Kode Bank Mandiri Untuk Transfer Uang ke Antar Bank Terlengkap

Anah Widiastuti April 13, 2024

Prima.or.id – Untuk melakukan transfer dari bank mandiri ke antar bank, maka diperlukan Kode Bank Mandiri agar proses pengiriman uang bisa dilakukan dengan lancar. Tentu saja semua bank memiliki kode nya masing-masing yang berguna untuk mempermudah proses transaksi yang kalian lakukan. Namun, masih banyak yang belum mengetahui berapa kode bank Mandiri tersebut.

Mandiri adalah salah satu bank populer dengan memiliki banyak nasabah, serta memberikan banyak pelayanan yang akan menunjang kebutuhan para penggunanya. Tentu saja, untuk melakukan transfer uang dari bank mandiri ke antar bank bisa dilakukan dengan mudah. Karena, kalian bisa menemukan beberapa cara yang bisa terapkan.

Mulai dari Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking, hingga Mesin ATM bank mandiri. Tentu saja, jika kalian hendak mengirim uang ke antar bank, maka diperlukan kode bank mandiri terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebagai nasabah dari bank mandiri yang belum mengetahui berapa kode bank tersebut. Berikut ini, kami akan berikan ulasannya secara rinci dan silahkan simak detailnya dibawah ini.

Tentang Bank Mandiri

Kode Bank Mandiri

Bank Mandiri menjadi salah satu bank yang memiliki banyak nasabah dan namanya semakin di perhitungkan. Pasalnya, bank Mandiri sendiri berhasil mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia serta mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para penggunanya. Baik secara individual atau perusahaan.

Yang pastinya akan memudahkan proses transaksi keuangan yang kalian lakukan. Tentu saja bank mandiri juga memberikan banyak akomodasi didalamnya, yang akan menunjang semua kebutuhan para penggunanya. Selain itu, bank mandiri juga menjadi salah satu bank yang kerap di jadikan rujukan kepada kalian yang hendak mengajukan pinjaman untuk sebuah usaha dan sebagainya.

Dan bagi kalian yang ingin mengajukan pengaduan nasabah, maka kalian bisa melakukannya dengan mudah selama tidak bertentangan dengan Otoritas Jasa Keuangan. Sampai sekarang, Bank Mandiri berhasil memiliki puluhan juta nasabah. Dan banyak dari mereka yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Bank tersebut.

Baca Juga :   Bio WhatsApp Aesthetic, Keren, Singkat, Cuek, Lucu, & Ngeselin

Kode Bank Mandiri dan Kegunaannya

Kode Bank Mandiri

Perlu diketahui, kode bank sendiri adalah sebuah angka unik berupa 3 digit yang menjadi sebuah identitas suatu bank. Biasanya, kode ini di gunakan untuk memudahkan transaksi keuangan para penggunanya. Ketika akan melakukan transfer uang ke bank lain, maka hal yang harus diperhatikan adalah sebuah kode dari bank.

Untuk bank Mandiri sendiri memiliki kode bank 008, tentu saja semua kode bank berbeda-beda dan kalian wajib mengetahuinya terlebih dahulu. Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwa kode ini akan memudahkan kalian ketika melakukan pengiriman uang ke bank yang lainnya. Oleh karena itu, sebagai pengguna bank Mandiri, kalian perlu mengetahui kode dari bank tersebut.

Tentu saja proses pengiriman uang dari bank mandiri bisa kalian lakukan dengan mudah. Pasalnya, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan seperti melalui ATM, internet Banking, M-banking, SMS Banking dan sebagainya. Dan pastinya kalian akan memerlukan kode bank mandiri yaitu 008. Dengan begitu, proses transaksi bisa kalian selesaikan dengan cepat dan praktis.

Dan tujuannya sendiri adalah agar masing-masing bank yang terlihat bisa mengetahui hak serta kewajibannya ketika terjadi mekanisme transfer antar pengguna dengan orang yang kalian tuju. Dan pastinya kode bank mandiri akan sangat berpengaruh pada proses pengiriman uang yang kalian lakukan. Untuk lebih detailnya, simak ulasan berikut ini.

Cara Mengetahui Kode Bank Mandiri dan Bank Lainnya Lewat ATM

Kode Bank Mandiri

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sendiri memiliki beberapa bank lainnya yang banyak di gunakan. mulai dari Bank BUMN, Bank Syariah, Bank Swasta, Bank Internasional, Bank Daerah dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak nya jenis bank saat ini, kalian wajib mengetahui terlebih dahulu beberapa kode bank untuk memudahkan proses transfer keuangan.

Tentu saja kalian bisa melihat semua kode bank yang ada saat ini, tanpa harus menghafalnya terlebih dahulu. Lantas bagaimana Cara Mengetahui Kode Bank Mandiri dan Bank Lainnya Lewat ATM, tentu saja cara nya sangat mudah dan kalian bisa simak detailnya sebagai berikut.

  1. Pertama, masuk ke kartu ATM ke dalam slot yang sudah tersedia
  2. Tekan Bahasa Indonesia
  3. Dan akan muncul menu utama, klik Transaksi Lainnya
  4. Tekan Transfer danpilih Antar Bank Online
  5. Kemudian, kalian bisa pilih daftar kode bank
  6. Maka layar akan menampilkan daftar kode bank yang ada di semua Indonesia
  7. Kalian bisa pilih Berikutnya jika kode bank tujuan tidak muncul di daftar utama
  8. Tekan lagi Berikutnya hingga menemukan kode bank tujuan kalian
  9. Jika berhasil menemukan kode nya maka bisa masukkan nomor rekening
  10. Selesai
Baca Juga :   Kode Top Up DANA Untuk Semua Bank (BRI,BNI,BCA,Mandiri,dll)

Jadi, kalian hanya perlu mengikuti beberapa petunjuk yang telah diberikan oleh layar ATM untuk melanjutkan proses transfer tersebut. Tentu saja caranya sangat mudah dan bisa kalian lakukan dengan cepat, untuk bisa mengetahui beberapa kode bank di Indonesia. Termasuk bank Mandiri menggunakan mesin ATM.

Fungsi Kode Bank Mandiri

Kode Bank Mandiri

Tentu saja banyak sekali Fungsi Kode Bank Mandiri, selain untuk memudahkan proses transfer dan sebagainya. Terdapat beberapa manfaat lainnya yang bisa kalian ketahui dari kode bank termasuk bank Mandiri tersebut. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Sebagai Identitas Bank

Manfaat utama yang bisa kalian ketahui, adalah Sebagai Identitas Bank. Tentu saja dengan kode ini maka semua jenis transaksi ke semua rekening bank tidak bisa dilakukan. Dan sudah kami jelaskan sebelumnya, bahwa kode bank ini termasuk deretan angka yang digunakan oleh semua bank untuk kebutuhan identifikasi.

Jadi, kode ini bersifat sebagai identitas yang sengaja dibuat untuk menjadi sebuah pembeda antar bank dengan bak lainnya. Dan kode bank juga dibutuhkan agar bisa menghindari adanya kesalahan transaksi antar bank. Tentu saja, dengan adanya kode bank kalian tidak perlu khawatir akan salah ketika melakukan transfer.

Mempermudah Transaksi

Dengan adanya kode bank maka proses transaksi antar bank menjadi lebih mudah lagi. Jadi, sebelum melakukan pengiriman uang kalian wajib mengetahui terlebih kode bank yang akan digunakan. Dan pastinya kalian dapat memasukkan kode bank nya dengan benar agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Jika salah, maka dana yang terlanjur di transfer tidak dapat di pindahkan. Pasalnya, kode bank yang dimasukkan akan membantu semua pihak bank yang digunakan dan bank mandiri yang menjadi tujuan akan mengetahui apa saja hak dan kewajibannya ketika proses transaksi berlangsung.

Baca Juga :   0813 Kartu Apa, Operator Mana dan Area Wilayah Terlengkap 2023

Cara Transfer Uang ke Bank Mandiri

Kode Bank Mandiri

Seperti yang sudah kami jelaskan, bahwa terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa melakukan transfer uang ke bank mandiri. Dan kalian dapat melakukannya secara praktis, tanpa perlu memerlukan waktu yang lama lagi. Oleh karena itu, untuk lebih detailnya kalian bisa simak panduannya berikut ini.

Mesin ATM

Cara pertama, kalian bisa melakukan transfer melalui mesin ATM yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Tentu saja cara ini sangat mudah dilakukan, dan kalian hanya perlu mengunjungi ATM bank Mandiri terdekat. Begini caranya.

  1. Masukkan kartu ke mesin ATM bank Mandiri
  2. Setelah itu, pilih Bahasa Indonesia dan ikuti petunjuk yang diberikan
  3. Kalian bisa memasukkan pin ATM
  4. Klik Transaksi Lainnya dan tekan Transfer
  5. Tekan Transfer Antar Bank, dan kalian bisa memasukkan kode bank dengan nomor rekening
  6. Jika belum paham mengenai kode bank yang di tuju, maka bisa tekan Daftar Kode Bank
  7. Dan kalian bisa mengetahui semua jenis kode bank di Indonesia
  8. Masukkan jumlah nominal yang akan di kirimkan dengan benar
  9. Klik Benar
  10. Dan tekan YA untuk melanjutkan proses
  11. Tunggu beberapa saat sampai selesai

SMS Banking

Langkah selanjutnya, kalian bisa menggunakan SMS Banking yang bisa di akses melalui perangkat android atau IOS. Sama seperti diatas, caranya sangat mudah dan dapat kalian selesaikan dengan cepat. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak tutorialnya sebagai berikut.

  1. Pertama, masuk ke aplikasi SMS di HP
  2. Dan ketik SMS Dengan format TRANSFER (Spasi) KODE BANK MANDIRI + NOMOR REKENING TUJUAN (Spasi) NOMINAL UANG YANG AKAN DIKIRIMKAN (Spasi) PIN
  3. Maka kirimkan ke 3300
  4. Dan jika telah berhasil, kalian akan mendapatkan balasan dari 3300
  5. Selesai

Penutup

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai Kode Bank Mandiri untuk bisa kalian terapkan dengan mudah. Kode bank mandiri adalah 008 dan kalian bisa menggunakannya untuk kebutuhan transfer antar bank. Kalian bisa mengikuti beberapa petunjuk transfer yang telah kami berikan di ulasan ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.