Arkilaus Baho

Ketika lulus SMU, Arki memilih kuliah ke Yogyakarta. Sejak kuliah, kegelisahan akan situasi ketidakadilan di Tanah Papua semakin menyeruak. Arki kemudian terlibat dan memimpin diskusi dan aksi menolak kekerasan militer dan eksploitasi kapitalisme yang rakus di negeri ini. Ia pun dipercaya sebagai Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Papua ( AMP ) tahun 2005-2008. dan saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Pengawas pada Yayasan PUSAKA Bentala Rakyat.

Mendeklarasikan Dewan Rakyat Papua sebagai solusi agar Papua tak selamanya di teras rumah NKRI.

Arkilaus Baho, lahir di Kampung Yaksoro, Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat. Sejak kecil, sering bersama pamannya keliling kampung, jalan kaki, menembus hutan belantara, ditempuh semalaman. Selain melayani jemaat, paman juga melayani orang sakit dengan menyuntik dan beri obat. Sejak kecil hingga lulus sekolah dasar, Arki hidup dalam lingkungan yang serba melayani banyak orang susah.

Dari kampung, usai lulus SD YPK Yaksoro, melanjutkan studi di SMP Negeri 6 Kota Sorong. Lanjut SMU negeri 2 Kota Sorong Papua Barat.

Tahun 2000, riakan reformasi membahana seantero Tanah Papua. Arki pun mengalami suasana ketika semua orang hanya bicara Papua Papua Merdeka. Ketika lulus SMU, Arki memilih kuliah ke Yogyakarta. Sejak kuliah, kegelisahan akan situasi ketidakadilan di Tanah Papua semakin menyeruak. Arki kemudian terlibat dan memimpin diskusi dan aksi menolak kekerasan militer dan eksploitasi kapitalisme yang rakus di negeri ini. Ia pun dipercaya sebagai Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Papua ( AMP ) tahun 2005-2008.

Juru Bicara Nasional Front Persatuan Perjuangan Rakyat Papua Barat (PEPERA PB) 2006-2008 ). Menjadi koordinator Solidaritas Aceh Papua ( SAP ) Wilayah Yogyakarta 2004-2005 ). Juli Tahun 2011, sebagai penghubung antara Special Invoice pemerintah (DR.Farid Husein) dengan TPN OPM Pimpinan Hans Joweni (alm). Tahun 2013-2016, bekerja sebagai staf di Yayasan PUSAKA Bentala Rakyat. Tahun 2018-2022 menjabat sebagai anggota Dewan Pengawas pada Yayasan PUSAKA Bentala Rakyat.

Agustus 2019, Bersama Aktivis Papua dan PRD, mendeklarasikan Dewan Rakyat Papua sebagai solusi agar Papua tak selamanya di teras rumah NKRI. Saat ini diberi mandat sebagai Jubir PRIMA urusan Papua dan Papua Barat.

Profil Pengurus

Dewan Pimpinan Pusat Partai Rakyat Adil Makmur

Podcast Dan Musik

Koleksi Lagu dan Podcast Partai Rakyat Adil Makmur

Mars Prima

DPP Prima

Loading please wait...

Darah Juang

John Tobing

Loading please wait...
Lihat Lebih Banyak Di Apps