Agus Jabo Priyono

Di kalangan aktivis, namanya tidak asing lagi. Agus Jabo pernah aktif di Pelajar Islam Indonesia (PII) dengan mengikuti jenjang kaderisasi, menjadi Kabid Eksternal di PD Semarang, Korps Brigade dan aktif di PD PT Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta. Dalam rentang waktu yang panjang, setidaknya kurang lebih 30 tahun, Agus Jabo mengabdikan hidupnya bagi pembelaan hak-hak rakyat kecil. Lebih dari separuh jalan hidupnya dihabiskan di jalan memperjuangkan demokrasi dan keadilan sosial, sampai sekarang Agus Jabo konsisten berdiri di garis terdepan bersama rakyat, tanpa lelah dan bersih dari oligarki.

Jalan kita :
Indonesia Adil dan Makmur
Agus Jabo Priyono

Di kalangan aktivis, namanya tidak asing lagi. Dia pernah aktif di Pelajar Islam Indonesia (PII) dengan mengikuti jenjang kaderisasi, menjadi Kabid Eksternal di PD Semarang, Korps Brigade dan aktif di PD PT Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta.

Selama kuliah di UNS itu juga, dia terlibat pergerakan mahasiswa menentang rezim Orde Baru. Puncaknya, pada 1996, dia dan kawan-kawannya mendirikan Partai Rakyat Demokratik (PRD), partai yang paling gigih menentang kediktatoran Orde Baru kala itu.

Dalam rentang waktu yang panjang, setidaknya kurang lebih 30 tahun, Agus Jabo mengabdikan hidupnya bagi pembelaan hak-hak rakyat kecil. Lebih dari separuh jalan hidupnya dihabiskan di jalan memperjuangkan demokrasi dan keadilan sosial. Penjara dan represi baik fisik maupun psikis tak membuatnya mundur. Itulah yang membuat Wenri Wanhar, sejarawan muda menuliskan sosok dan sepak terjangnya dalam novel Lelaki di Tengah Hujan

Dalam perjuangan, Jabo menekankan perlunya menggali gagasan-gagasan progresif dari tokoh-tokoh pendiri bangsa dan pengalaman Bangsa Indonesia sendiri. Dalam kerangka itu, Jabo biasa berbicara dalam bahasa kerakyatan; menjelaskan banyak hal teoretik yang sering dianggap sulit dengan istilah-istilah dan ungkapan yang mudah dipahami rakyat; tidak njelimet dan sophisticated.

Agus Jabo Priyono, yang masih menjadi ketua umum PRD, sampai sekarang konsisten berdiri di garis terdepan bersama rakyat, tanpa lelah dan bersih dari oligarki.

Tentu saja, rekam jejak itu yang membuat banyak orang mengusulkan agar Agus Jabo bisa mewarnai pemilihan Presiden Indonesia di tahun 2024.

Profil Pengurus

Dewan Pimpinan Pusat Partai Rakyat Adil Makmur

Podcast Dan Musik

Koleksi Lagu dan Podcast Partai Rakyat Adil Makmur

Mars Prima

DPP Prima

Loading please wait...

Darah Juang

John Tobing

Loading please wait...
Lihat Lebih Banyak Di Apps