4 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok, Tanpa Modal Untuk Pemula

Yodik May 24, 2024

Prima.or.id – Tiktok, sebuah platform media sosial yang telah merevolusi cara orang berbagi video pendek secara online. Tetapi, tahukah Anda bahwa Tiktok juga bisa menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan? Selama tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok, Anda bisa mendapat penghasilan cukup besar.

Ya, Anda bisa mendapatkan uang dari Tiktok! Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, Tiktok memberikan potensi penghasilan yang luar biasa bagi para kreator konten. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari Tiktok, mulai dari endorsement hingga penjualan produk.

Namun, tentu saja tidak semua orang bisa dengan mudah menghasilkan uang dari Tiktok. Anda harus memahami platform ini dengan baik, mengetahui cara membuat konten yang menarik, dan membangun basis penggemar yang besar.

Jika Anda ingin memanfaatkan Tiktok sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan, maka simaklah panduan ini dengan seksama. Dalam panduan ini, kami akan membahas berbagai cara untuk menghasilkan uang dari Tiktok, dan memberikan tips praktis yang dapat membantu Anda meraih kesuksesan di platform ini.

Inilah 4 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Dalam hal AdSense yang merupakan iklan berbayar bagi para penggunanya, YouTube menawarkan pilihan ini.

Namun, TikTok memilih untuk tidak mengikuti tren tersebut. Berbeda dengan YouTube, TikTok memberikan kesempatan pada setiap pengguna untuk meraih penghasilan dari akun yang dimilikinya, baik itu sebagai pemilik brand, akun personal, atau bahkan bagi pemula sekalipun.

Oleh karena itu, meskipun memiliki sedikit pengikut, pengguna TikTok tetap dapat menjalankan strategi untuk mendapatkan penghasilan dari platform tersebut. Cek beberapa caranya di sini:

Baca Juga :   Cara Menghapus Akun Facebook Secara Sementara dan Permanen

1. Sponsored Content Post

Sponsored content post di TikTok adalah jenis konten yang dibuat oleh pengguna untuk mempromosikan produk atau layanan dari brand tertentu. Dalam sponsored content post, pengguna TikTok menyertakan tagar atau mention akun brand yang bersangkutan sebagai bentuk promosi.

Brand akan membayar pengguna TikTok untuk membuat konten tersebut dan mempromosikan produk mereka di akun TikTok pengguna tersebut. Pembayaran ini bisa berupa uang atau produk gratis dari brand tersebut.

Adapun langkah-langkah untuk menghasilkan uang dari sponsored content post di TikTok adalah sebagai berikut:

  • Bangun audience dan reputasi: Untuk mendapatkan tawaran kerjasama dari brand, pengguna TikTok harus memiliki jumlah followers yang cukup banyak dan reputasi yang baik di platform tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk menghasilkan konten yang menarik dan konsisten.
  • Temukan brand yang relevan: Cari brand yang relevan dengan konten yang Anda buat di TikTok. Kemudian, ajukan kerjasama dengan brand tersebut dan sampaikan proposal Anda.
  • Buat konten yang menarik: Buat konten yang kreatif dan menarik, sehingga pengikut Anda tertarik dengan produk atau layanan yang sedang dipromosikan.
  • Promosikan produk: Promosikan produk dengan cara yang kreatif dan unik. Pastikan konten yang dibuat tidak terkesan terlalu promosi agar tidak membuat pengikut Anda bosan.
  • Sertakan tagar atau mention brand: Sertakan tagar atau mention akun brand yang bersangkutan di caption atau dalam video untuk memberikan promosi yang lebih maksimal.

Dengan cara ini, Anda dapat menghasilkan uang dari TikTok melalui sponsored content post yang sukses dan kreatif.

2. Payout Coins Saat Live Streaming

Payout Coins saat Live Streaming adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang di TikTok. Payout Coins merupakan koin virtual yang dibeli oleh pengguna TikTok dan digunakan sebagai bentuk dukungan dan penghargaan terhadap pengguna TikTok yang sedang melakukan Live Streaming.

Baca Juga :   7 Cara Mengetahui Password Wifi Indihome Lewat HP Android

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan uang melalui Payout Coins saat Live Streaming di TikTok:

  • Aktifkan fitur Live Streaming: Pastikan akun TikTok Anda sudah memenuhi syarat untuk menggunakan fitur Live Streaming. Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna TikTok yang sudah memiliki 1.000 followers atau lebih.
  • Kumpulkan Payout Coins: Payout Coins dapat diperoleh dengan membeli koin virtual tersebut melalui aplikasi TikTok. Pengguna TikTok dapat menggunakan Payout Coins untuk memberikan dukungan dan penghargaan kepada pengguna TikTok yang melakukan Live Streaming.
  • Lakukan Live Streaming yang menarik: Pastikan konten Live Streaming yang Anda buat menarik dan berkualitas. Hal ini akan membuat pengikut Anda tertarik untuk memberikan dukungan dengan Payout Coins.
  • Ajak pengikut untuk memberikan Payout Coins: Ajak pengikut Anda untuk memberikan Payout Coins selama Live Streaming. Berikan penjelasan tentang cara membeli Payout Coins dan memberikan dukungan kepada Anda melalui fitur tersebut.
  • Tukarkan Payout Coins dengan uang: Setelah Live Streaming selesai, Anda dapat menukarkan Payout Coins yang diperoleh dengan uang. TikTok akan memproses pembayaran tersebut dan mentransfer uang ke akun PayPal yang terhubung dengan akun TikTok Anda.

Dengan cara ini, pengguna TikTok dapat menghasilkan uang melalui Payout Coins saat Live Streaming. Semakin banyak dukungan yang diberikan oleh pengikut dengan Payout Coins, semakin banyak uang yang dapat diperoleh oleh pengguna TikTok.

3. Jadi Penyedia Jasa Kelola Akun TikTok

Cara untuk mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya, yaitu dengan menjadi seorang TikTok Manager. Seorang TikTok Manager memiliki tugas untuk mengelola akun TikTok seseorang agar lebih berkembang dengan pesat.

Tidak hanya content creator, namun brand atau perusahaan yang menggunakan TikTok untuk mempromosikan bisnis juga dapat menjadi target klien.

Tugas seorang TikTok Manager meliputi:

  • Meningkatkan jumlah followers, like, dan tayangan video serta engagement di akun TikTok yang dikelola.
  • Mengatur strategi content marketing agar dapat mempromosikan produk atau jasa dengan cara yang efektif dan menarik.
  • Mengembangkan ide kreatif untuk konten TikTok yang dapat meningkatkan popularitas akun yang dikelola.
  • Mengelola tawaran kerjasama dari brand atau perusahaan yang ingin beriklan melalui akun TikTok.
Baca Juga :   Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot Hari Ini Biar Cepat

Pada platform TikTok, suatu konten dapat menjadi viral hanya dalam waktu semalam. Oleh karena itu, sebagai seorang TikTok Manager, Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang viral marketing agar dapat menciptakan konten yang populer dan menarik minat banyak pengguna TikTok.

4. Ajakan Memakai TikTok Lite

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, TikTok memiliki versi aplikasi yang lebih ringan bernama TikTok Lite. Anda bisa mendapatkan uang dari TikTok Lite dengan cara yang cukup mudah, bahkan saat sedang rebahan sekalipun.

Tugas yang harus dilakukan adalah mengajak orang untuk bermain TikTok Lite. Jika berhasil mengajak teman untuk bermain, Anda akan mendapat koin yang bisa dicairkan melalui aplikasi DANA dengan besaran yang bervariasi.

Jika Anda berhasil mengajak teman untuk bermain dan temanmu menggunakan kode undangan yang Anda kirimkan, Anda akan mendapat kurang lebih Rp20.000. Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk mulai bermain dan menghasilkan uang di TikTok Lite:

  • Unduh dan daftar di TikTok Lite
  • Buka aplikasi dan ketuk menu Profil
  • Pilih opsi Mendaftar dan isi biodata yang diminta aplikasi
  • Proses pendaftaran selesai

Setiap pengguna yang menggunakan kode undangan yang Anda kirimkan akan memberikan rewards kepada Anda. Anda juga bisa mendapatkan rewards ketika Anda menjadi pengguna baru di TikTok Lite.

Penutup

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda lakukan. Lebih baik gunakan semua cara agar bisa mendapatkan uang lebih banyak lagi.