Batas FUP IndiHome Terbaru 2023 dan Cara Mengeceknya

Anah Widiastuti April 14, 2024

Prima.or.id – Banyak sekali para pengguna Indihome saat ini, dan kalian pasti pernah merasakan jaringan internet yang lambat dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena FUP IndiHome telah melewati batas, maka dari itu koneksi internet mengalami penurunan di tengah atau akhir bulan. Tentu saja kalian pernah mengalami hal demikian bukan.

Penurunan FUP IndiHome sendiri menjadi hal wajar yang banyak di alami oleh pengguna Indihome. Perlu diketahui, banyaknya layanan ISP yang menyediakan internet unlimited. Layanan Indihome sendiri menjadi salah satu provider yang menerapkan sistem batas pemakaian wajar atau bisa di sebut dengan FUP. Mungkin masih belum banyak yang mengetahui, apa itu FUP.

Sebelum memasang jaringan wi-fi indihome di tempat masing-masing, biasa nya pihak mereka akan menjelaskan terlebih dahulu terkait detail paket internet yang di ambil. Selain itu, mereka juga akan menjelaskan tentang FUP IndiHome secara detail. Oleh karena itu, Kalian wajib mengetahui lebih lanjut tentang FUP IndiHome yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Sekilas Tentang FUP IndiHome

FUP IndiHome

FUP merupakan kepanjangan dari Fair Usage Policy yang memiliki makna suatu kebijakan penggunaan normal ketika menggunakan layanan internet. Jadi, sistem ini digunakan untuk bisa memastikan jika pengguna pengguna tidak menggunakan internet dengan berlebihan. Dan menerapkan batas penggunaan tertentu, tentu saja bergantung dari jenis paket yang digunakan.

Secara rinci, kecepatan internet kalian akan turun jika telah mencapai batas penggunaan tertentu yang telah diterapkan sebelumnya. Meskipun, paket internet Indihome yang digunakan sudah unlimited. Namun, besaran FUP yang diberikan di semua layanan indihome sendiri memiliki perbedaan satu sama lain. Oleh karena itu, sebagai pengguna indihome kalian wajib mengetahui hal penting ini.

Dan pastinya kalian juga perlu mengetahui berapa batas FUP IndiHome tersebut. Perlu diketahui, jika indihome sendiri tidak hanya menerapkan 1 batas FUP di setiap paket layanan nya melainkan 2 FUP sekaligus untuk semua paket kecepatan. Kecuali jika kalian menggunakan paket dengan kecepatan 100 Mbps. Jadi, kecepatan bisa turun hingga 2x jika kalian telah melampaui dari batas FUP indihome tersebut yang kedua.

Baca Juga :   Kode Top Up DANA Untuk Semua Bank (BRI,BNI,BCA,Mandiri,dll)

Dan penurunan kecepatan akan di reset di bulan selanjutnya. Dua batas FUP ini bisa kalian perhatikan agar bisa mengantisipasi penurunan kecepatan internet. Maka dari itu, sebagai pengguna jaringan indihome kalian bisa mengetahui berapa FUP dari indihome tersebut. Oleh karena itu, untuk mengetahuinya lebih detail silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

FUP IndiHome 10 Mbps

Di paket internet indihome 10 Mbps sendiri batas pemakaian wajarnya adalah 300 GB. Tapi, setelah berhasil mencapai limit tersebut, maka kecepatan akan di turunkan menjadi 75% atau 7.5Mbps. Oleh karena itu, internet akan melambat seiring berjalannya waktu. Dan setelah menyentuh angka pemakaian 400 GB, kecepatan sendiri akan membali di turunkan.

Yaitu mencapai angka 40% atau sekitar 4Mbps. Oleh karena itu, sebagai pengguna indihome kalian tidak perlu mempermasalahkan hal demikian. Karena hal ini sudah menjadi aturan yang diberikan oleh layanan tersebut. Untuk lebih jelasnya, cek detailnya dibawah ini.

Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1

300GB
7.5Mbps
FUP 2

350GB
3Mbps

FUP IndiHome 20 Mbps

Bagi kalian yang memilih paket internet indihome 20 Mbps, yaitu menawarkan kuota FUP yang lebih besar dari sebelumnya. Yaitu mencapai 500 GB, dan kecepatan nya nanti akan di turunkan menjadi 75%. Dan untuk batas FUP keduanya adalah kecepatan internet kembali di turunkan menjadi 40% setelah mencapai 800 GB.

Tentu saja kalian bisa memperhatikan beberapa tips menghemat penggunaan wifi indihome tersebut. Agar kecepatan yang digunakan tidak mengalami penurunan dan kendala lainnya. Oleh karena itu, kalian bisa cek detail selengkapnya sebagai berikut.

Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1

500GB
10Mbps
FUP 2

750GB
4Mbps

FUP IndiHome 30 Mbps

Jika kalian salah satu pengguna indihome yang memilih paket internet 30 Mbps. Maka akan memberikan dua batas FUP sekaligus didalamnya. Jadi, kalian akan mendapatkan jaringan internet mencapai 700 GB dan akan di turunkan menjadi 22.5 Mbps ketika berhasil menyentuh angka tersebut. Jika telah mencapai 1200 GB, maka kecepatannya akan di kirimkan menjadi 40%.

Dan jika kalian menggunakan layanan paket indihome ini, bisa menyimak beberapa tabel nya sebagai berikut.

Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1

700GB
15Mbps
FUP 2

1.200GB
6Mbps

FUP IndiHome 40 Mbps

Bagi kalian yang memasang internet indihome dengan paket 40 Mbps, mungkin bertanya-tanya berapa FUP paket internet yang kalian dapatkan ? Jadi, kalian akan menerima paket sebanyak 900 GB dan jika telah mencapai batas tersebut, maka kecepatan akan di kurangi hingga 30 Mbps atau setara dengan 75%.

Baca Juga :   Kode Bank Mandiri Untuk Transfer Uang ke Antar Bank Terlengkap

Dan untuk FUP indihome yang kedua, jika kalian telah mencapai internet hingga 1600 GB. Maka kecepatannya akan berkurang hingga 40% atau sekitar 16Mbps. Jadi, kalian tidak perlu heran jika kecepatan internet akan berkurang. Dan untuk lebih jelasnya, kalian bisa cek tabel nya berikut ini.

Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1

900GB
30Mbps
FUP 2

1.600GB
16 Mbps

FUP IndiHome 50Mbps

Jika kalian pengguna indihome yang memilih paket internet 50 Mbps, maka kecepatan yang didapatkan adalah 1200 GB dan akan mengalami penurunan setelah mencapai angka tersebut menjadi 37.5Mbps. Untuk FUP selanjutnya adalah 2000 GB dan akan diturunkan kembali hingga 20 Mbps. Tentu saja angka yang sangat besar, dan membuat para pengguna menjadi puas.

Paket ini sendiri sudah banyak di gunakan oleh sebagian pengguna indihome, apa lagi jika kalian memiliki kesibukan seperti tentang pekerjaan dan sebagainya. Oleh karena itu,  kalian dapat melihat detail selengkapnya sebagai berikut.

Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1

1.200GB
37.5Mbps
FUP 2

2.000GB
20Mbps

FUP IndiHome 100Mbps

FUP IndiHome 100Mbps juga banyak dicari tahu bagi kalian yang memilih paket indihome sebanyak 100 Mbps. Jadi, kalian bisa mendapatkan jaringan internet yang stabil dan kenccang. Namun, untuk paket ini kalian bisa mendapatkan batas FUP sekali saja. Jadi, jika kalian telah mencapai angka 2000 GB, maka kecepatan akan di turunkan menjadi 50 Mbps atau 50% untuk penggunaan selanjutnya.

Namun, tenang saja karena layanan indihome 100 Mbps ini mampu memberikan internet yang kencang dan tidak lag sedikitpun. Jadi, untuk lebih detailnya kalian dapat melihat tabel yang sudah kami berikan dibawah ini.

Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1

2.000GB
50Mbps

Cara Cek FUP IndiHome

FUP IndiHome

Setelah menyimak beberapa fup indihome yang diberikan pada masing-masing paket yang kalian tentukan sebelumnya. Maka penting untuk mengetahui beberapa Cara Cek FUP IndiHome agar tidak di curi oleh orang lain. Dan hal ini wajib kalian cek setiap harinya dan ketahui perhitungan batas penggunaan FUP indihome yang kalian gunakan.

Pasalnya, ada 3 cara mudah yang bisa kalian coba dan terapkan secara langsung untuk bisa Cara Cek FUP IndiHome dengan mudah. Jadi, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Cek FUP IndiHome di MyIndiHome

Cara pertama yang bisa kalian coba adalah dengan menggunakan myindihome yang bisa kalian unduh terlebih dahulu. Tentu saja cara nya sangat mudah, untuk bisa mengetahui batas penggunaan fup indihome yang digunakan. Langsung saja silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Pertama, download terlebih aplikasi myindihome
  2. Setelah itu masuk dan jalankan aplikasi tersebut
  3. Lakukan login
  4. Dan tekan ikon titik tiga dibagian internet
  5. Kemudian, pilih Lihat Penggunaan
  6. Kalian bisa melihat jumlah penggunaan FUP indihome dengan jelas
  7. Selesai
Baca Juga :   999+ Nama Rp Aesthetic Keren untuk Cewek dan Cowok 2023

Dan kalian bisa melakukan perbandingan penggunaan internet dengan batas FUP yang digunakan. Apakah sudah mencapai batas atau belum. Tentu saja caranya sangat sederhana dan bisa kalian terapkan dengan mudah.

Cara Cek FUP IndiHome via Website

Dan cara mudah lainnya yang bisa kalian coba dengan memanfaatkan website indihome yang dapat kalian akses dengan praktis di situs atau web favorit masing-masing. Kalian bisa menerapkannya melalui HP atau perangkat PC sekalipun. Dan berikut ini kami akan bagikan panduan selengkapnya sebagai berikut.

  1. Masuk ke situs https://www.indihome.co.id/
  2. Setelah login terlebih dahulu
  3. Dan kalian bisa tekan menu Lihat Rincian di paket indihome yang digunakan
  4. Cara ini sangat pas untuk kalian coba karena tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya
  5. Selesai

Cara Cek FUP IndiHome Melalui SMS

Cara Cek FUP paket IndiHome selanjutnya adalah menggunakan layanan SMS yang bisa kalian coba menggunakan perangkat HP masing-masing. Tentu saja caranya sangat mudah dan bisa kalian selesaikan dengan praktis. Untuk mengetahuinya lebih rinci, silahkan simak ulasan berikut ini.

  1. Masuk keaplikasi Pesan di HP terlebih dahulu
  2. Buat pesan baru dengan format ISP<spasi>IH<spasi>Kode Area + Nomor Telepon IndiHome.
  3. Kirim ke 98108
  4. Selesai

Kalian bisa menunggu beberapa saat sampai dapat balasan seputar paket internet yang digunakan serta besar penggunaan didalamnya. Cara ini memakan biaya 350 rupiah per SMS. Jadi, kalian dapat mencobanya secara langsung.

Cara Reset FUP IndiHome

FUP IndiHome

Jika batas FUP yang kalian gunakan telah mencapai penggunaan tertentu, maka kalian tidak akan mendapatkan akses internet yang lancar. Hal ini disebabkan karena kuota telah habis dan kalian dapat melakukan reset FUP paket indihome yang bisa dilakukan dengan mudah. Silahkan simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

  1. Pertama, masuk ke aplikasi myindihome terlebih dahulu
  2. Lalu login akun
  3. Dan tekan ikon titik tiga dibagian internet
  4. Setelah itu, pilih Lihat Penggunaan
  5. Lalu, klik Renew Speed dan tentukan paket mana yang di perlukan
  6. Jika sudah, tekan Beli
  7. Selesai

Dan itulah cara mudah yang bisa kalian coba untuk bisa menyelesaikan Cara Reset FUP IndiHome dengan praktis. Tentu saja cara ini sudah banyak dilakukan oleh para pengguna indihome. Oleh karena itu, kalian dapat mencobanya untuk mengganti paket layanan internet yang lainnya secara bebas.

Penutup

Sekian saja yang bisa kami sampaikan mengenai FUP IndiHome yang wajib kalian ketahui. Kalian juga bisa mereset FUP indihome untuk mendapatkan kuota yang berbeda dari sebelumnya. Jadi, kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan diartikel ini. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.