui niat sholat hajat seperti yang sudah tertera di atas. Dengan melaksanakan sholat sunnah hajat maka kita pun mampu berkeluh kesah mengenai kehidupan kita. Usahakan memanfaatkan waktu paling mustajab untuk lebih mendekatkan diri kita pada Allah SWT.

6. Terhindarkan segala kesulitan

Ketika seotang hamba memperoleh kesulitan ketika menjalani kehidupannya. Sangat dianjurkan sekali mereka mengerjakan sholat hajat. Jadi nantinya bisa memanjatkan doa untuk memohon sebuah petunjuk sekaligus meminta pertolongan Allah SWT setelah sholat hajat.

Hal ini dikarenakan hanya Allah yang mampu hadirkan pertolongan sekaligus jalan keluar untuk para hamba-Nya yang kini memperoleh segala kesulitan. Setiap manusia pastinya memiliki keinginan sekaligus kebutuhan yang memang ingin dikabulkan Allah. Agar mampu mewujudkannya, kita bisa berusaha semaksimal mungkin sekaligus rutin menjalankan sholat hajat.

7. Berpasrah terhadap ketentuan dari Allah

Seharusnya kita pun mampu menyadari jika hanya Allah yang mampu mengerti segala sesuatu. Belum tentu sesuatu hal yang baik untuk kita, baik pula menurut Allah begitu pun sebaliknya.

Meskipun kita sudah rutin menjalankan sholat sunnah hajat tetapi Allah belum menghendakinya maka kita pun tidak akan mampu berbuat apapun. Inilah mengapa rasa berpasrah kepada Allah harus kita terapkan. Dari sini kita akan belajar soal kesabaran maupun keikhlasan.

Penutup

Itulah tadi sekilas penjelasan singkat mengenai niat sholat hajat dan sederet penjelasan lainnya. Semoga informasi di atas semakin memperluas pengetahuan kita mengenai sholat hajat. Akan lebih baik jika kita mampu mengerjakan sholat hajat ini secara rutin untuk memperoleh beragam keutamaannya.