MAJELIS RAKYAT ADIL MAKMUR

PRIMA merupakan alat persatuan, yang siap menyatukan berbagai organisasi sosial, seperti serikat buruh, serikat petani, organisasi mahasiswa, organisasi masyarakat adat, organisasi perempuan, organisasi profesi, paguyuban-paguyuban, dan lain-lain.

Selama ini, untuk mendapatkan suara organisasi sosial dan paguyuban, partai politik tradisional menggunakan “kontrak politik”. Dalam banyak kejadian, kontrak politik itu tidak mengikat dan gampang diingkari.

PRIMA tidak akan mengulangi kesalahan itu. Di partai kami, organisasi sosial yang menyatakan bergabung berhak menempatkan anggotanya di kepengurusan partai di semua jenjang.

Mereka juga berhak dinominasikan oleh partai untuk menduduki jabatan publik, seperti anggota legislatif, eksekutif, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, organisasi sosial juga punya hak untuk memutuskan kebijakan dan arah perjuangan partai ke depan melalui sebuah wadah yang disebut: Majelis Rakyat Adil Makmur.

Majelis Adil Makmur adalah forum/badan partai yang berisi perwakilan organisasi sosial. Struktur ini ada di tingkat pusat maupun daerah (Provinsi dan Kota/Kabupaten).

Organisasi sosial berskala nasional, yang punya kepengurusan di berbagai provinsi di Indonesia, berhak menempatkan wakilnya di Majelis Rakyat Adil Makmur di tingkat nasional maupun daerah (berdasarkan sebaran kepengurusan daerahnya).

Sedangkan organisasi sosial tingkat lokal bisa menempatkan wakilnya di Majelis Rakyat Adil Makmur sesuai dengan cakupan organisasinya (Provinsi atau Kabupaten/Kota).

Di tingkatan akar rumput, PRIMA juga akan menciptakan Majelis-Majelis Rakyat Adil Makmur, sebuah forum berbentuk rapat umum yang akan mendengar dan mengartikulasikan suara rakyat dari bawah.