12 Aplikasi Edit Video di HP Android Terbaik Tanpa Watermark

Rochman May 25, 2024

Prima.or.id – Aplikasi edit video di Android saat ini sangat bervariasi, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal fitur yang disediakan. Sebagian besar memang gratis, namun biasanya ada pembelian dalam aplikasi.

Selain itu, kebanyakan aplikasi seperti ini memiliki iklan yang sangat mengganggu. Untuk menghilangkannya, kamu bisa membeli akun premium atau fitur khusus untuk hal tersebut. Bisa juga menggunakan versi modifikasi, namun tidak kami sarankan karena ilegal.

Di zaman teknologi yang semakin canggih ini, video memang merupakan konten yang sangat penting. Sebagian orang memilikinya sebagai kenang-kenangan, sebagian lagi untuk konten di media sosial. Bagi yang dibuat untuk konten, tentu butuh aplikasi tertentu.

Sebenarnya, kamu bisa menggunakan laptop atau PC untuk mengedit video. Hanya saja ada beberapa orang yang tidak memilikinya, atau mereka malas menggunakannya. Dengan HP, aplikasi edit video di Android sangat mudah digunakan, hanya dengan genggaman tangan.

Namun demikian, bukan hanya aplikasi saja yang menentukan hasilnya. Selain itu perlu juga skill editing yang mumpuni. Semakin bagus kamu mengedit video, semakin baik pula hasilnya. Aplikasi hanya digunakan sebagai bantuan dan juga memudahkan pekerjaan.

Standar fitur aplikasi seperti ini biasanya bisa untuk menggabungkan video, memotong, dan menambahkan suara. Selain itu, ada fitur lain yang dapat dijadikan untuk membuat video berjalan lambat atau slow motion. Sebaliknya, bisa juga untuk mempercepat video.

Mungkin kamu bingung memilih salah satunya, karena hampir semuanya mirip. Intinya adalah menyesuaikan dengan kebutuhan editing. Dalam hal ini kamu bisa melihat fitur apa saja yang disediakan. Berikut adalah contoh aplikasi edit video terbaik di Android!

PicsArt

PicsArt adalah aplikasi pertama rekomendasi dari kami karena memiliki banyak kelebihan. Aplikasi ini mendukung banyak fitur yang mungkin tidak ditemukan di aplikasi lainnya. Tidak heran jika data Playstore menunjukkan bahwa aplikasi ini telah di download lebih dari 1 miliar.

Selain menggabungkan dan memotong video, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengubah warna, mengatur kecepatan, dan menambahkan efek visual. Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu dirancang dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

Untuk kualitasnya tidak perlu diragukan, karena dijamin bagus. Dengan aplikasi ini, dijamin kamu semakin percaya diri membagikan video yang diedit. Selain tersedia untuk platform Android, PicsArt juga dapat digunakan di perangkat iOS.

PowerDirector

Selanjutnya ada PowerDirector yang merupakan aplikasi edit video di Android. Aplikasi ini cukup populer di kalangan editor karena memiliki banyak kelebihan. Saat ini sudah ada lebih dari 100 juta yang menggunakannya, jumlah yang cukup lumayan tentunya.

Baca Juga :   Apk Client FF Advance Server Download Terbaru 2023 di Android

Aplikasi ini menyediakan fitur multi-layer timeline, fungsinya untuk mengedit video secara detail dan mengatur klip video secara efektif. Selain itu ada juga chroma key yang memungkinkan untuk mengganti latar belakang video dengan mudah.

Fitur PowerDirector yang lain yakni tersedia banyak efek menarik, cocok bagi kamu yang menggeluti media sosial. Sebagaimana aplikasi pada umumnya, kamu juga bisa mengatur kecepatan video dengan mudah, mulai dari slow motion hingga fast motion.

InShot

Aplikasi edit video di Android selanjutnya adalah InShot, kemungkinan besar kamu sudah pernah mendengarnya. Aplikasi ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik jika dilihat dari banyaknya jumlah download. Hingga saat ini telah digunakan lebih dari 500 juta orang.

Bukan hanya jumlahnya yang banyak, namun juga rating yang dimiliki sangat memuaskan. Aplikasi yang dikembangkan oleh InShot Video Editor ini mendapatkan rating 4,8 bintang. Semua dikarenakan banyaknya kelebihan dan fitur yang dimiliki.

Misalnya saja format yang cukup lengkap, kamu bisa menyimpan video dalam bentuk AVI, MP4, MOV, dan lain sebagainya. Semua format tersebut dijamin berkualitas dengan resolusi yang tinggi. Fitur lain yakni video transisi, seperti halnya yang dimiliki aplikasi sebelumnya.

KineMaster

Siapa yang tidak kenal dengan KineMaster, aplikasi ini sudah lama ada dan digunakan banyak editor. Sebelum adanya ponsel pintar, aplikasi yang dikembangkan oleh KineMaster, Video Editor Experts Group ini sudah lama ada dalam versi komputer.

Sebagaimana aplikasi edit video di Android sebelumnya, ada banyak kelebihan yang penting kamu ketahui. Misalnya fitur pengeditan audio, kamu bisa meninggikan volume, menambahkan latar, dan bahkan untuk menghilangkan kebisingan atau noise.

Aplikasi ini tersedia versi gratis dan berbayar dengan perbedaan fitur yang disediakan. Untuk versi gratis ada watermark yang merupakan tanda air. Selain itu fitur nya tidak terlalu lengkap. Namun jika hanya untuk melakukan editing sederhana, maka versi gratis masih layak digunakan.

VideoShow

Dengan antarmuka yang sangat sederhana, VideoShow sangat disarankan bagi pemula. Aplikasi ini dikembangkan oleh VIDEOSHOW Video Editor & Maker & AI Chat Generator, saat ini telah digunakan lebih dari 100 juta pengguna Android di seluruh dunia.

Lebih menarik lagi, aplikasi ini mendapatkan rating 4,6 bintang dari total 5 bintang. Bukan tanpa alasan kenapa jumlah penggunanya banyak dan juga puas. Pastinya karena banyak fitur dan kelebihan yang dimiliki, salah satunya menambahkan caption atau teks.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Playstore bagi pengguna Android. Kelebihan lainnya adalah bisa digunakan secara offline tanpa koneksi internet. Bagi kamu yang tidak mahir bahasa asing, aplikasi ini menyediakan bahasa Indonesia.

Baca Juga :   Download Vanced Manager APK Mod Tanpa Root Terbaru 2023

YouCut

Aplikasi edit video di Android bisa dikatakan terbaik apabila memiliki banyak kelebihan. Kamu bisa menilai sendiri apakah layak digunakan atau tidak dengan melihat jumlah download dan rating. YouCut sepertinya layak dicoba karena saat ini digunakan 100 juta lebih.

Untuk rating nya sendiri sangat memuaskan, aplikasi yang juga dikembangkan oleh InShot Video Editor ini bahkan mendapatkan rating 4,9 bintang. Ada banyak alasan kenapa pelanggan puas dengan layanan pengedit video ini, salah satunya adalah mudah digunakan.

YouCut memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga tidak perlu mempelajarinya terlebih dahulu jika kamu pernah menggunakan aplikasi sejenis. Kelebihan yang menjadikan rating hampir sempurna yakni karena tidak ada watermark pada hasil video yang diedit.

VivaVideo

Meski jarang diketahui, namun sebenarnya VivaVideo tidak kalah dengan aplikasi lain yang telah disebutkan. Bahkan dalam jumlah download bisa bersaing, aplikasi ini digunakan lebih dari 500 juta pengguna Android. Untuk rating nya juga bagus, yakni 4,4 bintang.

Aplikasi edit video terbaik Android ini memiliki banyak tools yang dapat digunakan untuk menghasilkan video lebih menarik. Misalnya saja mengatur urutan, menambahkan efek transisi, mengganti warna, menambahkan musik, dan lain sebagainya.

VivaVideo juga dapat digunakan untuk membuat kolase, yakni dengan menggabungkan beberapa klip video atau gambar menjadi satu. Apabila kamu ingin membagikan hasil editing, silahkan menggunakan fitur share dengan langsung menekan tombol yang tersedia.

CapCut

Bagi kamu yang ingin terlihat lebih kreatif, CapCut dapat dijadikan pilihan utama untuk aplikasi video. Meski secara fungsi tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, namun dalam hal fitur yang disediakan cukup banyak, sebagian bahkan gratis digunakan.

Sebagai contoh dan yang paling diunggulkan adalah fitur filter atau efek. Aplikasi yang dikembangkan oleh Bytedance Pte ini memiliki berbagai efek dan filter untuk mengubah tampilan video.  Kamu bisa menambahkan efek kilauan, efek kromatik, dan efek glitch.

Tidak hanya untuk mengedit video, kamu juga bisa menggunakan CapCut untuk membuat video animasi. Kamu juga bisa menambahkan efek animasi pada video yang diedit, misalnya gerakan lingkaran, gerakan naik turun, gerakan rotasi, dan lain sebagainya.

Video Editor for YouTube

VEED

InShot tidak hanya mengembangkan satu aplikasi edit video di Android saja, melainkan masih banyak lainnya. Selain yang disebutkan diatas, ada juga Video Editor for YouTube. Dari namanya memang terkesan khusus Youtube saja, namun sebenarnya tidak demikian.

Kamu bebas menggunakan aplikasi ini untuk keperluan editing di platform lain. Ada banyak fitur yang disediakan, diantaranya yaitu fitur efek, mengedit teks, transisi, stiker, dan masih banyak lainnya. Aplikasi ini di download puluhan juta pengguna Android karena kelebihannya.

Baca Juga :   Dutafilm APK Mod Android TV Tanpa Iklan Terbaru 2023

Cara penggunaan yang sangat mudah adalah salah satunya, kamu pun gratis menggunakan aplikasi ini tanpa harus membeli. Sebagaimana aplikasi Android pada umumnya, kamu bisa mendapatkannya di Playstore. Sedangkan bagi pengguna iPhone, silahkan ke Appstore.

Noizz

Fungsi Noizz sebenarnya bukan sebagai aplikasi edit video, melainkan mengubah bentuk wajah. Aplikasi ini sangat menarik karena menggunakan teknologi AI dalam menjalankan prosesnya. Namun karena banyak fitur yang mirip video editor, jadi tidak ada salahnya kamu mencoba.

Kelebihan dari aplikasi ini terletak pada fitur yang dimiliki, cukup lengkap dan tidak kalah dengan aplikasi lainnya. Sebagai contoh adalah penambahan foto ke template yang menjadikan video semakin unik. Aplikasi ini juga memiliki banyak tools untuk editing.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, tools yang tersedia diantaranya adalah memotong, menggabungkan, slow motion, dan masih banyak lainnya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Noizz Team ini di download lebih dari 100 juta pengguna Android dengan rating 4,3 bintang.

FilmoraGo

Jumlah download merupakan salah satu parameter untuk memilih sebuah aplikasi edit video di Android. Selain itu, kamu wajib melihat ulasan positif yang diberikan pengguna sebelumnya. FilmoraGo hingga saat ini digunakan lebih dari 50 juta pengguna Android.

Rating yang didapatkan sebanyak 4,7 bintang, sebagian besar ulasannya positif. Aplikasi ini menyediakan dua pilihan mode editing, yakni standar dan mode Instagram. Untuk mempercantik tampilan video, kamu bisa menggunakan pilihan tema yang disediakan.

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa membuat efek visual, misalnya slow motion, reverse, dan fast motion. Untuk pilihan teks juga demikian, banyak jenis dan ukuran font yang menarik. Menyisipkan musik atau suara kedalam video juga termasuk fitur utamanya.

VivaCut

Kebanyakan aplikasi editing memiliki jumlah download yang cukup banyak. Ini bisa dilihat dari jumlah yang ada di Playstore. Namun untuk menentukan apakah layak digunakan, kamu harus melihat rating dan juga ulasan positif maupun negatif nya.

VivaCut saat ini di download lebih dari 100 juta pengguna Android, jumlahnya kemungkinan bertambah seiring berjalannya waktu. Pasalnya, aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dan fitur menarik. Fitur yang mungkin kamu butuhkan yakni cutting, trimming, dan splitting video.

Demikian beberapa aplikasi edit video di Android terbaik yang memiliki banyak fitur dan kelebihan. Tidak dapat di pungkiri bahwa masih banyak aplikasi sejenis yang anda temukan. namun ingat, bukan hanya aplikasi yang menentukan hasil, melainkan juga skill.